Minggu, 03 Nov 2019

SEGUDANG MANFAAT DEKOMPOSER

SEGUDANG MANFAAT DEKOMPOSER Dokumentasi Pribadi

                Dekomposer dapat juga disebut sebagai organisme pemakan bangkai, contoh organisme dekomposer adalah bakteri pembusuk dan jamur. Dekomposer merupakan organisme yang memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Pengurai ini membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem. Organisme yang tergolong penting ini mengkonsumsi bahan organik, mengubah zat kembali ke bentuk anorganik mereka. Adapun bahan anorganik yang dikembalikan ke lingkungan oleh pengurai antara lain fosfat, karbondioksida dan ammonium.

                Penggunaan dekomposer bahan organik dimaksudkan untuk mempercepat proses dekomposisi bahan organik terutama sisa tanama berkayu, limbah rumah tangga maupun limbah kandang ternak untuk melakukan desinfektasi bahan kompos sehingga pupuk organik atau kompos yang dihasilkan bebas dari mikroorganisme pathogen, ektoparasit, biji gulma dan tidak berbau busuk. Dekomposer bahan organik mengandung koloni mikroorganisme yang difiksasi dari alam berupa fungi dan bakteri. Koloni mikroorganisme tersebut meliputi koloni mikroorganisme selulolitik, amilolitik, lignolitik, dan mikroorganisme nitrogen fiksasi non simbiotik.

Dekomposer bahan organik sering digunakan dalam pembuatan pupuk organik dengan bahan baku limbah kandang ternak baik ternak ruminansia maupun unggas serta sisa-sisa pakan. Bahan organik tersebut didekomposisikan sedemikan rupa sehingga melewati proses desinfektasi dengan bantuan probiotik, yang akhirnya berubah menjadi pupuk organik yang berkualitas baik. Dekomposer mempercepat proses penguraian bahan organik menjadi pupuk organik yang dapat secara langsung dimanfaatkan oleh tanaman.

Pilihan penggunaan dekomposer dalam pengomposan bahan organik tentunya sangat menarik petani yang dinilai dari cara kerjanya yang efektif, efisiensi dan mudah dalam aplikasinya. Dekomposer dapat diperoleh dengan mudah baik secara komersial atau buatan pabrik bahkan dapat dibuat dengan cara alami yang sederhana, yang dikenal dengan dekomposer lokal.

Pembenahan tanah melalui penggunaan dekomposer dapat mempercepat pemulihan kualitas tanah. Penggunaan dekomposer dinilai mampu mengubah sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga produktivitas tanah menjadi optimum dan berfungsi juga dalam hal konservasi tanah.

Penulis: Husna, SP (Penyuluh Pertanian di BPP Bandar Dua) dan

Mukhlis, SP (Penyuluh Pertanian di BPP Jangka Buya

Referensi:

https://www.kabarbisnis.com

http://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi

https://budisma.net/2015/03/pengertian-dekomposer.html

http://bpatp.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/component/content/article/61-berita/949-dekomposer-bahan-organik

TERBARU
TEKNOLOGI SMART FARMING, TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN

teknologi smart farming, tingkatkan produktivitas pertanian

BPP Kostratani Bersama Program CSA Kementan Dukung Ketahanan Pangan Nasional

bpp kostratani bersama program csa kementan dukung ketahanan pangan nasional

JOGOROTO MILIKI APLIKASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PUSAT DATA DAN INFORMASI PERTANIAN

jogoroto miliki aplikasi digital sebagai sarana pusat data dan informasi pertanian

KEMENTAN BERIKAN DUKUNGAN KEPADA PENYULUH PERTANIAN UNTUK TERUS DAMPINGI PETANI MILENIAL DI LAPANGAN

kementan berikan dukungan kepada penyuluh pertanian untuk terus dampingi petani milenial di lapangan

KEAMANAN PANGAN DIMULAI DARI SISTEM PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

keamanan pangan dimulai dari sistem pertanian yang ramah lingkungan