Selasa, 17 Des 2019

LIMA TEPAT (5 T) DALAM APLIKASI PEMUPUKAN

LIMA TEPAT (5 T) DALAM APLIKASI PEMUPUKAN

LIMA TEPAT (5 T) DALAM APLIKASI PEMUPUKAN

Keberhasilan dibidang pertanian dalam budidaya tanaman dapat ditentukan oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktor penentu keberhasilan tersebut adalah pada faktor pemupukan. Pemupukan tanaman adalah proses pemberian Hara tambahan pada tanaman baik itu unsur hara makro maupun mikro, dalam bentuk cair maupun padat, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Namun tata cara pemupukan yang baik dan benar juga perlu dilakukan, agar proses pemupukan menjadi lebih tepat. Berikut cara pemupukan yang tepat dengan 5 Tepat, yaitu Tepat jenis, Tepat dosis, Tepat waktu, Tepat tempat, dan Tepat cara.

1.Tepat jenis ; Tepat jenis yaitu pada saat pemupukan haruslah tepat dalam menentukan jenis pupuk apa yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur Urea jika tanaman kekurangan unsur N, SP 36 jika tanaman kekurangan unsur P. Jika pupuk yang digunakan salah, tanaman yang kita pupuk tidak akan bagus.

  1. Tepat dosis ; Tepat dosis yaitu pada saat pemupukan dosis yang diberikan harus tepat atau sesuai dengan kebutuhan tanaman. Tepat dosis disini dimaksudkan agar dosis yang kita berikan ke tanaman tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit jika pemberian pupuk sedikit tanaman masih kekurangan unsur yang dibutuhkan, terlalu banyak tentu tanaman akan over dosis dan bisa menjadi toksic.
  2. Tepat waktu ; Tepat waktu disini yaitu pada saat pemberian pupuk yang baik dan benar hendaknya disesuaikan kapan tanaman tersebut membutuhkan asupan lebih unsur hara atau pada waktu yang tepat. Hal ini agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal .
  3. Tepat tempat ; Tepat tempat maksudnya pada saat pemupukan harus memperhatikan tempat atau lokasi tanaman sehingga dapat mengaplikasikan pemupukan secara tepat. Misal lokasi pemupukan berada pada ketinggian dan kecepatan angin besar, maka tidak disarankan menggunakan pupuk yang berbentuk cair dan disemprotkan. Pemupukan juga memperhatikan cara peletakan pupuk pada tanaman. Hal ini mempengaruhi hasil penyerapan tanaman akan asupan pupuk .
  4. Tepat cara ; Tepat cara yaitu pada saat pemupukan cara kita harus benar. Cara pemberian pupuk yang salah akan membuat pupuk terbuang sia-sia ataupun tercuci oleh air dan terdenitrifikasi sehingga tidak dapat diserap atau ditangkap langsung oleh tanaman. Untuk itu cara pemupukan harus benar dan tepat sasaran.

Dari kelima tepat tadi jika kita laksanakan dengan benar dan sesuai petunjuk akan mendapatkan tanaman yang sehat sesuai dengan umur dan hasil yang diharapakan dan dengan melaksanakan atau mengunakan lima tepat di setiap  sarana pertanian baik teknologi mekanisnya dan teknologi budidayanya akan mendapat hasil yang optimal dan produksi yang diinginkan. Karena tujuan budidaya yaitu mendapat produksi yang tinggi agar dapat memambah pendapatan petani dan meningkatkan kesejahteraan keluarganya demikian sedikit penyegaran dan terima kasih.

Oleh : Sri Slamet.

TERBARU
Kementan Target 5.733 BPP KostraTani Koneksi AWR

kementan target 5.733 bpp kostratani koneksi awr

Ngobras (Ngobrol Asyik) bareng Kepala Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM Pertanian Vol. 6

ngobras (ngobrol asyik) bareng kepala badan penyuluhan dan pengembangan sdm pertanian vol. 6

KPK Apresiasi Kementan untuk data petani by name by adress berbasis NIK

kpk apresiasi kementan untuk data petani by name by adress berbasis nik

PHLN Dukung KostraTani Model di Cirebon

phln dukung kostratani model di cirebon

Kementan Sosialisasi KostraTani di BPP Patokbeusi

kementan sosialisasi kostratani di bpp patokbeusi