Materi Penyuluhan >> Hortikultura >> Tanaman Buah >> Mangga

JENIS MANGGA BANYAK DI PASARAN INDONESIA

Sumber Gambar: Berbagai sumber

Di Indonesia buah mangga banyak sekali jenisnya dan mempunyai berbagai macam bentuk, ukuran, warna, dan rasa. Namun tidak semua jenis mangga disukai orang karena rasanya kurang enak/asam, dagingnya tipis, ukuran kecil, dan lain-lain. Berikut jenis mangga yang banyak disukai dan dijual di pasaran di Indonesia, antara lain arumanis, indramayu, gedong gincu, golek, madu, dan manalagi.

1. Mangga Arumanis
Mangga arumanis sangat banyak dijual jika panen raya dan sangat laku dengan harga menjanjikan, karena mempunyai aroma harum dan rasa manis. Pohon mangga ini tingginya sekitar 9 meter, berdaun lebat, dan memiliki mahkota pohon menyerupai kerucut. Daun berukuran cukup besar, dengan panjang sekitar 45 cm, berbentuk lonjong dengan ujung meruncing. Kulit buah berwarna hijau, tertutup lapisan lilin, sehingga warnanya tampak kelabu. Pangkal buah setelah matang berwarna kekuningan dan ujungnya tetap berwarna hijau, dan pada permukaan kulit terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan. Buah berbentuk bulat memanjang dengan ujung lebih kecil dari pangkalnya, dan panjangnya mencapai 15 cm, dengan berat rata-rata 450 gram. Pada ujung buah terdapat paruh dan sinus atau lekukan, dan terlihat cukup jelas. Daging buah tebal, lunak, berwarna kuning, dan tidak berserat. Biji buah berbentuk pipih, berserat pendek, dengan panjang sekitar 13 cm.

2. Mangga Indramayu
Mangga Indramayu merupakan mangga lokal yang banyak di budidayakan di daerah Indramayu – Jawa Barat. Buahnya mempunyai aroma menyengat dengan rasa sangat manis. Bentuk buah mangga ini sangat khas, sehingga sangat mudah membedakannya dengan buah mangga jenis lain. Daging buahnya sedikit berair, dan mempunyai serat yang khas, sehingga sangat segar jika dikonsumsi saat musim kemarau, ketika panas menyengat.

3. Mangga Gedong Gincu
Pohon mangga gedong gincu mempunyai tinggi sampai 25 meter dengan garis tengah batang 75 cm, dengan kulit batang coklat abu-abu dan berlekahan. Daun tunggal, berseling, jorong sampai lanset, kaku menyerupai kulit., dan daun muda berwarna kemerahan. Buah tersusun malai, jumlah bunga banyak sekali, dan berwarna hijau kekuningan. Buah mangga bentuknya bulat, dengan kulit yang tebal, rasa manis serta kenyal, beraroma harum dari buah yang mulai matang. Warna kulit buah merah, kuning cerah, merah keunguan pada pangkal buahnya yang menjadi daya tarik konsumen. Warna kulit mangga ini akan semakin sempurna daya tariknya ketika sudah masuk dalam fase matang sempurna, warna kuning kemerahan layaknya warna gincu. Membiarkan mangga ini matang secara alami di pohonnya, membuat rasa manis dan warna memikat. Biji satu dan dibagian dalamnya terdapat endokarpium.
4. Mangga Golek

Di Indonesia mangga golek tidak asing lagi banyak disukai karena mempunyai daging buah tebal dan manis rasanya. Mangga ini mempunyai pohon tidak begitu besar, dengan tinggi sekitar 9 meter dan tajuk daun membulat. Daun berbentuk lonjong, dengan pangkal meruncing dan ujung berbentuk mata tombak dengan panjang 24 cm dan lebar 6 cm. Tepi daun bergelombang, memiliki tulang daun berjumlah 24 pasang. Bentuk buah panjang sekitar 17 cm berujung runcing, dengan berat mencapai 500 gram. Permukaan kulit buah terdapat bintik-bintik. kelenjar berwarna putih kehijauan, dan akan berubah warna menjadi.kecokelatan setelah masak. Daging buah tebal, agak lunak, berwarna kuning tua setelah masak, tidak berserat, tidak banyak mengandung air, memiliki aroma cukup harum, dan rasa manis. Pelok atau biji buah berserat pendek, panjang sekitar 14 cm dengan bentuk pipih memanjang.

5. Mangga Madu

Mangga madu mempunyai tinggi pohon sekitar 10 meter dengan lebar tajuk mencapai 13 meter. Daun dan percabangan relatif sedikit dan cenderung jarang berbuah. Daun agak lonjong berbentuk melipat dan berujung rucing, panjang 22,5 cm dan lebar 6,5 cm. Berat buah sekitar 375 gram, panjang sekitar 10 cm, berbentuk bulat panjang dengan ujung buah membulat, paruh dan lekukan pada ujung buah tidak begitu jelas terlihat. Kulit halus dilapisi lilin, terdapat bintik-bintik kelejar putih kehijauan. Pangkal buah tua berwarna kuning kemerahan meskipun ujung buah masih berwarna hijau. Daging buahnya berwarna kuning dengan bagian dalam berwarna kuning tua seperti madu. Berserat sedikit, kadar air sedang, beraroma cukup harum, dan rasanya sangat manis, semanis madu. Biji buah berserat pendek, dengan panjang sekitar 9 cm.

Mangga Manalagi
Buah mangga manalagi mempunyai rasa enak, seperti perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Mangga ini mempunyai tinggi pohon agak pendek hanya sekitar 8 meter, dengan mahkota agak bulat berdiameter sekitar 12 meter. Daun berbentuk lonjong dengan ujung runcing, pada bagian pangkal daun lebih besar dan tidak begitu meruncing, permukaan daun sedikit berombak, panjang daun 25 cm, dan lebar 7,5 cm. Kulit buah yang sudah masak berwarna hijau tua, tertutup lapisan lilin berwarna kelabu. Buah mangga ini beratnya mencapai 500 gram dengan panjang sekitar 16 cm. Saat masak, daging buah bagian pangkal berwarna kekuningan, relatif tebal, dengan bintik-bintik kelenjar berwarna putih dan berubah menjadi cokelat pada bagian tengahnya setelah masak. Rasa buah manis, segar, dan beraroma harum. Buah yang belum masak dan menjelang tua rasanya sudah manis, sehingga mangga manalagi sering dimakan dalam kondisi masih keras, tetapi daging buah sudah menguning. Biji buah agak besar, dengan panjang sekitar 14 cm, dan berserat pendek.


Sumber informasi:
1. Rebin, dkk. 2012. Budidaya Tanaman Mangga. Balai Penelitian Tanaman Buah Tropikal, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Solok-Sumatera Barat.
2. Anonim. 2009. Buku Pintar Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia. Jagakarsa – Jakarta Selatan: PT Agromedia Pustaka.
3. Broto, W. 2003. Mangga: Budidaya, Pascapanen dan Tata Niaganya. Agromedia Pustaka, Jakarta.
4. Al.Gamal Pratomo dan Sugiono. Penerapan SOP Teknis Budidaya Tanaman Mangga. Badan Litbang Pertanian, BPTP Jawa Timur.
5. Berbagai sumber.

Tanggal Artikel : 02-08-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Teknik Budidaya Mangga Alpukat Buah Langka Asli Indonesia
  2. Teknologi Manipulasi Pembuahan Mangga
  3. Mangga ( Mangifera Spp. )
  4. Syarat Tumbuh Tanaman Mangga