Rabu, 04 Des 2019

BUDIDAYA KANGKUNG

BUDIDAYA KANGKUNG Kelurahan Tolo Barat

   Kangkung tergolong sayur yang sangat populer, karena banyak peminatnya.Kangkungdisebutjuga Swamp cabbage, Water convovulus, Water spinach.Berasal dari India yang kemudian menyebar ke Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan bagian negara Afrika.

Sentra Penanaman


             Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa khususnya di Jawa Barat, juga di Irian Jaya di Kecamatan Muting Kabupaten Merauke kangkung merupakan lumbung hidup sehari-hari.Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besarta naman kangkung darat banyak ditanam penduduk untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual ke pasar.


Jenis Tanaman


              Kangkung termasuk suku Convolvula ceae (keluarga  kangkung-kangkungan).Kedudukan tanaman kangkung dalam sistem atika tumbuh-tumbuhan diklasifikasikan ke dalam:

  1. a) Divisio :Spermatophyta
  2. b) Sub-divisio :Angiospermae
  3. c) Kelas :Dicotyledonae
  4. d) Famili :Convolvulaceae
  5. e) Genus : Ipomoea
  6. f) Species : Ipomoea reptans

Kangkungmerupakantanaman yang tumbuh cepat yang memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih.Kangkung yang dikenaldengannama Latin Ipomoea reptansterdiridari 2 (dua) varietas, yaituKangkungDarat yang disebutKangkungCinadanKangkung Air yang tumbuh secara alami di sawah, rawaatauparit-parit.
Perbedaanantarakangkungdaratdankangkung air:
Warna bunga

 

 

Kangkung  Darat                                              Kangkung Air

 

 

Bentuk daun dan batang

           Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar dari pada kangkung darat.Warna batang berbeda.Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat putih kehijau-hijauan.

Kebiasaanberbiji

            Kangkungdaratlebihbanyakberbijidaripadakangkung air.Itusebabnyakangkungdaratdiperbanyaklewatbiji, sedangkankangkung air denganstek pucuk batang.

 Manfaat Tanaman

 Bagiantanamankangkung yang paling penting adalah batangmudadanpucuk-pucuknyasebagaibahansayur-mayur.Kangkungselainrasanyaenak juga memiliki kandungan gizi cukup tinggi, mengandung vitamin A, B dan vitamin C serta bahan-bahan mineral terutama zat besi yang berguna bagi pertumbuhan badan dan kesehatan.Disamping itu hewanjugamenyukaikangkungbiladicampurdalam makanan ayam, itik, sapi, kelinci dan babi.

Seorang pakarkesehatan Filipina: Herminia de Guzman Ladionmemasukkankangkungdalamkelompok "TanamanPenyembuhAjaib", sebabberkhasiatuntukpenyembuhpenyakit "sembelit" juga sebagai obat yang sedang "diet". Selainitu, akarkangkungbergunauntukobatpenyakit "wasir".


SYARAT PERTUMBUHAN

  1. Iklim

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun.Kangkungdaratdapattumbuh padadaerahyang beriklim panas dan beriklim dingin.Jumlah curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 500-5000 mm/tahun.Pada musimhujantanamankangkungpertumbuhannyasangatcepat dan subur, asalkan di sekelilingnya tidak tumbuh rumput liar.Dengandemikian, kangkungpadaumumnyakuat menghadapi rumput liar, sehinggakangkungdapattumbuh di padang rumput, kebun/ladang yang agakrimbun.

Tanamankangkungmembutuhkanlahan yang terbuka atau mendapat sinar matahari yang cukup. Di tempat yang terlindung (ternaungi) tanamankangkungakan tumbuh memanjang (tinggi) tetapi kurus-kurus. Kangkungsangatkuatmenghadapipanasterikdankemarau yang panjang.Apabila ditanam di tempat yang agak terlindung, maka kualitas daun bagus dan lemas sehingga disukai konsumen.

Suhu udara dipengaruhi oleh ketinggian tempat, setiap naik 100 m tinggi tempat, maka temperatur udara turun 1 derajat C. Apabilakangkungditanam di tempat yang terlalu panas, makabatangdandaunnyamenjadiagakkeras, sehingga tidak disukai konsumen.

