Kamis, 28 Nov 2019

Mamfaatkan Sekam Padi Sebagai Media Tanam

Mamfaatkan Sekam Padi Sebagai Media Tanam

Sekam Padi adalah kulit padi setelah diambil bulir bulir berasnya. Sekam adalah hasil sampingan dari penggilingan padi selain bekatul. Di negara kita banyak sekali sekam padi sampai dibuang buang karena dianggap limbah, terutama disentra sentra pertanian. Seandainya dijualpun harganya murah. Biasanya, sekam diambil oleh industri batu bata untuk dijadikan bahan bakar.

Sekarang sekam padi banyak dicari oleh para petani untuk dijadikan media tanam, Sekam padi memiliki kelebihan sebagai media tanam, antara lain karena bentuknya yang seperti perahu dan memiliki lambung, sehingga mampu menahan nutrisi lebih lama. Disamping itu Sekam padi memiliki manfaat, Diantaranya yaitu:

  1. Memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan porositas

Campurkan sekam padi bersama media tanam (terutama untuk pot/polybag). Maka tanah akan memiliki sifat gembur dan poros. Tanamanmu menyukai tanah seperti ini. Saya pernah membuka salah satu polibag tanaman cabe saya. Dan wuuuss....akarnya sangat banyak dan merambat keberbagai arah. Ini karena tanah memiliki banyak rongga untuk perkembangan perakaran. Hal yang sama juga saya lihat pada tanaman sirih dan pandan, ketika hendak saya pindahkan ke pot yang lebih besar. Akar mereka banyak, berwarna putih halus.

  1. Sebagai penangkal kucing.

Salah satu hewan yang sering mengganggu di kebun saya adalah kucing. Mereka bermain disitu, dan buang air disitu. Saya selalu menemukan tumpukan ee` mereka di sela sela tanaman yang tentu saja harus saya buang karena itu bukan pupuk kandang. Akhirnya saya menemukan cara yang simpel untuk membuat kucing kucing itu pergi. Saya taburkan sekam padi agak tebal diatas kebun. Saya tutupi dengan merata sehingga tampak seperti mulsa. Ternyata kucing tidak mau main disitu. Bentuk sekam yang tajam tidak mereka sukai. Jangankan buang air, untuk menginjak kebunpun mereka tidak mau.

  1. Sebagai penangkal bekicot dan slug

Bekicot adalah musuh tanaman muda. Demikian juga slug. Slug adalah masih jenis bekicot juga, tapi ia tidak memiliki rumah. Orang orang sering mengiranya lintah, padahal bukan. Baik bekicot maupun slug, menyerang dimalam hari dengan memakan tanaman tanaman muda. 

Untuk mengatasi serangan mereka berdua, taburkan sekam disekeliling tanaman. Dijamin mereka tidak berani menjarah tanamanmu. Perut mereka yang lunak tidak akan sanggup melewati sekam padi yang tajam. Tapi jangan lupa, bekicot dan slug juga bisa memanjat. mereka bisa menyerang dari arah atas bila ada jalannya. 

  1. Sebagai mulsa, dan memperindah kebun

Mulsa, adalah lapisan pelindung tanah yang diletakkan disekeliling tanaman. Pemberian mulsa bermanfaat untuk menjaga kelembaban tanah, menghambat gulma dan disukai oleh makhluq makhluq renik yang ada didalam tanah. Mulsa bisa berasal dari kertas koran, kompos, jerami, atau bahkan plastik. Penggunaan sekam padi sebagai mulsa, akan memberikan satu manfaat tambahan bagi anda. Yaitu, kebunmu, atau tanaman tanaman potmu, akan kelihatan lebih bersih, lebih rapi, dan lebih indah dipandang. 

  1. Dibakar, untuk campuran media tanam lainnya

Penggunaan sekam padi, bisa juga dibakar lebih dahulu sampai gosong setengahnya (50%) atau gosong penuh (100%), kemudian digunakan sebagai campuran media tanam. Campurlah dengan tanah, dan kompos. keuntungan pakai media tanaman sekam bakar adalah steril, poros, banyak unsur hara, dan ringan sehingga pot tanaman mudah mobilisasinya,

Beberapa fungsi sekam bakar yaitu: 

  • Untuk pengikat unsur unsur hara dalam tanah, sehingga selalu tersedia untuk tanaman.
  • Untuk memperbaiki tingkat ke asaman tanah.
  • Kandungan silikanya dapat memperkuat daun. Dalam ujicoba, tanaman yang diberi sekam bakar, lebih tegak daun daunnya.
  • Kandunga phospatnya dapat memperkuat tanaman dan mendorong perkembangan sel sel tanaman.
  • Tempat hidup yang bagus bagi jasad renik (mikroba bermanfaat)

Adapun Cara Membuat Sekam Bakar yaitu dengan meletakkan seng diatas api, kemudian letakkan sekam diatas seng. Diaduk aduk sebentar, sampai mulai kelihatan kehitaman. kemudian angkat sengnya (jauhkan dari api) sambil tetap diaduk aduk. Lama kelamaan sekam itu akan menghitam merata. 

Kita juga bisa membuat alat pembakaran portable dari kaleng biskuit. Kaleng biskuit di beri pegangan. Kemudian sekam diletakkan didalamnya dan dipanggang sebentar, sampai cukup menghitam. Sekam bakar siap untuk dijadikan media tanam.

Oleh : Ramlah, SP, Penyuluh THL

TERBARU
BUMI SEMAKIN PANAS, PERTANIAN BAGAIMANA?

bumi semakin panas, pertanian bagaimana?

PERTANIAN ORGANIK, PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN

pertanian organik, pertanian ramah lingkungan

PENGELOLAAN PUPUK BERSUBSIDI

pengelolaan pupuk bersubsidi

DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL TEPUNG MOCAF  DI BANJARNEGARA

diversifikasi pangan lokal tepung mocaf di banjarnegara

ALTERNATIF PENGGELOLAAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG KEAMANAN PANGAN

alternatif penggelolaan ramah lingkungan dalam mendukung keamanan pangan