Profil Kita

PROVINSI GORONTALO KOPERASI INSAN MANDIRI (KEP) BERPRESTASI KABUPATEN BONE BOLANGO

Sumber Gambar: profil penghargaan 2018

Kelompok Tani (poktan) Maju Bersama berangotakan 10 orang. Poktan ini terletak di Desa Tunas Jaya Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Sebagian besar masyarakat di desa ini berprofesi sebagai petani / pekebun. Desa Tunas Jaya memiliki batas - batas wilayah: Sebelah Timur dengan Desa Bilungala sebagai ibu kota Kecamatan Bonepantai, Sebelah Utara dengan Kecamatan Suwawa Timur, Sebelah Selatan dengan Teluk Tomini, Sebelah Barat dengan Desa Tamboo.
Pada tanggal 05 Oktober Tahun 2015, dilakukan revitalisasi Poktan Maju Bersama yang dipimpin oleh Bapak Husain Amruna selaku ketua kelompok. Rapat tersebut dihadiri oleh anggota kelompok dan masyarakat petani yang belum tergabung dalam kelompok. Dalam pertemuan dihasilkan kata sepakat untuk penyegaran pengurus dan penambahan anggota. Setelah melakukan pembahasan anggota sepakat memilih pengurus baru yaitu : Ketua Huasin Amruna, Sekretaris Apris Nasrun Buhungo, Bendahara Fitrianty Djafar.
Pasca revitalisasi, poktan Maju Bersama memiliki anggota 21 orang yang mengelola usaha pertanian dan peternakan dengan luas lahan ± 16 hektar. Setelah berjalan beberapa tahun, kelompok tani ini semakin berkembang. Atas saran pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango dalam hal ini Dinas Perindakop supaya Poktan Maju Bersama betrgabung dengan poktan lainnya membentuk Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) dalam bentuk koperasi. Pada tanggal 13 September 2016 dalam suatu rapat anggota telah menetapkan nama Koperasi Insan Mandiri Bonepantai, beserta AD-ART dan struktur pengurus. Pengukuhan dilakukan oleh Dinas Perindakop Kabupaten Bone Bolango dengan Nomor Akta 130 Tahun 2018 dan SK Kementerian Koperasi Republik Indonesia Nomor : 008841/BH/M.KUKM.2/VII/2018. Susunan Pengurus KEP Insan Mandiri Bonepantai sebagai berikut : 1) Direktur Utama Apris Nasrun Buhungo, Sekretaris Direktur Suparto Tahaku, Bendahara Direktur Fitrianty Djafar; 2) Ketua Dewan Pengawas Husain Amruna, Sekretaris Dewan Pengawas Lukman Hairun, Anggota Dewan Pengawas Usman Supu; 3) Kepala unit usaha Pengolahan dan pemasaran Ibrahim Abas, Kepala unit usaha Simpan pinjam Rapia Salapa, Kepala unit usaha Alsintan Mahmud Amruna, Kepala unit Pegadaan barang dan jasa Ridwan Buhungo, Kepala unit usaha Saprotan Ahmad Nawai.
Setelah dikukuhkan pada tanggal 13 September 2016 oleh Dinas Perindakop Kabupaten Bone Bolango Koperasi "Insan Mandiri" Bonepantai bergerak di bidang sektor ril, produsen dan UKM, dengan jumlah anggota sebanyak 32 orang. Disamping itu juga membina petani dalam bentuk kelompok. Sampai saat ini telah membina sebanyak 9 (sembilan) kelompok dengan jumlah anggota116 0rang. Komoditi yang dipilih : Cabai, Tomat, Sayuran dan olahan hasil pertanian.
KEP Insan Mandiri berkomitmen, dengan melayani para anggota, menjadikannya sebuah lembaga sebagai soko guru ekonomi kerakyatan paling bawah, sehingga anggota benar - benar merasa terlayani dan terbantu perekonomiannya. Pengurus, Pengawas dan karyawan dituntut kualitas SDM nya. Untuk itu, mereka selalu diberi kesempatan mengikuti berbagai pelatihan baik yang diselenggarakan Dinas Koperindag dan UKM maupun dari lembaga-lembaga pelatihan pendidikan perkoperasian.
Keunggulan
