Profil Kita

PROVINSI PAPUA UMAR RMAGIA PENYULUH PERTANIAN SWADAYA TELADAN KABUPATEN MERAUKE

Sumber Gambar:

Umar Rumagia lahir di Sorong 14 Desember 1958. Dan sampai saat ini Umar Rumagia tetap tekun dan melaksanakan tugas sebagai penyuluh swadaya. Menjadi penyuluh swadaya adalah suatu kebanggaan dan keistimewaan bagi kami, walau hanya menyandang jabatan atau sebutan penyuluh swadaya, namun aku tetap mencintai tugasku dan mencintai masyarakat, pelaku utama sebagai partner dalam menjalani tugas-tugas pelayanan di bidang penyuluhan pertanian.
Umar Rumagia saat ini berdomisili atau bertempat tinggal di Desa / Kelurahan Waninggap Kay, RT. 012 RW. 003 Kampung Waninggap Kay Merauke Provinsi Papua. Umar Rumagia menyelesaikan Pendidikan SD Negeri di Sorong tahun 1973, kemudian meneruskan Pendidikan di SMP dan lulus tahun 1976. Selanjutnya menyelesaikan Pendidikan di SMA pada tahun 1980. Usai pendidikan SMA Umar Rumagia bingung untuk mencari pekerjaan, dan dari dalam lubuk hati, Umar Rumagia mengambil jalan pintas bekerja sebagai buruh. Bekerja sebagai buruh bagi Umar Rumagia adalah profesi sementara, karena kemungkinan tidak membawa Umar ke suatu keadaan yang menguntungkan dan tidak menyenangkan. Pekerjaan sebagai buruhpun pupus, dan Umar Rumagia memilih berusaha sendiri. Secara swadaya dengan melakukan komunikasi dengan beberapa masyarakat desa dan penyuluh pertanian yang berada di kampungnya, dalam rangka belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di bidang pertanian dan penyuluhan.
Umar Rumagia terus belajar dari masyarakat di sekitarnya. Bimbingan dari penyuluh pertanian kepada Umar Rumagia terus mengakhiri dengan satu tekad dan cita-cita ingin menjadi penyuluh swadaya, untuk melayani masyarakat, petani, sebagai pelaku utama dalam rangka mewujudkan petani yang maju, tanggung, mandiri dan sejahtera. Umar Rumagia menyadari bahwa akhir dari pada pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya di bidang pertanian adalah kesejahteraan bagi masyarakat. Proses untuk mencapai kesejahteraan bagi masyarakat, petani dan keluarganya sebagai pelaku utama, tentu dibarengi dengan peningkatan SDM Petani dan itu hanya dapat dilakukan dengan penyuluh yang memiliki kemampuan di bidang pertanian dan penyuluhan. Hal ini sangat penting dan saling menguntungkan dan tepat untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan pertanian.
Upaya peningkatan kemampuan sebagai penyuluh swadaya terus dilakukan oleh Umar Rumagia, melalui lembaga pelatihan, antara lain :
- Pelatihan Budidaya Padi di Merauke pada tahun 2012.
- Pembekalan penyuluh pertanian swakarsa di Merauke pada tahun 2007
- Diklat Agribisnis Padi non Aparatur / Petanin pada tahun 2007 di Jayapura.
- Belajar secara mandiri di lapangan langsung dan sejumlah referensi di bidang pertanian dan penyuluhan.
Umar Rumagia terus bekerja keras secara mandiri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat disekitarnya dan tentunya bagi pribadinya. UmaR Rumagia saat ini sedang melaksanakan kegiatan SLPT Padi, seluas 868 Ha. Dari apa yang telah dilakukan Umar Rumagia sangat berdampak positif, dan tentu menjadi harapan bersama, yaitu PESEBA PEMAMAS
Artinya :
PESEBA : PENYULUH SENANG BAHAGIA
PEMAMASE : PETANI MAJI MANDIRI DAN SEJAHTERA

Tanggal Artikel : 24-02-2016

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Provinsi Papua Barat Herman Sefle Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Kabupaten Soron
  2. Azis Tone Petani Berprestasi, Kabupaten Bolaang Mongodow Th. 2016
  3. Misran Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Kabupaten Pasaman
  4. Dasmawati, Sp Penyuluh Pertanian Pns Teladan Kabupaten Kampar