Materi Penyuluhan >> Tanaman Pangan >> Umbi-Umbian >> Ubi Kayu >> Pengolahan Hasil

Pengembangan Pengolahan Tepung Cassava

Sumber Gambar:

Tepung cassava merupakan produk olahan singkong atau ubi kayu yang saat ini banyak dimanfaatkan dalam pengembangan produk kue.
Tepung cassava diharapkan dapat sejajar dengan tepung
terigu dalam pembuatan produk makanan, dan diharapkan dapat mengurangi
ketergantungan terhadap tepung terigu karena tanaman gandum sebagai penghasil tepung terigu tidak dapat diproduksi di Indonesia yang beriklim tropis.
Berbagai strategi juga telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pengembangan industri tepung ubi-ubian agar mampu dimanfaatkan sebagai pendamping dan pengganti tepung terigu, antara lain melalui berbagai lomba masak dan penelitian dalam konteks ketahanan pangan untuk mengangkat potensi pangan lokal. Tepung cassava merupakan salah satu tepung ubi-ubian potensi lokal yang patut dikembangkan.
Pengolahan singkong menjadi tepung cassava sangat mudah dilakukan oleh petani pemilik singkong atau bahkan oleh ibu rumah tangga. Pembuatan tepung cassava tidak membutuhkan peralatan yang rumit karena dapat dibuat dengan peralatan sederhana dan murah serta mudah dijumpai dilingkungan rumah tangga. Pengolahan singkong menjadi tepung cassava ini akan meningkatkan harga jual dan nilai tambah serta meningkatkan umur simpan.
Pembuatan Tepung Cassava
Tepung cassava merupakan produk lanjutan dari bahan singkong (ubi kayu) yang berbentuk tepung berwarna putih bersih. Tepung cassava dapat digunakan sebagai substitusi atau untuk mengurangi penggunaan tepung terigu karena mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi dibanding produk asalnya (singkong). Tepung cassava dapat diolah menjadi berbagai produk olahan misalnya mie ubi kayu, tiwul instan, aneka macam kue ubi kayu serta dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama asalkan dapat mempertahankan kandungan air dalam produk konstan ? 14 %.
Berikut ini adalah proses pembuatan tepung cassava
Bahan yang diperlukan ; Singkong, natrium meta bisulfit
Alat yang diperlukan; Parutan sawut (parutan yang berlubang), baskom, tampah, kain untuk menyaring.
Cara pembuatan:
Bila ingin memperoleh tepung cassava yang berkualitas baik dengan tingkat keputihan yang tinggi hasil penyawutan dapat direndam dengan larutan Natrium meta bisulfit 0,1 % selama 30 menit, kemudian diangkat dan dilakukan pengepresan seperti di atas.
Pembuatan tepung cassava juga dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Singkong segar (maksimal usia 3 hari setelah dipanen) dicuci, untuk membersihkan tanah dan kotoran yang menempel.
- Singkong yang telah dibersihkan kemudian dikupas dan direndam selama kurang lebih 15 menit.
- Selanjutnya lakukan pencucian ulang sebanyak tiga kali.
- Setelah itu singkong diparut atau dirajang untuk menghasilkan sawut basah.
- Sawut basah tersebut kemudian ditiriskan untuk menghilangkan sisa air yang berlebih.
- Selanjutnya sawut yang telah ditiriskan ditata dalam tampah dan dijemur atau dikeringkan dalam cabinet dryer sampai kering dan diperoleh sawut kering.
- Sawut kering yang dihasilkan kemudian digiling dan disaring sehingga menghasilkan tepung cassava dengan mesh atau tingkat kelembutan yang diinginkan.

Ruslia Atmaja, ppmkp/bppsdmp
Sumber : http://agri-tani.blogspot.com/2012/ www.wikipedia/ketela pohon

Tanggal Artikel : 02-09-2014

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Membuat Aneka Tepung Berbahan Ubikayu
  2. Pengolahan Tepung Kasava Terfermentasi (tepung Mocaf)
  3. Pengolahan Tepung Tapioka
  4. Pengolahan Produk Mi Dari Tepung Mocaf