Diseminasi Teknologi Pertanian

PENYAKIT GOSONG PALSU (FALSE SMUT) PADA TANAMAN PADI

Sumber Gambar: BBPP-Binuan Info, 2017

Mungkin kita belum mengenal penyakit Gosong Palsu pada tanaman padi, karena memang penyakit ini merupakan penyakit minor sehingga tidak familiar ditelinga kita. Sampai saat ini, belum ada petani yang melaporkan kerugian akibat penyakit gosong palsu. Namun tidak ada salahnya kita mengenal penyakit ini, sehingga apabila terjadi serangan penyakit ini, kita sudah tahu cara mengendalikannya.
Pada saat tanaman padi mengeluarkan malai merupakan saat tanaman sudah memasuki fase generatif. Pada fase ini tanaman padi biasanya berhadapan dengan penyakit. Jika dalam satu hamparan padi kita melihat gumpalan yang berwarna jingga pada bulir padi dan biasanya terjadi pada saat pengisian biji di musim hujan, itulah yang disebut dengan penyakit gosong palsu.
Penyakit Gosong palsu atau disebut juga False Smut pada tanaman padi, disebabkan oleh jamur Ustilagonoidea rivens (Cooke) Takah. Penyakit ini ditemukan meluas di daerah tropis Asia dan Italia, Australia, Costa Rica, Dominican Republic, Panama, Amerika Selatan dan Amerika Serikat. Penyakit ini berupa kumpulan spora cendawan berwarna jingga dan menghitam ketika sudah matang. Cendawan tersebut menyerang bulir gabah yang pecah pada saat pengisian biji. Dalam satu malai hanya beberapa bulir yang terserang oleh cendawan (Ladhalakshmi, 2017 dalam Adhi, 2017)
Penyakit gosong palsu menyebabkan pengapuran dan menurunkan berat 1000 biji, juga dapat menurunkan daya berkecambah di atas 35%. Kehilangan hasil akibat penyakit ini belum pernah dilaporkan tetapi di India penyakit ini dilaporkan menurunkan hasil hingga 75%. (Prasojo, 2017). Biji padi yang terinfeksi penyakit ini berubah menjadi bola spora berdiameter 1 cm (bahkan ada yang mencapai 5 cm), keluar diantara sekam, berwarna kuning emas dan kadang-kadang hijau. Bagian tengah dari bola ini adalah suatu anyaman meselium padat yang merupakan sklerotium. Dilaporkan bahwa bulir yang berdekatan dengan bulir yang menunjukkan gosong palsu adalah sehat. Di bagian luar dari anyaman miselium ini terdapat tiga lapisan spora. Lapisan dalam dan tengah adalah spora yang belum matang berwarna kuning keemasan. Lapisan luar adalah spora yang telah matang berwarna agak kehitaman. Umumnya hanya beberapa bulir padi saja yang terserang pada satu malai (Priyo, 2014).
Penyakit ini disebarkan melalui angin dan udara menginfeksi bunga atau biji yang baru terbentuk. Spora dalam bentuk yang mengeras atau disebut pseudomorph dapat bertahan 4 bulan dalam kondisi lapangan. Kondisi cuaca yang lembab, banyak hujan dan mendung pada masa pembungaan serta pemberian nitrogen yang tinggi akan mempercepat penularan penyakit ini.
Pengendalian penyakit ini jarang sekali dilakukan karena luas dan intensitas serangannya rendah, sehingga tidak sampai menyebabkan penurunan produksi. Walaupun demikian, pencegahannya perlu dilakukan agar serangan penyakit gosong palsu pada musim berikutnya tidak lagi menyerang tanaman padi. Karena kalau tidak, mungkin saja penyakit gosong palsu ini akan semakin banyak dan akhirnye bisa merugikan tanaman. Menurut Adhi (2017) pencegahan dapat dilakukan dengan :
1. Tidak menanam benih yang telah terinfeksi Ustilagonoidea rivens,
2. Mengatur waktu tanam agar terhindar dari penyakit,
3. Aplikasi Trichoderma viridae, T. Harzianum,T. Virens T. Reesi pada tanam untuk menekan pertumbuhan sclerotia,
4. Membersihkan tanaman inang yaitu Jawan (Echinochloa crusghalli), Alang-alang (Imperata cilindrica) dan Digitaria marginata
Selain itu, karena penyakit gosong palsu ini juga diinisiasi oleh pemberian nitrogen yang terlalu tinggi pada saat pembungaan dan kondisi yang lembab, maka pencegahan dapat juga dilakukan dengan tidak memberikan pupuk urea yang berlebihan dan gunakan sistem tanam jajar legowo agar kondisi tanaman tidak lembab.

(Ir. Sari Nurita, penyuluh BPTP Kalbar)

Sumber
Adhi, R.K., 2017. Penyakit Gosong (Ustilaginoidea virens) dan Cara Pengendaliannya. www. BBPP-Binuang.info/upload/files

Prasojo, 2017. Pengendalian penyakit gosong palsu. https://unsurtani. com/2017/01/pengendalian-penyakit-gosong-palsu-false-smut-pada- tanaman-padi). Diakses tanggal 2 Januari 2017.

Priyo, D.K, 2014. 2014. Penyakit Penting Pada Tanaman Padi. http://www.agronomers.com/2014/12/penyakit-penting-pada-tanaman-padi.html. diakses tanggal 7 Des 2017

 

Tanggal Artikel : 16-01-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Teknologi Pengolahan Tahu Secara Tradisional
  2. Pemanfaatan Arang Sekam Sebagai Alternatif Sumber Energi
  3. Penyuluhan Pertanian Berorientasi Teknologi Informasi
  4. Sekilas Tentang Jarak Pagar