Materi Penyuluhan >> Tanaman Pangan >> Serealia >> Kedelai >> Varietas

Penampakan Fisik Tanaman Kedele Dan Gejala Kekurangan/Kelebihan Unsur Hara Mangan, Boron Dan Aluminium Dalam Tanah

Sumber Gambar: http://www.google.co.id
Kekurangan atau kelebihan unsur hara dalam tanah dapat mengganggu pertumbuhan kedele. Beberapa unsur hara yang penting berupa kalium dan kasium dapat mempengaruhi pertumbuhan kedele apabila ketersediaannya dalam tanah tidak seimbang.

1. Keracunan mangan
Mangan diperlukan tanaman hanya dalam jumlah kecil. Mangan berperan dalam metabolisme nitrogen, respirasi, dan sintesa klorofil. Ada hubungan erat antara mangan dan besi, karena itu keseimbangan antara kedua unsur ini mutlak diperlukan agar dapat berperan secara optimal.
Gejala keracunan mangan tampak pada daun tua, dimulai dengan terbentuknya noda-noda coklat kehitaman di sepanjang tulang daun.
Tanah ber-pH rendah pada umumnya berkadar mangan tinggi. Keadaan ini dapat diperbaiki dengan pemberian bahan organik dan kapur.

2. Boron
boron diperlukan untuk pembelahan sel, perkecambahan tepung sari, pembentukan bunga, akar, dan pengangkutan zat dalam tanah.
kekurangan boron mulai tampak dari puncuk. daun pucuk menjadi kecil-kecil, tebal dan diikuti oleh mati pucuk. Kekurangan boron dapat diatasi dengan pemupukan boraks. sedangkan kelebihan boron akan tampak pada daun tua yang ditandai dengan bercak-bercak nekrosis pada daun, dimulai dari ujung dan tepi daun berupa klorosis yang kemudian menjalar ke arah tukang daun utama. Pada ujung dan tepi daun kemudian timbul nekrosis, akhirnya seluruh daun menguning dan gugur sebelum waktunya.Akar-akar menjadi rusak dan mati.Keracunan boron dapat terjadi karena kemasaman tanah netral atau alkali, tanah yang diairi air irigasi berkadar boron tinggi, atau pemupukan boron yang berlebihan.

3. Aluminium
Adanya aluminium yang berlebihan pada tanah masam, menyebabkan tanaman kedele terganggu dan hasilnya rendah.
Gejala awal keracunan aluminium biasanya tampak pada akar. Akar mengalami perubahan warna, pencabangan akar tidak normal, pendek, dan akhirnya akar berhenti tumbuh. Gejala ini terlihat sebelum tampak bercak-bercak klorosis di antara tulang daun dan daun muda. Tulang daun tetap berwarna hijau. Pada gejala yang lebih parah tanaman menjadi kerdil dan daun berbentuk seperti mangkuk.
Keracunan aluminium dapat diatasi atau dihindarkan dengan menaikkan pH tanah sampai batas normal dan mengurangi aluminium bebas di dalam tanah melalui pengapuran dan pemupukan dengan bahan organik sebelum tanam.

sumber: Badan Pendidikan dan Latihan Pertanian. 1991. Budidaya dan Pengolahan Hasil Kedele. Jakarta: Departemen Pertanian

 


Tanggal Artikel : 10-11-2011

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Keledai Varietas Datam 1
  2. Keledai Varietas Datam 2
  3. Keledai Varietas Gema
  4. Kedelai Varietas Tanggamus