Banyak keunggulan yang dimiliki KEP Insan Mandiri. Beberapa diantaranya: 1) Dalam Budidaya Hortikultura KEP Insan Mandiri selalu perpegang pada prinsip mempertahankan kualitas, kuantitas dan kontinyuitas; 2) Belajar dari pengalaman, masa lalu, menstimulasi dan menggerakkan roda perekonomian adalah melalui pendirian Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP); 3) Pendirian Lembaga ini antara lain dimaksudkan untuk mengurangi peran para tengkulak; 4) BUMP/Koperasi merupakan pilar kegiatan ekonomi di bidang pertanian yang berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial; 5) Menumbuhkembangkan usaha agribisnis untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran di perdesaan khususnya di Desa Tunas Jaya Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango; 6) BUMP Koperasi Insan Mandiri Bonepantai dalam pengembangan usahanya sudah bekerja sama dengan beberapa Desa tetangga dalam hal penyediaan bibit cabai, tomat dan jenis hortikultura lainnya. Dalam hal kerjasama dalam pengadaan bibit tanaman hortikultura yang dilakukan oleh BMUP Insan Mandiri memberikan nilai tambah dibanding dengan penyedia barang lainnya, karena BMUP Insan Mandiri mengutamakan jasa pelayanan dan pendampingan dalam berbudidaya sampai ke tahap panen dan pasca panen; 7) BUMP Koperasi Insan Mandiri Bonepantai, sistem keuangan sudah menggunakan aplikasi, sehingga dalam urusan keuangan mudah dilaksanakan dan bisa diakses oleh seluruh anggota KEP Insan Mandiri; 8) Untuk mengenal lebih jauh tentang BUMP Koperasi Insan Mandiri Bonepantai bisa di akses melalui website dengan alamat www.kepinsanmandiri.com; 9) BUMP Koperasi Insan Mandiri Bonepantai dalam waktu dekat akan melaksanakan MOU dengan Bank BRI dalam hal pengembangan modal usaha yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Permodalan, Aset dan Keuntungan
Sumber modal antara lain berasal dari simpanan pokok, Simpanan wajib, Simpanan sukarela/saham anggota, cadangan, penyertaan dan donasi/hibah. Simpanan pokok anggota Rp.3,100,000, Simpanan wajib Rp1.595.000, Modal penyertaan Rp.16.532.000, Donasi Rp.25.250.000,-. Sedangkan aset yang sudah dimilki per Juli 2018 Rp.74.975.000,- dan perolehan keuntungan bersih hingga pertengahan Juli 2018 sebesar Rp.12.190.500,-.
Rapat Anggota Penggantian Pengurus
Untuk memenuhi kewajibannya, KEP Insan Mandiri selalu melaksanakan rapat secara rutin baik pengurus maupun dengan anggota secara tepat waktu. Sepanjang tahun buku 2017 misalnya, telah dilaksanakan antara lain : 1) Rapat anggota 1 kali setahun dan penyampaian laporan pertanggungjawaban pengurus tahun berjalan; 2) Rapat Pengurus setiap bulan sekaligus evaluasi kerja bulanan; 3) Rapat Pengurus dan Pengawas setiap bulan dan evaluasi kerja; 4) Rapat dengan karyawan setiap minggu termasuk monitoring dan evaluasi kerja. Demikian juga halnya dalam penggantian pengurus, KEP Insan Mandiri juga melakukannya dengan tujuan untuk penyegaran dan tentu saja atas kesepakatan anggota.
Penghargaan dan Prestasi
Apa yang telah dilakukan KEP Insan Mandiri ternyata tidaklah sia-sia. Berkat usaha, kerja keras serta kebersamaan diantara sesama anggota maupun pengurus dalam menggapai cita-cita, akhirnya mewujudkan harapan semua. Hal ini terbukti dengan diraihnya penghargaan dan prestasi baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Beberapa diantaranya adalah : 1) Juara I Tingkat Provinsi Gorontalo kategori Koperasi Ekonomi Petani tahun 2018; 2) Juara I Tingkat Kabupaten Bone Bolango ketegori Koperasi Ekonomi Petani tahun 2018. Semoga prestasi KEP Insan Mandiri tersebut menjadikan inspirasi bagi KEP-KEP yang lain untuk juga mengikutinya. (Inang Sariati)

Tanggal Artikel : 21-08-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Provinsi Ntb Koperasi Serba Usaha (ksu) Usaha Bersama (kep) Berprestasi Kabupaten Lombok Barat
  2. Provinsi Nusa Tenggara Timur (ksu) Mada Rebu (kep) Berprestasi Kabupaten Sikka
  3. Provinsi Sulawesi Selatan Koperasi Tani Harapan Jaya (kep) Berprestasi Kabupaten Maros
  4. Provinsi Sulawesi Utara (ksu) Mokapog Ollot (kep) Berprestasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara