Selasa, 13 Sep 2011

PELUANG DAN POTENSI PASAR KAMBING

PELUANG DAN POTENSI PASAR KAMBING
Kambing mempunyai peluang dan potensi pasar yang bagus, karena untuk memenuhi kebutuhan daging di dalam negeri bahkan di ekspor.
Kambing merupakan ternak yang memiliki sifat toleransi yang tinggi terhadap bermacam-macam pakan hijauan serta mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap berbagai lingkungan. Pengembangan kambing mempunyai prospek yang baik karena disamping untuk memenuhi kebutuhan daging di dalam negeri, kambing juga memiliki peluang sebagai komoditas ekspor.

Budidaya kambing saat ini berbasis pada peternakan rakyat yang berciri skala usaha kecil, manajemen sederhana, pemanfaatan teknologi seadanya, lokasi tidak terkonsentrasi dan belum menerapkan sisitem usaha agribisnis. Sebaiknya pengembangan usaha budidaya kambing diarahkan pada suatu kawasan, baik kawasan khusus maupun terintegrasi dengan komoditi lainnya serta terkonsentrasi disuatu wilayah.
Adapun istilah pemasaran adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan penyaluran barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat konsumen pada waktu yang tepat, sehingga terjadi pemilikan barang tersebut. Pada umumnya kambing sangat mudah dipasarkan baik dalam bentuk karkas maupun dalam bentuk hidup, sehingga dapat memberikan peluang dan potensi pasar kambing di seluruh Indonesia bahkan juga mempunyai peluang untuk di ekspor.

Karkas kambing adalah bagian tubuh dari kambing yang telah disembelih secara halal sesuai dengan syariat agama. Telah dikuliti, dikeluarkan jerohan, dipisahkan antara kepala dan kaki dari tarsusu/karpus ke bawah, organ reproduksi, ambing, ekor serta lemak yang berlebihan. Sedangkan daging adalah bagian otot skerotal dari karkas kambing yang aman, layak dan lazim di konsumsi oleh manusia.
Pengiriman kambing hidup yang akan dipasarkan/dipotong harus diangkut dengan alat traspotasi khusus sehingga ternak tersebut tetap sehat selama perjalanan. Minimal satu bulan terakhir sebelum dipasarkan/dipotong, penggunaan antibiotik diharapkan memperhatikan waktu henti penggunaan obat.
Secara teori, dengan banyaknya permintaan daging kambing sehingga harga kambing akan makin baik dan mempunyai harga jual yang tinggi . Disamping itu, makin banyaknya permintaan daging kambing akan mendorong harga kambing hidup menjadi lebih baik. Di sisi lain, peternak kambing diharapkan bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi dengan pemasaran kambing hasil budidayanya.

Dari uraian tersebut diatas kambing mempunyai peluang dan potensi pasar yang baik. Peluang pasar kambing, antara lain : (1) Pangsa pasar kambing terbuka lebar (lokal, domestik, ekspor); (2) Cita rasa daging kambing sangat spesifik; (3) Dengan potensi lahan pakan cukup memadai mempunyai peluang untu pengembangan populasi lebih besar. Sedangkan potensi pasar kambing, antara lain : (1) Meningkatnya pertambahan penduduk, maka permintaan daging kian meningkat setiap tahun; (2) Meningkatnya daya beli, sehingga kebutuhan daging meningkat; (3) Terjadinya perubahan dalam pola konsumsi dan peningkatan dalam kesadaran gizi masyarakat.
Berkembangnya usaha ternak kambing secara luas, maka diharapkan kebutuhan daging di dalam negeri akan terpenuhi dengan baik sehingga pemenuhan gizi masyarakat Indonesia dapat terpenuhi dan dapat mendorong pertumbuhan serta dapat meningkatkan kecerdaskan masyakat/penduduk Indonesia.
Dengan adanya peluang dan potensi pasar kambing yang baik, maka disamping pemasaran kambing di dalam negeri juga mempunyai pasar luar negeri, antara lain : Malaysia. Untuk memenuhi pangsa pasar tersebut, maka diharapkan para peternak kambing lebih bersemangat dalam membudidayakannya secara intensif.
Saat ini, Malaysia adalah merupakan pasar yang banyak dibidik dalam penjualan kambing etawa secara on line. Karena pasar disana mulai berkembang dan kelihatannya perhatian dari pemerintah Malaysia sangat bagus melalui beberapa bank, mereka memberikan kredit kepada para peternak Pemula di Malaysia.

Penulis : Sri Hartati (Pusat Penyuluhan Pertanian )


TERBARU
PROGRAM DIREKTORAT JENDERAL PRASARANA DAN SARAN PERTANIAN DIMASIFKAN PADA AGENDA NGOBRAS

program direktorat jenderal prasarana dan saran pertanian dimasifkan pada agenda ngobras

KEMENTAN MASIFKAN PROGRAM BADAN KARANTINA PERTANIAN TAHUN 2023 MELALUI PROGRAM MSPP

kementan masifkan program badan karantina pertanian tahun 2023 melalui program mspp

KEMENTAN MASIFKAN PROGRAM GENTA ORGANIK MELALUI TALKSHOW MSPP

kementan masifkan program genta organik melalui talkshow mspp

Kementan Masifkan Gerakan Genta Organik Melalui Rapat Koordinasi Penyuluhan Nasional Tahun 2023

kementan masifkan gerakan genta organik melalui rapat koordinasi penyuluhan nasional tahun 2023

DUKUNG PROGRAM GENTA ORGANIK, PENYULUH PERTANIAN KEMBANGKAN BERAS ORGANIK

dukung program genta organik, penyuluh pertanian kembangkan beras organik