Materi Penyuluhan >> Tanaman Pangan >> Padi >> Padi Gogo >> Budidaya

Penanaman Padi Gogo

Sumber Gambar:
Disarankan kepada para petani yang mengusahakan padi gogo sebaiknya menanam padi gogo dalam satu areal musim tanam lebih dari tiga varietas pada bedeng yang berbeda, hal ini dimaksudkan antara lain supaya menghindari serangan hama penyakit dalam satu varietas padi, karena setiap varietas padi gogo mempunyai ketahanan terhadap hama penyakit yang berbeda-beda, dengan menanam lebih dari satu varietas maka diharapkan bila terjadi serangan hama penyakit pada varietas yang satu maka varietas yang lainnya masih memberikan hasil.

Pertanaman padi gogo dengan system mozaik varietas akan mengurangi terjadinya penyakit blas. System penanaman secara mozaik varietas juga dapat diterapkan pada pertanaman tumpangsari antara padi gogo dengan tanaman keras misalnya tanaman perkebunan atau hutan tanaman industri muda. Hanya perlu diperhatikan tumpangsari padi gogo dengan tanaman keras atau hutan industri jangan sampai kebutuhan akan air dan sinar matahari yang dibutuhkan padi gogo tidak terpenuhi, pada umumnya padi gogo di tumpangsari dengan tanaman tahunan atau tanaman hutan industri muda sampai umurnya 2-3 tahun.

Penanaman tanaman padi gogo dapat dimulai bila curah hujan sudah cukup stabil atau telah mencapai lebih kurang 60 mm per 10 hari/dekade umumnya keadaan ini dapat tercapai pada bulan akhir oktober sampai akhir nopember (kasus pulau Jawa dan Lampung). Yang menjadi patokan lain untuk mulainya menanam padi gogo adalah bila sudah ada penerbangan binatang laron/siraru, pohon bambu sudah mulai bertunas, tumbuhan gadung sudah mulai keluar bunga pada salurnya, atau tanda-tanda lain yang biasa digunakan petani sebagai patokan dimulai musim tanam padi gogo sesuai dengan kebiasaan yang berlaku di daerah setempat yang menandakan bila terjadi itu dalam waktu singkat akan turun hujan yang berguna bagi pertumbuhan tanaman padi gogo, karena setiap daerah tentunya mempunyai tanda-tanda akan turun hujan yang berbeda-beda.

Untuk daerah tertentu biasa juga dilakukan penanaman padi gogo dengan system awu-awu yaitu benih padi gogo ditanam pada kondisi tanah masih kering, cara tanamnya dengan menggunakan alat bantu tugal, dimana tugal tersebut pada ujungnya dibuat lancip untuk membuat lobang pada tanah kemudian benih padi gogo dimasukkan ke dalam lobang tersebut dengan kedalaman lebih kurang 5 cm, hal ini dimaksudkan untuk menghindari binatang seperti semut dll, selanjutnya lobang yang telah diisi benih padi gogo ditutup dan dibiarkan seperti menyimpan benih di dalam tanah. Selanjutnya bila hujan tiba secara kontinyu benih padi gogo akan tumbuh dan tumbuhnya benih padi gogo lebih dahulu disbanding benih gulma ataupun bersamaan tumbuhnya dengan gulma.

Keuntungan dengan cara penanaman ini maka persaingan antara padi gogo dengan rumput/gulma relative lebih ringan bila dibandingkan dengan tanaman padi gogo yang ditanam setelah turun hujan, hal ini karena padi gogo yang ditanam secara awu-awu akan lebih dulu tumbuh dibanding rumbut atau gulma, sedangkan penanaman padi gogo setelah turun hujan maka rumput atau gulma segera tumbuh baru padi gogo menyusul tumbuhnya. Keuntungan lain dari cara menanam awu-awu adalah pelaksanaan penanaman dapat dilakukan untuk daerah yang luas karena waktu mulai turunnya hujan masih lama.

Penanaman untuk padi gogo sebaiknya menggunakan system tanam jajar legowo dengan jarak tanam 30 x 20 x 10 cm dan tiap lobang sebanyak 4-5 butir. Sebaiknya untuk mendapatkan pertanaman yang teratur menggunakan caplak seperti pada pertanaman padi sawah, dengan jarak itu diharapkan populasi padi gogo menapai 400 ribu rumpun per hektar. Bila keadaan lahan tidak datar sebaiknya pengaturan barisan tanaman harus memotong lereng, agar erosi yang diakibatkan air hujan terhindarkan.

Oleh: Dr.H.Ibrahim Saragih/Penyuluh Pertanian Pusat
Sumber : Badan Litbang, 2008, Padi Gogo, Deptan

Tanggal Artikel : 28-01-2011

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Budidaya Padi Way Apo Buru
  2. Pengolahan Lahan Untuk Budidaya Padi Gogo
  3. Daerah Yang Cocok Untuk Pengembangan Padi Gogo
  4. Pengolahan Tanah Untuk Tanaman Padi Gogo