Profil Kita

Sunardi, Petani dari Karimun

Sumber Gambar:

Sunardi, dilahirkan di Lamongan Jawa Timur pada tanggal 27 Pebruari 1969 merupakan anak ke 4 dari 5 bersaudara. Pekerjaan utama yaitu petani pemilik- penggarap. Komoditas utama yang diusahakan meliputi sawi/kailan yang telah diusahakan dalam shading net, jagung manis, gambas dan mentimun selain itu juga mempunyai industri pengolahan tahu. Pendidikan terakhir SMA yaitu di SMAN 1 Babat Lamongan Jawa Timur. Sekarang berdomisili di Bangun Sari Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Provinsi Kepuluan Riau. Mempunyai istri 1, AGUSTINI dan anak 2 yaitu IKHBAL MUSTOFA sekarang melanjutkan pendidikan di Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta. Anak ke dua bernama PENI RAHAYU sekarang duduk di sekolah dasar kelas 5 . Sekarang menjabat sebagai Ketua Gapoktan Cahaya Sejahtera Kelurahan Harjosari.

Tahun 1989 Sunardi merantau ke Tanjungbalai Karimun Kepulauan Riau ketika itu masih dibawah Provinsi Riau, bekerja di PT. BUMIJATERA SANTOSA yang bergerak di bidang pembangunan selama lebih kurang 4 tahun. Merasa kurang menjanjikan, tahun 1994, setelah menikah beralih profesi sebagai petani sayuran dengan mengusahakan lahan pinjam seluas 2000 m2 dan bekerja dibengkel mobil sebagai sampingan selama satu tahun. Melihat prospek pertanian yang cukup menjanjikan akhirnya berhenti berkerja di bengkel dan serius menjalani profesi petani hingga sekarang. Berkat kegigihan dan keuletan berusaha tani pada tahun 1999 telah mampu membangun sebuah rumah dan tahun 2002 mulai merintis usaha baru yaitu industri pengolahan tahu dengan bantuan UKM dengan jaminan usaha pertanian.

Selama 19 tahun berusaha tani, Sunardi tetap konsisten sebagai petani sayuran dengan menanam sayuran sawi, bayam, kangkung, mentimun, gambas dan sekali-kali jagung manis. Sekarang lahan yang dimiliki Sunardi seluas 1,5 Ha, tanaman sawi/kailan sebagai komoditas unggulan dan mulai merintis sayuran organik dengan menanam sawi didalam shading net. Sunardi telah membangun 2 shading net yang dilengkapi dengan sprinkle. Selain itu Sunardi juga telah mengembangkan pupuk organik cair dari pengolahan limbah tahu.

Sunardi juga aktif mengembangkan kemampuan diri dalam bidang pertanian dengan mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan baik dari Pemda maupun Pusat. Pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti antara lain Pelatihan Penyuluh Swadaya Tahun 2010 Bogor, Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Tahun 2011, Pelatihan Organisme Pengganggu Tanaman Tahun 2012 dan Pelatihan Kepemimpinan LKM-A Tahun 2012. Dan PENAS Tahun 2011 di Kutai Kartanegara KALTIM.

Tanggal Artikel : 10-11-2014

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Provinsi Aceh Balai Penyuluhan Pertanian (bpp) Peukan Baro Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Pidie
  2. Provinsi Sumatera Utara Balai Penyuluhan Pertanian (bpp) Air Putih Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Batubara
  3. Provinsi Sumatera Barat Balai Penyuluhan Kecamatan 2x11 Kayu Tanam Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Padang Pa
  4. Provinsi Riau Upt Bp2kp Kecamatan Tempuling Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Indragiri Hilir