Profil Kita

H. Sayuti Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Kabupaten Ogan Komering Ulu

Sumber Gambar: Doc. Pusluhtan

H.Sayuti lahir di Tulungagung, Jawa Timur pada tanggal 10 Juli 1956 dan bertempat tinggal di dusun Pondok Asri Rt 04/01 desa Marta Jaya Batumarta II kecamatan Lubuk Raja kabupaten Ogan Komering Ulu provinsi Sumatera Selatan. Ayah dari empat anak ini berasal dari pulau Jawa dan datang ke pulau Sumatera pada tahun 1980 sebagai peserta transmigrasi dan ditempatkan di lokasi transmigrasi Batumarta, kabupaten Ogan Komering Ulu. Sumatera Selatan.
Walaupun hanya tamatan SLTA, Sayuti ini bertekad untuk berusaha tani lebih maju, untuk itu ia dengan didampingi penyuluh selalu hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh dinas terkait.. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 1987 ia bergabung di kelompok tani "Serba Guna" di desa Batumarta II sebagai anggota kelompok tani. Selama 3 tahun berjalan, tepatnya pada tahun 1990 ia dipercaya oleh rekan-rekan yang tergabung di kelompok tani "Serba Guna" untuk menjadi ketua kelompok tani.
Bersama para anggota kelompoknya, ia terus meningkatkan fungsi dan manfaat keberadaan kelompok tani "Serba Guna" di lingkungan masyarakat Batumarta II hingga tingkat kecamatan, sehingga pada tahun 1995 ia diberi kepercayaan menjadi ketua KTNA di tingkat kecamatan Baturaja Timur. Pada tahun 2005, setelah kurang lebih 10 tahun sejak diamanahkan menjadi ketua KTNA tingkat kecamatan dan seiring dengan pemekaran kecamatan, ia kembali dipercaya untuk menjadi ketua KTNA kecamatan Lubuk Raja hingga saat ini..
Sayuti rajin mencari inovasi baik dalam hal teknologi maupun manajemen untuk diterapkan dalam usaha taninya agar terus berkembang maju yang berdampak pada adanya peningkatan pendapatan. Hal ini membuat petani sekitarnya meniru usaha tani yang dikelolanya antara lain: 1) pengolahan dan managemen perkebunan karet; 2) budidaya jamur tiram; 3) budidaya perikanan seperti ternak ikan lele, ikan manujair (ikan Nila) 3);dan yang saat ini sedang dikembangkan adalah budidaya belut dalam kolam.
Berkat usaha taninya yang dapat dijadikan contoh dan aktifitasnya untuk memajukan petani sekitarnya, sehingga pada tahun pada tahun 2007 Sayuti memperoleh penghargaan sebagai petani berprestasi tingkat kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan pada tahun 2010 ia ditetapkan sebagi Penyuluh Pertanian Swadaya di BP3K Batu Marta 1 dengan wilayah binaan Desa Batumata II.
Untuk lebih meningkatkan kerjasama antara kelompok, maka ia berupaya mendorong kelompok binaanya membentuk gapoktan dan pada tahun 2011 berhasil untuk menyepakati terbentuknya Gapoktan Mitra I Di Desa Batumarta II. Untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai penyuluh swadaya, ia telah mengikuti berbagai pelatihan teknologi pertanian dan sosial yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat petani
Kini, Sayuti merasa bahagia dan bangga karena petani di wilayah binaannya yaitu desa Batumarta II telah mampu mengubah image masyarakat umum bahwa bertempat tinggal di daerah trasmigrasi akan mengalami keterbatasan dari sisi apapun. Desa Batumarta II saat ini menjadi salah satu denyut nadi perekonomian di kota Baturaja kabupaten OKU. Para petani di desa Batumarta II sudah mampu mengembangkan usahanya dan saling membantu petani yang lain agar bergerak maju bersama-sama berusaha di bidang pertanian.
Berkat usaha yang terus menerus untuk memajukan usaha taninya dan petani lainnya sehingga petani di desa binaannya sudah mampu mengembangkan usahanya, hal ini menghantarkan Sayuti pada kepatutan untuk memperoleh penghargaan sebagai penyuluh swadaya teladan tingkat nasional dari provinsi Sumatera Selatan. Selamat, somoga semangat kebesamaan untuk memajukan usaha tani terus berlanjut, sehingga petani secara bersama-sama terus meningkat kesejahteraanya. A m I n.

Tanggal Artikel : 12-09-2014

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Sunardi, Petani Dari Karimun
  2. Provinsi Aceh Balai Penyuluhan Pertanian (bpp) Peukan Baro Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Pidie
  3. Provinsi Sumatera Utara Balai Penyuluhan Pertanian (bpp) Air Putih Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Batubara
  4. Provinsi Sumatera Barat Balai Penyuluhan Kecamatan 2x11 Kayu Tanam Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Padang Pa