Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

5 (lima) Tips Merekam Video ala Profesional di Smartphone Android

Sumber Gambar: https://www.liputan6.com/search

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti Smartphone. Bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, Smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. Dengan kata lain, Smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.
Selain kemampuan diatas, Smartphone juga menyediakan kamera yang dapat dimanfaatkan dalam pengambilan gambar dan video. Fitur perekaman video di smartphone telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan ponsel-ponsel terdahulu. Kemampuan perekaman 4K sampai kemampuan HDR menjadi fitur yang gampang ditemui di beberapa ponsel andalan. Karena itu, tak jarang seseorang memanfaatkan perangkat smartphone-nya untuk mengambil video. Selain lebih mudah dan ringkas, video yang direkam juga bisa langsung diedit ataupun diunggah melalui aplikasi yang tersedia.
Berikut ini ada 5 (lima) tips mudah merekam video berkualitas apik dan profesional cukup dengan smartphone Android adalah sebagai berikut :
1. Ketahui posisi mikrofon di smartphone
Sebelum mengambil gambar, pastikan posisi mikrofon di smartphone yang digunakan. Hal ini dilakukan agar mikrofon yang berfungsi untuk menangkap suara tak tertutup oleh tangan. Akibatnya, tak jarang kualitas gambar yang baik tak didukung dengan audio yang mumpuni, sehingga hasil video keseluruhan tak cukup memuaskan.
2. Gunakan dua tangan
Salah satu trik mudah untuk mengambil video dalam keadaan stabil adalah dengan menggunakan dua tangan. Karenanya, untuk memastikan gambar yang dihasilkan tetap baik selalu gunakan cara ini. Lewat cara ini, kejadian-kejadian seperti transisi yang kasar atau tiba-tiba dapat dihindari jika ponsel yang dipegang tetap berada dalam keadaan kokoh.
3. Jangan pakai zoom digital
Ada baiknya kamu menghindari penggunaan zoom digital saat mengambil video, karena dapat menyebabkan kualitas gambar yang dihasilkan tak lagi tajam. Karenanya, ketimbang memakai zoom lebih baik dekati objek yang ingin direkam. Namun, pastikan smartphone tetap berada dalam kondisi stabil agar hasil tangkapan gambar tetap sempurna.
4. Pilih lokasi dengan kontras yang tak terlalu tinggi
Sebelum mulai merekam video, perhatikan pencahayaan di lokasi tersebut. Hati-hati apabila pencahayaan wilayah tersebut terlalu terang atau gelap. Biasanya smartphone akan sulit menyeimbangkan pencahayaan di wilayah tersebut sehingga rekaman terkadang tak begitu jelas. Karena itu, posisikan diri di tempat dengan kontras yang tak begitu tinggi.
5. Latih pengambilan gambar
Cobalah untuk menemukan ritme yang sempurna dan tepat saat merekam termasuk mempertahankan kecepatan konstan. Selain itu, coba untuk tak mengambil gambar secara terputus-putus, baik dari atas atau bawah. Kecepatan pergerakan kamera juga memegang kunci. Untuk itu, coba beberapa pengambilan gambar dengan kecepatan berbeda dan pilih metode mana yang lebih baik.
Cukup mudah bukan? Selamat mencoba (doewa)
sumber : kliknkik dan liputan6.com

 

Tanggal Artikel : 04-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. 6 (enam) Manfaat Keren Kamera Smartphone Selain Kamu Buat Foto Atau Selfie
  2. Line For Pc
  3. 10 Kompetensi Soft Skill Asn Di Era 4.0
  4. Story Telling, Konten Kreatif Untuk Media Sosial