Materi Penyuluhan >> Hortikultura >> Tanaman Buah >> Pisang

PISANG KEPOK DAN MANFAATNYA

Sumber Gambar: jenispisangdanmanfaatnya.blogspot.co.id

Pisang kepok termasuk salah satu jenis pisang unggulan di Indonesia, bentuknya pipih serta persegi, panjangnya sekitar 10 - 12 cm, dan beratnya sekitar 80 - 120 gram per buah. Pisang ini dibedakan menjadi pisang kepok kuning (juga disebut merah) dan pisang kepok putih. Pisang kepok kuning ukuranya lebih kecil, kulitnya lebih tebal, isinya lebih padat, dan rasanya lebih enak (manis) yang biasanya sebagai pisang olahan. Sedangkan pisang kepok putih ukurannya lebih besar dibanding pisang kopok kuning, kulitnya lebih tipis, isinya empuk tapi kurang enak (sedikit asam) dan pada umumnya dijadikan sebagai pakan burung kicau.

Kandungan Pisang Kepok
Baik jenis pisang kepok kuning maupun putih memiliki kandungan nutrisi yang sama dan kandungan nutrisi setiap satu buah pisang mengandung 11 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 260 IU vitamin A, 1 mg niasin, dan 14 mg vitamin C.
Adapun manfaat pisang kepok bagi kesehatan tubuh kita, antara lain: 1) Meredakan penyakit maag akut dan kronis; 2) Mengobati penyakit batuk darah dan diabetes; 3) Mengatasi sembelit dan diare; dan 4) Menurunkan berat badan.

Meredakan penyakit maag akut dan kronis
Bagi orang yang sering mengkonsumsi obat anti-inflamatory maka akan timbul luka pada dinding lambung atau teoatnya di lapisan mukosa yang dalam kesehatan dokter menyebutkan dengan istilah penyakit ulkus atau borok. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri H.pylori yang dapat meningkatkan jumlah amonia dalam perut sampai bisa bertahan hidup. Jika bakteri ini terus dibiarkan akan mengganggu kesehatan lambung dan jika sampai fatal akan terjadi kanker lambung. Dengan mengkonsumsi pisang kepok maka mampu mengatasi dan juga menghilangkan rasa sakit akibat penyakit lambung/maag. Setiap satu buah pisang dengan ukuran sedang mengandung energi sebesar 100 kalori dan enzim yang terdapat di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya tersebut. Selain itu pisang kepok mentah akan membantu meningkatkan saluran pencernaan dan dapat mecegah serta menyembuhkan penyakit borok tersebut.
Mengobati penyakit batuk darah dan diabetes
Mengkonsumsi pisang kepok dapat mengatasi penyakit batuk darah yang diakibatkan adanya luka atau peradangan di dalam paru-paru. Selain itu kadar gula yang seimbang menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk mengobati penyakit diabetes atau kencing manis. Sehingga bagi penderita diabetes yang mengkonsumsi pisang kepok secara rutin akan sembuh secara perlahan-lahan.
Menurunkan Berat Badan
Pisang kepok memiliki nutrisi yang tingggi, dalam satu buah pisang kepok terdapat vitamin B6 yang berfungsi menolong memperbaiki sistem metabolisme atau pencernaan dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi pisang kepok secara teratur maka tidak terlalu khawatir lagi apabila ada masalah dengan metabolisme badan. Selain itu pisang kepok kandungan lemaknya cukup rendah hanya 0,13 %, sehingga sangat tepat untuk diet karena tubuh akan merasa kenyang.
Mengatasi sembelit dan diare
Sembelit dan diare merupakan permasalahan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, tandanya mules pada bagian perut. Badan terasa lemas bahkan tak berdaya akibat berkurangnya cairan dalam tubuh yang terbuang bersamaan dengan seringnya buang besar. Cara mengatasinya dapat dengan mengkonsumsi pisang kepok kuning, karena banyak mengandung serat dan juga nutrisi penting lainnya. Selain itu dengan memakan dengan teratur maka segala yang berkaitan dengan sistem pencernaan dapat diatasi dengan baik serta optimal.
Demikianlah uraian singkat tentang manfaat pisang kepok. Pisang kepok lebih nikmat dikonsumsi dalam bentuk olahan, antara lain pisang rebus, pisang goreng, kolak pisang, pisang panggang, namun untuk obat ada yang harus dikonsumsi masih mentah. Semoga bermanfaat.

 


Sumber informasi:
1. Heri Harti, dkk. Acuan Standar Operasional Produksi Pisang. Bogor: Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor. 2007.
2. Agro Media. Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia. PT Agromedia Pustaka. Cetakan Pertama. 2009.
3. Dari berbagai sumber.

Tanggal Artikel : 02-08-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Teknologi Pengolahan Tepung Pisang
  2. Teknologi Pengolahan Tepung Pisang
  3. Teknologi Pengelolaan Lahan Alang-alang Untuk Kebun Pisang
  4. Peran Penyuluh Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Pisang Mas Melalui Teknologi Dan Informasi Pertanian