Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

6 (enam) Manfaat Keren Kamera Smartphone Selain Kamu Buat Foto atau Selfie

Sumber Gambar: https://www.google.com/search

Dengan makin menjamurnya penggunaan media sosial yang memfokuskan pada konten foto maupun video, banyak smartphone berlomba-lomba membuat kamera yang terbaik. Semakin detail dan real gambar yang ditangkap kameranya, maka smartphone tersebut semakin diburu. Namun kamera smartphone zaman sekarang gak melulu untuk keperluan foto media sosial lho! Dilansir dari berbagai sumber, ini delapan manfaat keren kamera smartphone selain kamu buat foto atau selfie!
1. Menerjemahkan tulisan yang kamu temukan, ke dalam bahasa lain secara instan
Dengan aplikasi terjemahan yang kamu harus mengcopy atau menulis teks dalam bahasa asing dan kemudian mengonversinya ke bahasamu, atau sebaliknya. Ini bisa memakan waktu - terutama jika ada pelayan resto yang menunggumu menyebutkan pesananmu, ketika kamu makan di luar negeri. Ini ide yang lebih baik: Pindai menu (atau dokumen lain) dengan kamera smartphone-mu dan langsung lihat terjemahannya secara instan.
Kamu dapat melakukan trik ini di smartphone apa pun dengan aplikasi Google Translate yang gratis (untuk Android dan iOS). Setelah kamu mengunduh aplikasinya, buka dan pilih bahasa yang kamu perlukan - yang akan diterjemahkan dari dan yang akan diterjemahkan - dari menu drop-down di bagian atas layar. Lalu tap tombol terjemahan instan, yang terlihat seperti kamera dengan tanda plus kecil di dalamnya. Sekarang arahkan kamera ponselmu ke teks asing, mulai dari rambu jalan ke dokumen kertas dan layar akan menampilkan kata-kata yang diterjemahkan seolah-olah bagai sihir.
2. Membantu digitalisasi dokumen cetak
Dunia belum sepenuhnya bisa bebas dari kertas, kamu harus mulai terbiasa paperless dalam segala hal. Berkat kamera smartphone-mu, kamu dapat memindai semuanya, mulai dari laporan bank sampai kartu nama, kemudian menyimpannya di penyimpanan lokalmu atau mengunggahnya ke cloud. Dropbox dan Google Drive, yang keduanya diperuntukkan Android maupun iOS, menjadi yang paling banyak dipilih banyak orang.
3. Mencari informasi lengkap hanya melalui sebuah foto
Dengan sedikit bantuan dari teknologi Google Lens yang ditambahkan ke Google Photos. Kamu dapat mengambil gambar apa saja dan kemudian menerima informasi tentang obyek tersebut. Untuk menggunakan trik ini, gunakan Google Photos untuk membuka gambar apa pun, lalu ketuk tombol Google Lens, yang terlihat seperti bentuk kamera sederhana, di bagian bawah layar. Perangkat lunak ini akan mengenali objek di foto, apakah itu objek bersejarah atau sejenis bunga, kemudian memberikan informasi tentangnya. Anggap saja seperti alat pencarian visual, mengenali segalanya dari selebritas hingga karya seni terkenal, melalui foto bukan hanya kata.
4. Mengakses website melalui foto
Caranya adalah dengan memotret kode QR - kotak-kotak yang dipenuhi mosaik ubin hitam dan putih yang tampak acak - yang memberimu jalan pintas untuk membuka situs web yang relevan. Kamu akan menemukan kode QR pada menu, paket, poster, brosur, alat tulis dan barang-barang lainnya. Misalnya, memindai salah satu kotak ini yang terdapat pada iklan majalah dapat mengarahkanmu ke situs web dengan informasi lebih lanjut tentang item tersebut, atau membuka diskon online khusus.
Mereka yang memiliki iPhone dapat membuka aplikasi kamera bawaan, arahkan smartphone ke kode QR, dan periksa notifikasi yang muncul. Ketuk untuk membaca lebih lanjut, termasuk URL tersembunyi. Di Android, proses ini sedikit lebih banyak tahapnya. Pertama, ambil gambar kode QR, lalu masuk ke Google Photos untuk Android. Terakhir, ketuk tombol Google Lens (bentuk kamera yang disederhanakan) di bagian bawah layar. Atau gunakan saja aplikasi-aplikasi khusus untuk membaca kode QR.
5. Berperan seperti kamera pengawas
Smartphone-mu dapat melakukan tugas ganda sebagai kamera keamanan yang mengawasi properti, hewan peliharaan, atau bahkan anak-anakmu. Untuk fungsi ini, kamu memerlukan dua perangkat, satu untuk memfilmkan videonya dan satu lagi untuk menyetelnya. Perangkat smartphone lama yang sudah lama tak terpakai bisa kamu gunakan.
Salah satu aplikasi rekomendasi untuk ini adalah Manything (untuk Android dan iOS). Ini memungkinkanmu untuk streaming langsung dari jauh kapan saja dan ia dapat mengirim peringatan ketika mendeteksi gerakan di depan kamera. Paket langganannya akan menambahkan fitur untuk menyimpan rekaman ke cloud atau mengatur lebih dari satu kamera.
Jika kamu fokus pada pemantauan bayi, sebaiknya gunakan Dormi (hanya untuk Android) dan Cloud Baby Monitor (hanya untuk iOS). Dormi memungkinkanmu terhubung ke smartphone pemantauan atau tabletmu dari beberapa perangkat dan secara otomatis memperkuat volume ketika mendeteksi tangisan. Versi gratisnya hanya menyediakan empat jam pemantauan sebulan. Sementara itu, dengan Cloud Baby Monitor, kamu juga dapat menonton video langsung dari perangkat lain. Kamu juga dapat menerima pemberitahuan ketika aplikasi mendeteksi gerakan atau suara dan mengirim pesan audio ke anakmu dari jauh.
6. Membantumu dalam mengingat hal penting melalui foto
Penggunaan terakhir ini memang melibatkan pengambilan gambar, tapi bukan untuk diunggah di media sosial. Namun kamu menggunakan foto-foto tersebut untuk membantumu mengingat hal-hal penting. Jika kamu catat di smartphone apalagi di kertas, itu akan mudah terhapus atau hilang. Dengan mengambil foto, selain cepat dan praktis, juga lebih mudah diatur karena sifatnya visual.
Fungsi yang mana yang baru kamu tahu? Fungsi yang mana saja yang sudah pernah kamu gunakan? Meskipun beberapa di antara netizen ada yang sudah tahu fungsi-fungsi tersebut, ternyata masih cukup banyak yang belum mengetahuinya. Kalau memang baru tahu, yang mana yang pertama kali ingin kamu coba? Share pengalamanmu di kolom komentar ya! (doewa).
sumber: IDN Times

Tanggal Artikel : 04-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Line For Pc
  2. 10 Kompetensi Soft Skill Asn Di Era 4.0
  3. Story Telling, Konten Kreatif Untuk Media Sosial
  4. Sistem Penyimpanan Arsip Berdasarkan Abjad