 

  1. Media Tanam

Kangkungdaratmenghendakitanah yang subur, gembur banyak mengandung bahan organik dantidakdipengaruhikeasamantanah.Tanamankangkungdarattidakmenghendakitanah yang tergenang, karenaakarakan mudah membusuk. Sedangkankangkung air membutuhkantanah yang selalutergenang air.

Tanamankangkungmembutuhkantanahdatar bagi pertumbuhannya, sebab tanah yang memilikikelerengantinggitidakdapat mempertahankan kandungan air secara baik.

 C.Ketinggian Tempat

Kangkungdapattumbuhdan berproduksi dengan baik di dataran rendah sampai dataran tinggi (pegunungan) ± 2000 meter dpl.Baikkangkungdaratmaupunkangkung air, keduavarietastersebutdapattumbuh di mana saja, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Hasilnya akan tetap sama asal jangan dicampur aduk.

 

PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA



  1. Pembibitan

 

  • PersyaratanBibitKangkungDarat

Dalam pemilihan bibit harus disesuaikan dengan lahan (air atau darat).Karenakalaukangkungdaratditanam di lahanuntukkangkung air produksinyakurangbaik, warnadaunmenguning,bentukkecildan cepat membusuk.

Bibitkangkungsebaiknyaberasaldarikangkungmuda, berukuran 20 -30 cm. Pemilihan bibit harus memperhatikan hal-hal seperti berikut, batang besar, tua, daun besar dan bagus. Penanamannya dengan carastekbatang, kemudianditancapkan di tanah. Sedangkan biji untuk bibit harus diambil dari tanaman tua dan dipilih yang kering serta berkualitas baik.

  • Penyiapan Benih
  1. a) Benihkangkung yang akanditanam adalah stek muda, berukuran 20-30 cm, dengan jarak tanam 1,5 x 15 cm.
  2. b) Untuk benihdaribijikangkungdiambildaritanaman yang tua.
  3. c) Benih yang diperlukan untuk seluas 10 m2 atau 2 bedengan ± 300 gram, jika tiap lubang diisi 2-3 butir biji.
  • TeknikPenyemaianBenih

Biji dengan ukuran diameter 3 mm, disebar dalam baris-baris berjarak 15 cm dengan jarak kira-kira 5 cm antara masing-masing biji. Kultivar yang berbijidapat tahan tanah lembab dan tumbuh baik dalam musim hujan.

 

 

 

  • PemeliharaanPembenihan/Penyemaian

Agar diperoleh hasil panen yang baik, dalampemeliharaanpembenihankangkungdiperlukanpenyiraman teratur dan kerap pada cuaca kering.

 

  1. Pengolahan Media Tanam
  2. Persiapan

Kangkung air membutuhkantempat-tempat yang ada genangan air.Bertanamkangkungmemerlukantanah yang diberi pupuk kompos, kemudian dibuatkan petak-petak/bedengan seperti tanaman sayuran lain. Tentang panjang bedengan, tergantung kondisi lahan.Kemudiansiapkantugaldantancapkan di atas bedengan dengan jarak 20 x 20 cm.

  1. Pembukaan Lahan

Tiga minggu sebelummelakukanpenanamankangkung, sebaiknyatanahdiolah terlebih dahulu. Kemudian tanah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 10 ton per hektar, diberi air dengan ketinggian 5 cm, dibiarkantergenang air dandiberi urea 1 kuintal per hektar.

  1. Pembentukan Bedengan

Pembentukan bedenganuntuktanamankangkungdapatdilakukandengan ukuran lebar 0,8-1,2 m, panjang 3-5 m, dalam ± 15-20 cm danjarakantarbedeng 50 cm dengan membuat selokan.

Ukuran tersebut dapat disesuaikan, tergantung keadaan lahan yang tersedia. Bedengan dibuat untuk kelancaran pemasukan dan pembuangan air yang berlebih serta untuk memudahkan pemeliharaan dan kegiatan lain. Ada pula yang membuat bedengan dengan ukuran panjang kali lebar: 2x1 m dengan kedalaman drainase 30x30 cm.

  1. Pemupukan

Pemupukanbagitanamankangkungterdiridaripupuk dasar yaitu pupuk kandang, yang diberikan seminggu sebelum tanam (setelah selesai pembuatan bedengan).Selain itu juga diberikan pupuk urea, seminggu setelah tanam, kemudian 2 minggu setelah tanam.Pemberian pupuk urea dicampur dengan air kemudian disiram pada pangkal tanamandengan ember penyiram.

