Materi Penyuluhan >> Hortikultura >> Tanaman Buah

Hama Pada Tanaman Sirsak

Sumber Gambar:
1. Ulat atau Larva penggerek buah (Ordo: Diptera, Lepidoptera, Coleoptera, dan Sikada) yang dapat menyebabkan buah berulat dan rontok.
  a. Gejala serangan
      Pada permukaan kulit buah terdapat bercak coklat sampai hitam; terkadang tampak tepung gerekan yang membalut buah dan getah cairan meleleh bergantungan. Apabila buah dibuka terdapat larva atau belatung.
  b. Pengendalian
    Dengan sanitasi kebun, pembungkusan buah muda, dan penyemprotan pestisida yang tepat.
2. Ulat Carea subtilis F. atau C. angulata. yang disebut ulat bagong,
   berwarna hijau mengkilap, dada besar dan bulat menutupi kepala. Umumya mencapai 15-25 hari, ngengat hidup sekitar 2 minggu dan bertelur mencapai 800 butir.
  a. Gejala serangan
    Daun-daun muda ataupun daun tua robek bagian tepinya dan jika serangan berat daun bisa habis.
  b. Pengendalian
    Secara fisik dengan memungut ulat dan dibunuh atau penggunaan pestisida Matador 25 EC, Thiodan 35 EC dengan konsentrasi 2 - 3 cc/ liter air.

3. Penggerek buah (Heterographis sp.) yang menyerang dengan cara melubangi buah hingga bagian empulur dan meninggalkan bekas busuk hitam basah sehingga menumnkan kualitas buah.

4. Penusuk buah (Cerconata sp.), yakni ngengat yang menyerang dengan menusuk buah bagian permukaan dan menyebabkan timbulnya bintik-bintik hifam bekas tusukan pada kulit buah.

5. Kutu daun putih (Pseudo lepelleyi) yang sering terdapat pada pangkal daun, buah, bunga, dan permukaan daun bagian bawah. Hama ini dapat menyebabkan daun dan buah gugur.
Pengendalian:
Dengan penyemprotan Insektisida Orthene 75 SP, Sevin 85 S dengan konsentrasi 2-3 cc/liter air.

6. Ulat keket (Meganoton rufescens BTL) dan ulat kepala besar (Papilio agamemmon L.) yang menyerang dengan memakan daun-daun muda, namun serangannya tidak begitu membahayakan.

Sumber : Ir. Juhaeni Radi, Sirsak Budidaya dan Pemanfaatannya, Bandung, 1996.

 

Tanggal Artikel : 13-02-2012

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Mengenal Tanaman Sirsak
  2. Cara Panen Buah Sirsak
  3. Pemeliharaan Tanaman Sirsak
  4. Pemupukan Padatanaman Sirsak