Kamis, 01 Okt 2020

Penanganan Dan Pengobatan Penyakit Tetelo Pada Ayam

Penanganan Dan Pengobatan Penyakit Tetelo Pada Ayam

       Newcastle Disease (ND) merupakan penyakit menular akut yang menyerang ayam dan jenis unggas lainnya dengan gejala klinis berupa gangguan pernafasan, pencernaan dan syaraf disertai mortalitas yang sangat tinggi.Penyakit ini ditemukan pertama kalinya oleh Kreneveld di Indonesia pada tahun 1926, karena menyerupai pes ayam, sehingga disebut pseudovogelpest, Doyle pada tahun 1927 memberi nama Newcastle Disease berasal dari nama suatu daerah di Inggris “Newcastle on Tyne” yang terjangkit penyakit serupa. Excessive mocus di bagian trakeaGangguan pernafasan pada ayam yang biasanya ayam akan mengalami batuk, bersin – bersin, ngorok, dan juga nafasnya ngap – ngapanPada tubuh ayam akan terlihat lesu dan lemasNafsu makan pada ayam akan menjadi menurun dinanding pada hari – hari biasanya.Bila penyakit ini menyerang pada ayam betina, ini akan mengakibatkan produktifitas telur menjadi menurunKotoran ayam akan terlihat lebih encer dan berwarna hijauPada kornea mata ayam terlihat keruh.Jenggernya berwarna biru, sayam akan menjadi menurun.ketika sudah parah maka akan terjadi kelumpuhan saraf yang akan mengakibatkan kejang – mkejang dan leher terpuntir ke arah bawah.
Pada tingkatan inilah yang akan menjadi momok menakutkan bagi peternak ayam, setelah virus meyebar dan tidak adanya penanganana yang lebih lanjut biasanya penyakit dengan tipe velogenik sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian hingga 100 %.
      Pada faktanya yang bersumber dari para peternak penyakit tetelo beli=um ditemukan obat yang efisien untuk mengobati atau disembuhkan. Oleh sebab itu, ayam yang sudah terkena dan terjangkit harus segera dimusnahkan karena untuk mencegah penuralan ke ayam yang lainnya.
Pencegahan terbaik guna mengurangi serangan penyakit tetelo adalah dengan memberikan ayam vaksinisasi rutin dengan jenis vaksin strain F, strain K dan Lasota.

      Dalam melakukan pembelian vaksin peternak harus memperhatikan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan, sebab vaksin harus habis dalam satu kali pemakaian. Sebelum melakukan vaksinisasi pada ayam peternak harus memperhatikan juga beberapa hal seperti dibawah ini :
• Simpan vaksin dalam suhu dingin
• Alat yang akan digunakan untuk vaksinisasi pada ayam harus steril dan bebas dari kuman
• Sebelum melakukan vaksin sebaiknya ayam diberikan makan terlebih dahulu
• Lakukan vaksinisasi pada waktu pagi atau sore hari, jagan melakukan vaksin pada saat siang hari saat matahari sedang panas – panasnya
• Pastikan ayam yang akan diberikan vaksin dalam keadaan sehat
Tipe Mesogenik (Strain ND tipe sedang)
Penyakit ini dapat menjangkiti anak ayam dan ayam yang masih muda. Kematian akibat penyakit denga tipe mesogenik bisa mencapai 30% dari seluruh populasi ayam dikandang. Ayam yang jarang terkena tetelo tipe mesogenik adalah ayam yang berumur 8 bulan keatas (yang sudah dewasa). Bagian tubuh yang diserang adalah sistem pernapasan dan syaraf.Pada tingkatan ini gejala yang akan ditimbukan adalah gangguan pernafasan pada ayam, biasanya tingkat ini akan membuat ayam yang masih berusia muda akan lebih banyak mengalami kematian.
3. Tipe Lentogenik (strain ND tipe lemah)
      Ayam yang terkena penyakit ini menyebabkan produktivitas telur menjadi berkurang. Telur yang dihasilkannya juga mengalami penurunan kualitas. Penyakit ND stadium lemah ini hampir tidak menyebabkan kematian hanya pernapasan agak megap-megap.
Penyakit sampar atau tetelo ini mempunyai beberapa gejala diantaranya megap-megap, lemah, lesu, tidak mempunyai nafsu makan, ngorok dan beberapa gejala lainnya.
Cara penanggulangannya dengan diberikan vaksinasi secara teratur. Jenis vaksin yang diberikan ND Lasota, ND Komarov. Sekarang ini ada vaksin ND-IB yang merupakan kombinasi vaksin yang cukup efektif. Sebaiknya vaksinasi NB-IB diberikan saat anak ayam berumur kurang dari 1 minggu.

Gejala yang ditimbulkan ketika ayam terkena penyakit tetelo adalah sebagai berikut :
• Excessive mocus di bagian trakea
• Gangguan pernafasan pada ayam yang biasanya ayam akan mengalami batuk, bersin – bersin, ngorok, dan juga nafasnya ngap – ngapan
• Pada tubuh ayam akan terlihat lesu dan lemas
• Nafsu makan pada ayam akan menjadi menurun dinanding pada hari – hari biasanya.
• Bila penyakit ini menyerang pada ayam betina, ini akan mengakibatkan produktifitas telur menjadi menurun
• Kotoran ayam akan terlihat lebih encer dan berwarna hijau
• Pada kornea mata ayam terlihat keruh, jenggernya berwarna biru, sayam akan menjadi menurun dan ketika sudah parah maka akan terjadi kelumpuhan saraf yang akan mengakibatkan kejang – mkejang dan leher terpuntir ke arah bawah
Untuk tindakan pencegahan bisa dilakukan dengan cara:
Membersihkan kandang secara teratur. Kandang diusahakan mendapat sinar matahari yang cukup agar dalam kondisi kering dan tidak lembab.
      Ayam yang terdeteksi terkena tetelo dipisahkan dan diletakkan dalam kandang karantina agar tidak menular ke unggas yang lain.
Pemberian vaksinisasi pada ayam harus dilakukan agar dapat memperoleh imun dan kekebalan tubuh menjadi kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Vaksinisai pertama dapat dilakukan dengan cara pemberian obat melalui tetes mata pada kedua mata ayam. Untuk selanjutnya, pemberian vaksin dapat dilakukan dengan cara suntik di intramuskuler otot dada pada ayam.
Pengobatan dengan cara dilakukan pemberian antibiotik yang bertujuan untuk mengobati infeksi sekunder akibat kuman. Pemberian antibiotik dilakukan bersamaan dengan pemberian multivitamin agar stamina ayam cepat pulih. Multivitamin diberikan melalui air minum yang biasa diberikan ke Ayam Kampung Super.

 

PENULIS : Ir. BENEDIKTA WILIBRORDA FERNANDEZ PENYULUH PERTANIAN MADYA

TERBARU
Pada MSPP Diperkenalkan Alat Bantu Memprediksi Erosi

pada mspp diperkenalkan alat bantu memprediksi erosi

Kementan Dorong Peningkatan Produktivitas melalui Program Better Life Farming

kementan dorong peningkatan produktivitas melalui program better life farming

KUR, Salahsatu Sumber Permodalan Dalam Mengembangkan Usahatani

kur, salahsatu sumber permodalan dalam mengembangkan usahatani

Inovasi Pertanian Modern Melalui Smart Green House

inovasi pertanian modern melalui smart green house

KEAMANAN PANGAN DIMULAI DARI SISTEM PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

keamanan pangan dimulai dari sistem pertanian yang ramah lingkungan