Materi Penyuluhan >> Hortikultura >> Tanaman Buah >> Nanas

Teknologi Pengolahan Dodol Nanas

Sumber Gambar: http://www.google.co.id
Tingkat pendidikan rendah, pekerjaan kasar dengan upah rendah dan usia perkawinan dini merupakan fenomena yang sering dijumpai di pedesaan. Upaya memberdayakan wanita tani di pedesaan dengan penerapan inovasi teknologi sederhana telah dicoba oleh BPTP NTB di Desa Lendang Nangka.

Desa Lendang Nangka merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan sentra penghasil nanas di Lombok Timur. Berdasarkan data statistik (2008) luas lahan penanaman nanas 16.150.000 ha dengan produksi 10.328 ton. Nanas tersedia sepanjang tahun dengan harga berfluktuasi. Pekerjaan wanita tani di desa tersebut sebagai ibu rumah tangga, buruh tani dengan upah kecil dan hanya sebagian kecil yang bekerja sebagai PNS.

Pemberdayaan wanita tani melalui usaha pembuatan dodol nanas diharapkan dapat meningkatkan pendapatan wanita tani miskin. Teknologi pengolahan dodol nanas dirancang sangat sederhana, membutuhkan modal kecil, alat pendukung yang selalu ada di setiap dapur rumah tangga dan mudah dalam pengerjaannya. Daya simpan dodol nanas mencapai 1-2 bulan sehingga beresiko kecil bagi produsen pemula yang bermodal kecil. Peluang pasar masih cukup terbuka karena divesifikasi produk olahan di Pulau Lombok masih sangat terbatas dan selama ini ketersediaan makanan olahan di pasar besar masih diimpor dari Pulau Jawa. Berdasarkan data industri (2005) potensi permintaan dodol nanas di Lombok Timur sebesar 16.380 kg/bulan, namun hanya dapat dipenuhi 9.009 kg.

Kegiatan ini telah berdampak pada : (1) penyerapan tenaga kerja wanita (10 pekerja tetap wanita, sebelumnya kegiatan ini tidak ada di desa tersebut), (2) kegiatan pembuatan dodol nanas telah menjadi usaha utama (3) produksi rata-rata 900 kemasan kotak mika per bulan dengan B/C ratio 0,41; dan pendapatan bersih Rp.14.058.972,- per tahun. Daerah pemasaran telah menjangkau Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur. Tempat penjualan dapat ditemukan di kios-kios, pelabuhan dan supermarket di pulau Lombok. Introduksi inovasi teknologi pembuatan dodol nanas terbukti telah berkembang di Desa Kembang Kuning dan Masbagik Utara, dan memberikan nilai tambah secara ekonomi.


Sumber : Uliyatun Fitrotin, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Barat. 100 inovasi pertanian spesifik lokasi

Tanggal Artikel : 11-01-2012

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Manfaat Buah Nenas Bagi Kesehatan
  2. Hama Penyakit Tanaman Nanas (ananas Comosus)
  3. Mendulang Untung Nanas Apau Kayan Di Wilayah Perbatasan
  4. Budidaya Nanas Bisa Dilakukan Di Lahan Gambut