Minggu, 27 Okt 2019

Vaksinasi Nd Pada Ayam Kampung

Vaksinasi Nd Pada Ayam Kampung RAHMINAWATY, SP PPL DESA LALANG BATA

vaksin adalah program pemberian kekebalan terhadap virus tertentu. vaksin ada dua tipe , vaksin live / hidup di lakukan dgn cara tetes mata dan minum dan vaksin kill / mati   di lakukan dengan suntik / injeksi.

Vaksin tersebut antara lain vaksin AI, gumboro, ND, cacar, IB,dan mareks. Ada juga beberapa vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti vaksin kolera dan coryza

Vaksin untuk ayam khususnya ayam kampung ada berbagai bentuk jenis dan fungsinya. Dalam peternakan ayam pemberian vaksin adalah kebutuhan wajib untuk pencegahan dengan menekan terjadinya penyakit pada ayam. Pemberian vaksin atau vaksinasi yang tidak tepat mengakibatkan tindakan yang sia-sia. Atau bahkan menimbulkan dampak yang sebaliknya. Dalam halaman ini kami ingin berbagai tentang vaksin untuk ayam kampung.

Macam-macam Vaksin

Vaksin menurut sifat hidup antigennya atau antibody buatan tersebut dapat dibagi menjadi 2 kategori. Macam-macam vaksin menurut antigen pembentuknya dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Vaksin aktif (Aktif namun sudah lemah)

     Seperti tersebut di atas bahwa vaksin aktif berupa virus atau mikro organisme yang masih hidup namun tidak berbahaya karena sudah dilemahkan. Vaksin aktif dapat diketahui dengan dibuat biasanya menggunakan kemasan vial dan berbentuk beku seperti tablet. 

  1. Vaksin Inaktif (yang dimatikan)

Vaksin inaktif adalah virus yang telah dimatikan atau diinaktifkan. Sedangkan untuk mengetahui vaksin tersebut inaktif biasanya berupa suspensi atau emulsi (cair).

Dalam kasus yang terjadi vaksin untuk ayam hanya dibuat untuk penyakit tertentu. Dengan ditemukannya penyakit ganda maka dibuatlah vaksin untuk ayam berupa vaksin kombinasi. Vaksin kombinasi ini dibuat berdasarkan jumlah antigennya. Vaksin kombinasi dibuat agar lebih efektif dan efisien menagani masalah penyakit ganda pada ayam sekaligus pencegahan.

Fungsi Vaksinasi

Vaksinasi atau pemberian vaksin mempunyai fungsi untuk membentuk dan menambah anti bodi semacam kekebalan tubuh bagi ayam agar terhindar dan kebal terhadap berbagai penyakit dan pada akhirnya produksi akan optimal.

Tujuan Vaksinasi

Vaksinasi atau pemberian vaksin diharapkan sebagai langkah proteksi atau perlindungan terhadap virus (mikroorganisme) merugikan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit unggas.

Jenis-jenis Vaksin

Seperti kita tahu bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus tidak selalu bisa diatasi dengan pemberian obat atau multivitamin saja. Dengan demikian dibentuklah berbagai jenis vaksin yang dapat langsung bekerja untuk menangani virus merugikan tersebut. Berdasarkan jenis antigennya vaksin dibedakan menjadi 3 yaitu :

  1. Vaksin Viral
  2. Vaksin Bakterial
  3. Vaksin Protozoa

Pemberian vaksin bakterial dan vaksin protozoa biasanya diberikan pada pencegahan penyakit yang susah ditangani bahkan sering datang kembali karena pengaruh bakteri yang amat kecil dan susah diserap pembuluh darah.

Tata Laksana atau cara pemberian vaksin untuk ayam kampung

3 Langkah tersebut adalah ketepatan pemberian vaksin, waktu pemberian vaksin, dan cara tepat pemberian vaksin menurut jenis dan fungsinya.

 

  1. Ketepatan pemberian vaksin

Pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntik, tetes mata atau hidung serta dengan cara memberikan pada air minum ayam. Pemberian vaksin dapat dilakukan dengan cara menyemprot dengan alat semprot agar terhirup oleh ayam. Vaksin diberikan agar masuk ke dalam tubuh ayam. Jadi jika kondisi vaksin tersebut rusak maka tindakan vaksinasi adalah sia-sia. Paling parah lagi ayam tidak kebal malah akan menjadi pembawa penyakit baru dan bahkan mati. Jadi pastikan kondisi vaksi dalam keadaan steril dan masih baik.

 

  1. Waktu pemberian vaksin ayam
  • UMUR : 3 / 4 HARI ~ VAKSIN : ND / IB ~ TETES MATA
  • UMUR : 11 HARI ~ VAKSIN  : GUMBORO
  • UMUR : 18 HARI ~ VAKSIN  : ND / IB
  • UMUR : 24 HARI ~ VAKSIN   : GUMBORO
  • UMUR : 35 HARI ~VAKSIN : AI H5 - N9 ~ SUNTIK 1 DOSIS
  • UMUR : 39 HARI ~ VAKSIN  : ND / IB
  1. Cara Tepat memberikan vaksin

Pemberian vaksin diberikan setelah 2 jam diencerkan.

Penulis : Rahminawaty, SP

Penyuluh Pertanian Muda

WIBI : Desa Lalang Bata Kec. Buki

 

TERBARU
PROGRAM DIREKTORAT JENDERAL PRASARANA DAN SARAN PERTANIAN DIMASIFKAN PADA AGENDA NGOBRAS

program direktorat jenderal prasarana dan saran pertanian dimasifkan pada agenda ngobras

KEMENTAN MASIFKAN PROGRAM BADAN KARANTINA PERTANIAN TAHUN 2023 MELALUI PROGRAM MSPP

kementan masifkan program badan karantina pertanian tahun 2023 melalui program mspp

KEMENTAN MASIFKAN PROGRAM GENTA ORGANIK MELALUI TALKSHOW MSPP

kementan masifkan program genta organik melalui talkshow mspp

Kementan Masifkan Gerakan Genta Organik Melalui Rapat Koordinasi Penyuluhan Nasional Tahun 2023

kementan masifkan gerakan genta organik melalui rapat koordinasi penyuluhan nasional tahun 2023

DUKUNG PROGRAM GENTA ORGANIK, PENYULUH PERTANIAN KEMBANGKAN BERAS ORGANIK

dukung program genta organik, penyuluh pertanian kembangkan beras organik