Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Sukses menjadi Moderator Seminar

Sumber Gambar: https://www.google.com/search

Moderator bukanlah seorang pemapar materi, tetapi ia memiliki peran sangat penting dalam memandu kesuksesan sebuah kegiatan seminar. Sebelum kita ulas mengenai bagaimana –langkah menjadi moderator seminar yang baik, kita ulas terlebih dahulu perbedaan moderator dan MC. Moderator adalah pemegang kendali di sesi tertentu dalam kegiatan. Sedangkan MC adalah pemegang kendali dari seluruh kegiatan, bahkan moderator baru bisa mendapatkan kendali apabilan dia sudah dipersilahkan oleh moderator. Peran utama seorang moderator seminar yaitu mengendalikan jalannya sesi presentasi narasumber, mulai dari mc menyerahkan kendali atas sesi presentasi sampai dengan kegiatan diskusi atau tanya jawab berakhir.

Langkah-Langkah Sukses Sebagai Moderator Seminar :


1. Cari informasi tentang narasumber
Hal pertama yang harus dilakukan saat mendapatkan mandat menjadi moderator, maka segeralah cari tahu siapa narasumber yang akan menjadi pembicara. Apa profesi utama mereka, apa saja karya mereka, dan aktivitas apa yang saat ini mereka lakukan. Materi apa yang akan disampaikan pun perli ditanyakan oleh seorang moderator.
2. Pelajari materi yang akan disampaikan oleh nara sumber
Setelah mengetahui informasi tentang narasumber, selanjutnya pelajari materi yang akan mereka sampaikan. Ini perlu dilakukan karena saat memandu nanti, agar dapat mempermudah kita dalam memberikan pengantar yang tepat sebelum narasumber berbicara.
3. Pelajari runtutan acara secara menyeluruh plus durasi waktunya
Meski tugas Anda dimulai sejak mc memberikan kendali kepada Anda, namun untuk bisa menjalankan tugas dengan baik, kita harus mengetahui runtutan setiap acara secera menyeluruh, termasuk durasi waktu untuk tip-tiap acara.
4. Persiapkan senjata perang
Senjata perang yang dimaksud antara lain, alat tulis (kertas kosong dan bulpoint, form profil narasumber atau pembicara yang nantinya akan diperkenalkan dan timer.

5. Persiapkan draf apa yang akan dikatakan
Tujuan membuat draf ini agar memiliki rule yang jelas saat berbicaranya nantinya. Draft tersebut terdiri dari draf pembukaan acara dan draf pembukaan sesi tanya jawab .
6. Memilih pakaian yang akan Anda kenakan
Ini yang terakhir dan yang tak kalah panting, pikirkan juga pakaian yang akan dikenakan. Sebagai seseorang yang duduk di bagian depan pastinya seluruh mata akan tertuju pada moderator dan pembicara.
7. Melakukan koordinasi dengan penitia
Pada saat hari-H datanglah lebih awal dan segera lakukan koordinasi dengan penitia untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk melancarkan acara dan untuk menyambut narasumber atau pembicara.
8. Bangun komunikasi dengan narasumber
Saat nara sumber datang, segera sambut mereka, persilakan narasumber duduk di tempat yang sudah disediakan. Kemudian selain memperkenalkan diri pastikan juga kita mengkonfirmasi form profil pembicara yang telah ada. Kemudian pastikan juga narasumber mengetahui berapa waktu yang harus mereka gunakan, cara kita memberitahukan kalau waktu sudah hampir selesai, dan tambahan waktu kalau-kalau ternyata acara molor karena beberapa hal. Terakhir yang juga tidak kalah penting, tanyakan juga apakah mereka akan menggunakan notebook sendiri atau menggunakan notebook panitia. Jika menggunakan notebook sendiri tanyakan apakah mereka perlu teknisi untuk memasangkan atau dipasang olah asisten pribadi sendiri.
9. Buka sesi presentasi untuk narasumber
Setelah pembawa acara atau mc menyerahkan kendali kepada moderator, maka bukalah sesi presentasi narasumber dengan pembukaan yang dapat membantu audiens mengenal siapa narasumber dan memahami pentingnya materi bagi audiens.
10. Atur jalannya diskusi atau tanya jawab
Tugas di sini juga sangat penting karena lancar dan tidaknya kegiatan diskusi atau tanya jawab juga sangat dipengaruhi bagaimana moderator memimpinnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
- Pastikan kita memberi tahu berapa lama durasi waktu sesi tanya jawab.
- Pastikan kita memberi tahu jumlah sesi dan jumlah pertanyaan untuk masing-masing sesi.
- Pastikan tidak ada audiens yang bertanya secara bertele-tele.
11. Tutup sesi dengan kesimpulan dan ajakan bertindak yang jelas
Setelah kegiatan diskusi selesai, segera tutup sesi dengan memberikan kesimpulan akhir atau ajakan untuk bertindak.

Terkait hal ini ada dua kemampuan public speaking yang minimal harus Anda kuasai. Pertama, kemampuan penggunaan bahasa verbal. Kedua kemampuan penggunaan bahasa tubuh untuk mendukung setiap pesan verbal yang kita sampaikan. (Nurlaily).

Sumber :
https://www.ronapresentasi.com/cara-menjadi-moderator-seminar/

Tanggal Artikel : 04-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. 5 (lima) Tips Merekam Video Ala Profesional Di Smartphone Android
  2. 6 (enam) Manfaat Keren Kamera Smartphone Selain Kamu Buat Foto Atau Selfie
  3. Line For Pc
  4. 10 Kompetensi Soft Skill Asn Di Era 4.0