Materi Penyuluhan >> Perkebunan >> Tanaman Rempah dan Penyegar >> Lada

SYARAT BIBIT SIAP TANAM PADA TANAMAN LADA

Sumber Gambar: BBP2TP

SYARAT BIBIT SIAP TANAM PADA TANAMAN LADA
Lada termasuk salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang berasal dari Kepulauan Maluku. Permintaan akan produk lada terus meningkat sebaliknya produksi dan mutu lada yang dihasilkan justru cenderung terus menurun. Untuk itu sangat diperlukan upaya-upaya dalam meningkatkan pengetahuan memproduksi komoditi lada.
Seleksi.bibit
Untuk mendapatkan tanaman yang sehat bibit perlu diseleksi. Beberapa kriteria yang digunakan untuk seleksi bibit lada adalah :
(1) Tinggi bibit minimal 60 cm (umur 1 tahun) dan 90 cm (umur 2 tahun). (2) Sehat (tidak terserang hama penyakit dan kekurangan hara). (3) Mempunyai akar tunggang yang lurus dan sehat dengan panjang ± 45 cm serta akar cabang 30-35 buah. (4) Mempunyai batang tunggal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat menyemai benih dan pemindahan bibit lada adalah:
• Sebelum penanaman dibuat lubang kecil berdiameter ± 0.8-1.0 cm, dengan jarak semai 5 x 5 cm
• Benih disemai dengan posisi bagian yang agak meruncing berada di atas kemudian ditutup tanah dengan ketebalan 1 cm. Posisi benih yang terbalik akan menyebabkan pertumbuhan kecambah terhambat dan akar menjadi bengkok.
• Untuk menjaga kelembaban yang tinggi pesemaian disiram 2 kali sehari (tergantung kondisicuaca). Penyiraman tidak boleh langsung agar tidak merubah posisi biji.
Untuk menahan percikan air siraman pesemaian ditutup dengan karung goni. Bila setelah 3 minggu benih masih tidak tumbuh, sebaiknya dibuang.
Pemeliharaan.bibit
Pemeliharaan yang perlu dilakukan di pembibitan antara lain :
• Penyiraman, dilakukan seperlunya dan diiusahakan agar tidak terlalu basah. Menggemburkan tanah di sekitar batang tanaman. Penggemburan dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak perakaran.
• Menjaga agar saluran pembuangan air disekitar pesemaian tetap baik ( air tidak sampai menggenang).
• Kerapatan naungan sebaiknya dikurangi secara bertahap menurut kebutuhan dan perkembangan umur bibit (50% pada umur 6 bulan dan 40% pada umur 10 bulan), untuk mencegah timbulnya penyakit (jelaga, bercak daun kuning kecoklatan, bercak daun merah coklat) dan memperkokoh pertumbuhan bibit
• Gulma yang tumbuh di pembibitan disiang bersih.
• Pemupukan diberikan setelah bibit berumur 3–4 bulan menggunakan pupuk NPK (15:15:15) dengan dosis 1 g/bibit dan pemupukan berikutnya 4 bulan sekali dengan dosis 2 g/bibit. Dapat juga ditambah dengan menyemprotkan pupuk daun dengan dosis 6-8 g/liter air setiap 2 minggu sekali.
• Pengendalian hama atau penyakit dilakukan apabila ada serangan.

Bogor, 04 – 11 - 2014
Sumber artikel dan gambar : Pedoman umum budidaya tanaman lada, BBP2TP
Ditulis kembali oleh : Kukuh Wahyu W (R) - BBP2TP
e-mail : widjajantokukuh@yahoo.com

Tanggal Artikel : 02-12-2014

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pembibitan Tanaman Lada
  2. Panen Dan Pasca Panen Lada
  3. Teknis Peremajaan Tanaman Lada
  4. Bertanam Lada Di Kebun Kelapa Sawit