Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Aplikasi e-Evaluation

Sumber Gambar: google

Seiring dengan perkembangan teknologi serta semakin meningkatnya arus informasi maka diperlukan pengembangan sistem evaluasi dan pelaporan terhadap capaian pelaksanaan kegiatan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dengan landasan hukum: Inpres No.3/2003 tentang e-Government, yang mewajibkan seluruh instansi pemerintah untuk memanfaatkan TIK dalam melaksankan pelayanannya baik kepada masyarakat (G2C) maupun kepada sesama instansi pemerintah (G2G); dan Undang-Undang No.11/2008 tentang ITE, untuk memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh aktifitas pemanfaatan TIK; serta Undang-Undang 8No.14/2008 tentang KIP, yang mengatur hak-hak masyarakat untuk memperoleh informasi.

Dengan dasar tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah membangun sebuah program aplikasi evaluasi dan pelaporan yang dikenal dengan Program aplikasi e-evaluation, mengingat kegiatan evaluasi dan pelaporan mempunyai peran strategis dalam proses perumusan kebijakan dan perencanaan operasional pelaksanaan Program BPPSDMP secara Nasional mulai dari Pusat sampai dengan tingkat lapangan.

Oleh karena itu, aplikasi e-Evaluation ini adalah suatu program aplikasi yang digunakan untuk memproses secara cepat dan tepat kegiatan penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan yang dilakukan di unit kerja lingkup BPPSDMP untuk memenuhi kebutuhan terhadap informasi pencapaian pelaksanaan kegiatan evaluasi dan pelaporan program kegiatan sehingga dapat diperoleh data dan informasi yang akurat dan tepat waktu. Program aplikasi ini terdiri dari 2 (dua) modul, yaitu modul DeskTop dan modul Web Base. Pada modul DeskTop pengguna dapat berinteraksi dengan file yang dihasilkan oleh aplikasi RKAKL dan aplikasi SAI, yang bertujuan untuk mengurangi kesalahan ketik dan memudahkan bagi pengguna dengan mentransfer data RKAKL dan SAI.

Program aplikasi ini dibuat untuk membantu petugas pembuat laporan dalam menyajikan laporan yang sesuai dengan kebutuhan, baik internal Satker maupun pada tingkat yang lebih tinggi. Pengguna aplikasi ini adalah Admin pengelola Satker Pusat dan Dana Dekonsetrasi Lingkup BPPSDMP yang dilakukan setiap bulan.

Aplikasi e-Evaluation diharapkan dapat memperoleh data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

?
Alamat modul Webbase ada pada Website e-Evaluation
http://eval.bppsdmp.deptan.go.id

Adapun menu laporan yang dapat kita lihat pada Aplikasi e-Evaluation, adalah sebagai berikut:
1. Realisasi Sub Output / Satker, yaitu laporan perkembangan keuangan dan fisik per Sub Output per Satker
2. Realisasi Output/Satker, yaitu laporan perkembangan keuangan dan fisik per output per Satker
3. Realisasi per Kegiatan, yaitu laporan perkembangan keuangan kegiatan utama
4. Belanja / MAK, yaitu laporan target dan realisasi per jenis belanja (MAK)
5. Realisasi Satker menurut Kewenangan, yaitu laporan perkembangan keuangan per kewenangan
6. Realisasi Keuangan Eselon II Pusat, yaitu laporan tentang sebaran pagu anggaran per Eselon II
7. Realisasi per Satker yaitu laporan perkembangan keuangan Satker

Penulis : Donysupriyanto

Tanggal Artikel : 22-12-2014

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Lakip Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (lakip) (permen Pan & Rb Nomor 29 Tahun 2010)
  2. Persyaratan Menjadi Penyuluh Pertanian Swadaya.
  3. Teknis Menulis Berita
  4. Penyusunan Laporan Tahunan Pusat Penyuluhan Pertanian