Pada waktu melakukan pemupukan, lahan dikeringkan terlebih dahulu selama 4 sampai 5 hari.Kemudiandiairikembali.

Pupuk yang diperlukan adalah sebagai berikut: 10-20 ton/ha rabukorganikdan 100-250 kg/ha urea, diberikan selama 2 minggu pertama, dengan cara disiramkan.

  1. Teknik Penanaman
  2. Penentuan Pola Tanam

Penentuan pola tanam dapat disesuaikan dengan luas lahan yang akan ditanami. Apabila bedengan dibuat dengan ukuran 2x1 m, makabilajaraktanamnyaditentukan 20x20 cm, maka dalam satu bedengan terdapat sebanyak 50 lubang atau 50 rumpunkangkung.

  1. Pembuatan Lubang Tanam

Pembuatan lubang tanam dapat dilakukandengancaraditugal, yang berjarak 20x20 cm, sedalam ± 5 cm. Setiap bedengan dapat ditentukan jumlah lubangnya (tergantung ukuran bedengan).

  1. Cara Penanaman

Penanamankangkungdaratdilakukanpada sore hari yaitu jam 16.00 sampai 18.00. Hal ini bertujuan agar benih setelah ditanam tidak langsung mendapat udara kering sehinggabenihcepatberkecambah.


  1. Pemeliharaan Tanaman
  2. PenjarangandanPenyulaman

Bilatanamankangkungterlalulebat/sangatberdesakan dalam satu rumpunmakadiperlukanpenjarangan.Apabila tanaman banyak yang mati, makasegeradilakukanpenyulaman (digantidenganbibit yang baru yang telah disiapkan).

  1. Penyiangan

Penyiangandilakukanbilaterdapat rumput liar (tanaman pengganggu).Penyiangandilakukansetiap 2 minggu.

  1. Pembubunan

Pembumbunandilakukanuntukmendekatkan unsur harabagitanamankangkungsehinggadapatmempermudahakartanamanuntukmentransfernya.Pembumbunandilakukanpadasaat tanaman berumur 2 minggu.

 

 

 

  1. Perempalan

Bagitanamankangkungsebagaipenghasildaundanbatang, perempalantidakdibutuhkan, sebabperempalanadalahpenyortirandan pengambilan tunas-tunas muda yang tidak berguna, yang akan menghambat pertumbuhan tanaman.

  1. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk urea. Pupuk urea diberikan hanya sekali dengan cara dilarutkan dalam air lalu disirampadatanamankangkung. Perlu diperhatikan agar padawaktumenebarpupukjangansampai ada butir pupuk yang tersangkut atau menempel pada daun, sebab akan menyebabkan daun menjadi layu. Gunakansapulidisetiapselesaimenabur pupuk.

  1. Pengairan dan Penyiraman

Selama tidak ada hujan, perlu dilakukan penyiraman.Penyiraman gunanya untukmencegahtanamankangkungterhadapkekeringan. Penyiraman dilakukan dua kali sehari yaitu pagi (jam 07.00) dan sore (jam 17.00). Penyiramandilakukandengangemborpenyiram.Tanamankangkungmembutuhkanbanyak air dalam pertumbuhannya.

  1. Waktu Penyemprotan Pestisida

Tanamankangkungdarat yang terkena ulat berwarna putih yang berada pada helai daun sebelah bawah sehingga menyebabkan warna daun menjadi kuning.UntukpenanggulangannyadisemprotkanBaysudindengandosis 2 cc per liter air, yang disemprotkan sore hari.

Untuk memberantas ulat daun yang seringmenyerangtanamankangkung, digunakanInsektisidaDiazinon 60 EC, dengan dosis sebesar 2 cc per liter air dandisemprotkanpadatanaman.

Serangga pemakan daun dikendalikan dengan penyemprotanstrategissenyawaorganofosfatjauhsebelumpemanenan.

  1. Pemeliharaan Lain

Agar pertumbuhan subur, sebaiknya seminggu setelah atau sebelum panen, tanaman dipupuk urea kembali.


