Materi Penyuluhan >> Peternakan >> Sapi Potong >> Panen dan Pasca Panen

ANEKA MAKANAN HASIL OLAHAN DAGING SAPI BALI

Sumber Gambar:
Daging termasuk jenis bahan pangan yang mudah rusak atau busuk, sehingga memerlukan upaya untuk memperpanjang daya tahan, daya simpan dan memperbesar daya guna daging tanpa mengurangi nilai gizi makanan. Selain hal tersebut pengolahan juga memungkinkan penganekaragaman jenis makanan berbahan daging yang mempermudah penyajian, memperluas wilayah perdangan, sebagai cadangan bahan makanan, penyerapan tenaga kerja dan memperoleh nilai tambah dari bahan makanan dagimg sapi. Berbagai hasil pengolahan daging sapi antara lain adalah : abon daging sapi, dendeng sapi, sosis daging sapi, daging sapi asap.
1. Pengolahan abon daging sapi:
Bahan yang digunakan 1 kg daging sapi, santan kelapa dari ½ butir kelapa, minyak kelapa secukupnya. Sedangkan bumbu yang digunakan adalah 50 gr bawang merah (7buah besar;besar), 10 gr (2 siung besar) bawang putih, kemiri 50 gr (10 biji), gula merah/jawa 200 gr, garam dan bumbu penyedap secukupnya.
Cara membuatnya : daging direbus sampai empuk dan habis airnya, kemudian ditumbuk/dipukul-pukul dan diurai (disuwir-suwir), bumbu digiling halus kemudian dicampur dengan daging yang telah disuwir tadi, tuangkan santan kedalamnya dan direbus dengan api kecil sambil diaduk-aduk sehingga santannya habis/menyatu. Kemudian daging ditumbuk lagi hingga halus dan apabila sudah halus digoreng dengan minyak kelapa panas dan diaduk-aduk dengan cepat hingga kering. Setelah benar-benar daging kering selanjutnya dan dipress untuk mengeluarkan minyaknya, kemudian biarkan sampai dingin dan akhirnya dimasukkan ke dalam kantong plastik.
2. Dendeng daging sapi :
Bahan yang digunakan 1 kg daging sapi sedangkan bumbu yang dipergunakan : ¼ kg gula merah/jawa, 10 gr (1/2 sendok makan), 15 gr (1 sendok makan) garam, 8 gr (1/4 sendok makan) merica/lada, 2 sendok makan air asam, 25 gr (3-4 buah besar), 10 gr (2 siung besar) dan sendawa/salpeter 10 gr (1 sendok teh).
Cara membuatnya : daging diiris tipis, semua bumbu ditumbuk dan digiling sampai halus. Kemudian dicampurkan dengan daging yang telah diiris-iris tipis, tambahkan sendawa. Aduk-aduk sambil diremas agar bumbu meresap kedalam daging dan diamkan selama 12 jam agar bumbu meresap kedalam daging. Setelah meresap daging diatur diatas nyiru sedemikian rupa, tidak saling tumpuk dan dijemur sambil sering dibolak-balik sampai kering selama kurang lebih 4 hari. Setelah kering dendeng dikemas didalam plastik.
3. Pengolahan sosis daging sapi,
Bahan yang digunakan 1 kg daging sapi bagian dada atau paha, sedangkan bumbu yang digunakan 15 gr (1 sendok makan) garam, 2 gr (seujung sendok teh) merica/lada, 2gr (1/2 siung yang besar) bawang putih, 2 gr (1/2 sendok teh) gula pasir, bumbu penyedap secukupnya dan 100 gr es curah. Pembungkus ; terbuat dari bahan natural protein atau dengan pembungkus dari usus.
Cara membuatnya : daging dilayukan selama 24 jam didalam chiller 0-5°C, setelah itu dimasukkan dalam freezer selama 24 jam. Kemudian daging dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan ke bdalam mesin pengisi sosis. Setelah diisi sekaligus diikat sepanjang ± 20 cm atau menurut selera. Sosis kemudian dimasak selama1/4 jam dengan temperatur 60°C, setelah masak sosis ditiriskan dengan cara digantung. Setelah ditiris sosis diasap selama 20 menit pada temperatur 50 °C dan selesai diasap sosis digantung dan disiram air dingin, kemudian ditiriskan dan didinginkan sehingga sosis siap dikemas.
4. Pengolahan daging sapi asap:
Bahan yang digunakan ¼ kg daging sapi, ± 50 gram air, sedangkan bumbu yang diperlukan 500 gr sendawa dan 20 gr garam.
Cara membuatnya : daging sapi dicuci dan dibersihkan lemaknya, kemudian direndam dalam larutan garam 5% ditambah sendawa dan disimpan dikamar pendingin selama 1 bulan pada temperatur 0-3 °C. Setelah cukup waktunya daging ditiriskan (digantung). Apabila daging telah ditiris, mulai diasap diruang khusus dengan temperatur 40-50°C selama 3-5 hari. Apabila daging terasa padat dengan warna kuning kecoklat-coklatan maka daging asap siap dikemas. Biasanya daging sapi asap dipotong-potong dan dikemas dalam kemasan khusus dari plastik ukuran ¼ kg. Selamat mencoba dan memberikan penganekaragaman bahan makanan keluarga.
Ditulis kembali oleh : siti hafsah husas (pp pusbangluh),
Sumber : Pengolahan Hasil Peternakan, Direktorat Bina Usahatani dan Pengolahan Hasil, Direktorat Jenderal Peternakan. 1999 .

Tanggal Artikel : 27-01-2011

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Meningkatkan Nilai Tambah Daging Melalui Pengawetan
  2. Pra Panen/panen Dan Pasca Panen Sapi Bali
  3. Penanganan Daging Sapi Bali Yang Baik
  4. Penanganan Pasca Panen Sapi Aceh