Profil Kita

Dasmawati, SP Penyuluh Pertanian PNS Teladan Kabupaten Kampar

Sumber Gambar: Doc. Pusluhtan

Dasmawati, SP, lahir di Salo pada tanggal 1 Desember 1975. Sejak tanggal 17 Juni tahun 2004 diangkat menjadi tenaga Penyuluh Honorer di Kantor Infomasi Penyuluhan (KIP) Kabupaten Kampar. Ibu dari tiga orang anak ini diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Penyuluh Pertanian pada tahun 2008 dan ditempatkan di Kantor Informasi Penyuluhan Kabupaten Kampar.
Dasmawati baru diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2011, keterlambatan pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil bukan merupakan kesalahannya sebagaimana dituangkan dalam Petikan Keputusan Bupati Kampar Nomor : SK.821.13/BKD-PMP/01 tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil.
Saat ini jabatan terakhirnya adalah sebagai Penyuluh Pertanian Pertama, berpangkat III/b dengan masakerja sebagai penyuluh selama 10 tahun. Sebagai seorang penyuluh kegiatan yang dilakukannya adalah melaksanakan Persiapan Penyuluhan dengan menyusun Programa Penyuluhan dan membuat Rencana Kerja Penyuluh; Melaksanakan kegiatan penyuluhan melalui kunjungan dan tatapmuka ke petani dan kelompoktani; melakukan demplot, percontohan, kajiterap dari berbagai komoditas dan menyelenggarakan berbagai kegiatan kursustani; menyebarkan informasi melalui media cetak maupun elektronik dan mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan serta seminar-seminar yang terkait dengan bidang pertanian baik sebagai peserta maupun sebagai Moderator. Selain itu dari aspek administrasi pengajuan angka kredit juga disiplin.
Terkait dengan wilayah binaannya, masyarakat desa Kuok umumnya banyak melakukan usahatani padi sawah, palawija, hortikultura, perikanan (kolam ikan) dan perkebunan serta peternakan. Dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dibentuklah wadah pembelajaran berupa kelembagaan petani.

Tanggal Artikel : 12-09-2014

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. H. Sayuti Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan Kabupaten Ogan Komering Ulu
  2. Sunardi, Petani Dari Karimun
  3. Provinsi Aceh Balai Penyuluhan Pertanian (bpp) Peukan Baro Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Pidie
  4. Provinsi Sumatera Utara Balai Penyuluhan Pertanian (bpp) Air Putih Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi Kabupaten Batubara