  1. Hama dan Penyakit
  2. Hama

Hama yang banyakmenyerangtanamankangkungumumnyarelatiftidak ganas, antara lain: belalang dan ulat daun. Pengendalian: untuk mencegah terjadi over populasi, semprotkanSevinatausejenisnya. Untuk memberantas ulat dauninidigunakanInsektisidaDiazinon 60 EC, dengan dosis sebesar 2 cc per liter air dandisemprotkanpadatanaman. Pada waktu membasmi hama, sebaiknya lahan dikeringkan terlebih dahulu selama 4-5 hari. Kemudiandiairikembali.

 

 

Ulat daun



  1. Penyakit

Tanamankangkungtahanterhadappenyakit dan hanya memerlukan sedikit perlindungan.Penyakit jamur yang lazimmenyerangtanamankangkungadalah karat putih (Albugo Ipomoea panduratae).

Penyakit inipekaterhadapDithane M-45 atauBenlate, tetapi bila benih diperlakukan denganpenyiramandanhigieneumumnyabaik, penyakit tidak menjadi masalah.Serangga pemakan daun dikendalikan dengan penyemprotanstrategissenyawaorganofosfatjauhsebelumpemanenan.

     

 

 

 

 



 

 

 

  1. Panen
  2. Ciri dan Umur Panen

Panen pertama sudah bisa dilakukan pada hari ke 12.Saatinikangkungsudahtumbuhdengan panjang batang kira-kira 20-25 cm. Ada pula yang mulai memangkas sesudah berumur 1,5 bulan dari saat penanaman.

  1. Cara Panen

Cara pemanenankangkung air hampirsamadengankangkungdarat. Cara memanen, pangkasbatangnyadenganmenyisakansekitar 2-5 cm di atas permukaan tanah atau meninggalkan 2-3 buku tua.

Panen dilakukan pada sore hari.Pemanenandilakukandengancaramemotongkangkung yang siappanen dengan ciri batangbesardanberdaunlebar.Dengan menggunakan alat pemotong.

Pemungutanhasilkangkungdaratdapat pula dilakukan dengan cara mencabutnya sampai akar, kemudian dicuci dalam air. Panenkangkungdaratdilakukanpada umur 27 hari.Selama panen, lahan penanaman harus tetap basahtapitidakberair (lembab).

  1. Periode Panen

Panen dilakukan 2-3 minggu sekali. Setiap kali habis panen, biasanya akan terbentuk cabang-cabang baru. Setelah 5 kali panen atau 10-11 kali panenmakaproduksikangkungakanmenurunbaik secara kuantitatif maupun kualitatif. Jika sudahterlihatberbunga, sisakan ± 2 m2 untuk dikembangkan terus menjadi biji yang kira-kira memakan waktu 40 hari sampai dapat dikeringkan.

  1. PrakiraanProduksi

Pertanamankangkungsecarakomersial menghasilkan sekitar 15 ton/ha sepanjangbeberapapanenanberturut-turutatausekitar 160 kg/tahun/10 m2.

 

  1. Pascapanen
  2. Pengumpulan

Kangkung yang barudipanen dikumpulkan dan kemudian disatukan sebanyak15-20 batangkangkungdalamsatuikatan.

 

  1. Penyimpanan

Dalam penyimpanan (sebelum dipasarkan), agar tidakcepatlayu, kangkung yang telahdiikat celupkan dalam air tawarbersihdantiriskandenganmenggunakananjang-anjang.

ANALISIS EKONOMI BUDIDAYA TANAMAN


  1. Analisis Usaha Budidaya

Analisisbudidayakangkungdenganluaslahan 30 m2 selama 3 bulan di daerah Bogor pada tahun 1999.Kangkungdipanen 2 kali/bulan. Rata-rata produksi 200 ikat/panen; produksi total selama 3 bulan=1.200 ikat.

TERBARU
BUMI SEMAKIN PANAS, PERTANIAN BAGAIMANA?

bumi semakin panas, pertanian bagaimana?

PERTANIAN ORGANIK, PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN

pertanian organik, pertanian ramah lingkungan

PENGELOLAAN PUPUK BERSUBSIDI

pengelolaan pupuk bersubsidi

DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL TEPUNG MOCAF  DI BANJARNEGARA

diversifikasi pangan lokal tepung mocaf di banjarnegara

ALTERNATIF PENGGELOLAAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG KEAMANAN PANGAN

alternatif penggelolaan ramah lingkungan dalam mendukung keamanan pangan