Materi Penyuluhan >> Peternakan >> Sapi Potong >> Pakan

Fermentasi Ampas Tebu untuk Pakan Ternak

Sumber Gambar: https://steemit.com/indo-stem/@abuz/fermentasi-ampas-tebu-untuk-pakan-hewan-tern

Ampas tebu merupakan Iimbah pabrik gula yang merupakan salah satu limbah organik yang ramah lingkungan, tidak merusak lingkungan maupun memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Ampas tebu tersebut diperoleh dari proses pembuatan gula. Dalam proses tersebut, batang tebu diekstrak untuk menghasilkan nira dengan menggunakan mesin pemeras (mesin press). Dalam proses pembuatan gula tersebut, akan menghasilkan gula sebanyak 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air. Pada umumnya ampas tebu tersebut dibakar atau dibuang sebagai sampah yang tak terpakai lagi, padahal masih dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
Manfaat ampas tebu sebagai pakan ternak
Ampas tebu dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia, karena mikro organisme dalam pencernaan ternak ruminansia mempunyai kemampuan untuk memfermentasi serat kasar sebagai sumber energi. Ampas tebu tersebut dapat untuk menggantikan sebagian hijauan pakan ternak, namun sampai saat ini belum banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak, hal ini mungkin karena ampas tebu memiliki serat kasar dengan kandungan lignin sangat tinggi (19.7%) dengan kadar protein kasar rendah (28%). Namun demikian, ampas tebu ini sangat memiliki potensi untuk dijadikan bahan dalam pembuatan pakan ternak melalui fermentasi. Bila ditinjau dari kandungan gizinya, ampas tebu belum memenuhi persyaratan untuk mencukupi kebutuhan hidup pokok ternak, sehingga masih harus ditambah dengan pakan suplemen.
Fermentasi ampas tebu untuk pakan ternak
Fermentasi merupakan suatu proses produksi energi dalam sel tanpa oksigen. Fermentasi dapat dilakukan dengan menggunakan probiotik, yaitu mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Pembuatan probiotik harus melalui fermentasi terlebih dahulu, hal ini diperlukan agar ternak yang memakan pakan yang mengandung probiotik ini bisa lebih mudah untuk mencernanya dan juga lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung pada pakan tersebut dan diharapkan nantinya ternak akan tumbuh lebih sehat, segar, dan memiliki tubuh yang padat berisi. Melalui fermentasi menggunakan probiotik, kualitas dan tingkat kecernaan ampas tebu akan lebih baik sehingga dapat digunakan sebagai bahan pakan.
Cara Fermentasi Ampas Tebu Untuk Pakan Ternak
Secara umum, tahapan fermentasi ampas tebu sama dengan fermentasi jerami, namun perlu ditambahkan beberapa bahan untuk melengkapi kebutuhan mineral yang diperlukan dalam bahan pakan tersebut. Bahan yang dibutuhkan dalam fermentasi adalah, ampas tebu, pupuk urea, pupuk TSP, pupuk ZA dan probiotik, sedangkan alat yang diperlukan adalah pengaduk dan cangkul.
Bahan dan dosis yang perlu dicampurkan untuk fermentasi ampas tebu antara lain :
untuk setiap 10 ton ampas tebu diperlukan 10 kg probiotik Starbio, 10 kg pupuk Urea, 2 kg pupuk TSP atau SP36, 2 kg pupuk ZA. Urea berfungsi untuk meningkatkan kadar protein ampas tebu. Pada proses fermentasi ampas tebu, probiotik starbio diperlukan untuk mengurangi lignin dan selulosa serat kasar ampas tebu sehingga ternak yang memakan pakan tersebut mudah mencernanya. Pupuk TSP atau SP 36 sebagai sumber phosphor. Pupuk ZA sebagai sumber Sulfur. Nitrogen berfungsi untuk merangsang mikroba pengurai pada starbio sehingga menjadi lebih aktif. Dengan diolah kembali melalui fermentasi menggunakan probiotik akan menjadi pakan ternak yang berkualitas tinggi dan menjadikan hewan lebih sehat.
Dengan demikian maka ampas tebu yang selama ini merupakan limbah pabrik pembuatan gula menjadi sesuatu yang bernilai tambah jika diolah dan difermentasikan untuk pakan hewan ternak. Dengan diolah kembali melalui fermentasi menggunakan probiotik akan menjadi pakan ternak yang berkualitas tinggi dan menjadikan hewan lebih sehat. (Sri Wijiastuti, Penyuluh Pertanian pada Pusat Penyuluhan Pertanian).
Sumber :
1. https://steemit.com/indo-stem/@abuz/fermentasi-ampas-tebu-untuk-pakan-hewan-ternak
2. https://anekaplanta.wordpress.com/2008/01/08/fermentasi-ampas-tebu-untuk-pakan-ternak/
3. https://manfaat.co.id/manfaat-limbah-tebu

Tanggal Artikel : 06-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pakan Ternak Berbahan Dasar Limbah Tebu
  2. Pakan Sapi Frisian Holstein (fh) Jantan
  3. Pakan Sapi Peranakan Simmental
  4. Pakan Sapi Potong Peranakan Ongole Yang Baik