Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

10 Kompetensi Soft Skill ASN di Era 4.0

Sumber Gambar: google.com

Dalam menyongsong era industri 4.0, banyak sekali tantangan yang dihadapi dan membutuhkan kesiapan ASN sebagai penggerak utama tata kelola birokrasi pemerintah. Sebagai aparatur sipil negara (ASN), kita harus siap mengabdi kepada negara dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Apalagi, di era milenial ini ASN harus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang begitu cepat.

Peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci untuk memenangkan kompetisi di tengah era persaingan global saat ini terutama dalam menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0. Pembangunan SDM harus terus dilakukan untuk mencapai kualitas dan kompeten tinggi. Tidak hanya dari aspek keilmuan semata, saat ini lebih diutamakan penguasaan keterampilan dan attitude dalam bekerja.

Setidaknya saat ini ASN harus memiliki 10 kompetensi soft skill (nonteknis) dalam menghadapi perubahan lingkungan yang disebabkan oleh revolusi industri 4.0 (sistem teknologi digital), yakni :
1. Memiliki meliputi kemampuan memecahkan masalah kompleks;
2. Berpikir kritis;
3. Kreatif;
4. Mampu melakukan fungsi manajemen dengan baik;
5. Memiliki kemampuan berkoordinasi
6. Memiliki kecerdasan emosional;
7. Memiliki keterampilan dalam hal memberikan penilaian dan membuat keputusan;
8. Berorientasi pelayanan;
9. Memiliki kemampuan negosiasi;
10. Memiliki kemampuan fleksibilitas kognitif (kemampuan individu dalam berpikir yang diikuti dengan tindakan yang sesuai dengan situasi yang dihadapi).

Era industri 4.0 akan banyak penggunaan digital, jika penyelenggara negara tidak tanggap teknologi maka dapat tertinggal dengan negara lain. Era revolusi industri yang ke-empat pun menuntut ASN untuk dapat menguasai bahasa asing, agar SDM Indonesia dapat berkompetitif dengan negara lainnya. Saat ini kita tidak bisa lagi bekerja secara normatif semata, namun diharapkan dapat membuat sistem pelayanan publik yang transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi (hp) dalam genggaman semua sudah beres. Perubahan yang seperti ini tidak bisa dihalangi, jika tidak diantisipasi dengan meningkatkan kemampuan, bukan tidak mungkin semua peran diambil robot. Perubahan terjadi dalam waktu yang sangat cepat, sekarang tidak perlu datang langsung, cukup dengan handphone

Peningkatan kemampuan dan kapabilitas ASN dapat dilakukan melalui berbagai pendidikan dan pelatihan. Kemajuan teknologi yang pesat di era 4.0 hendaknya diikuti pula oleh kemauan dan kemampuan untuk memanfaatkan serta mengikuti perkembangan teknologi yang ada. (Nurlaily).

Sumber :
https://nusantaranews.co/kunci-sukses-di-era-revolusi-industri-4-0-versi-kemenperin/
https://www.publikreport.com/sambut-era-industri-4-0-asn-harus-tingkatkan-kompetensi/

Tanggal Artikel : 04-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Story Telling, Konten Kreatif Untuk Media Sosial
  2. Sistem Penyimpanan Arsip Berdasarkan Abjad
  3. Teknik Dan Cara Menulis Berita Yang Baik Dan Benar
  4. Cara Wawancara Dengan Baik, Benar & Efektif