Materi Penyuluhan >> Tanaman Pangan >> Padi

Beberapa manfaat Alat Mesin Pertanian (Alsintan)

Sumber Gambar: web.ipb.ac.id

Sebagai wujud keseriusannya pemerintah untuk memajukan pertanian di Indonesia, maka sangat terasa sekali mulai tahun 2015, Kementerian Pertanian (Kementan), gencar membagikan mesin pertanian (alsintan). Tahun 2014 hanya sekitar 10.000 unit, tahun 2015 membagikan 62.221 unit dari berbagai jenis, mulai traktor pengolah tanah, transplanter benih padi, penyiang gulma, combine harvester atau alat panen padi yang dilengkapi dengan packing karung. Bahkan tahun tahun 2016, jumlah alsintan yang dibagikan kepada petani meningkat menjadi 100.000 unit, meskipun anggaran menurun dari Bantuan pemerintah kepada para petani dimaksudkan agar para petani dapat mengolah lahannya secara modern. Dengan mekanisasi banyak manfaat yang diperoleh. antara lain a. mempercepat proses penyiapan lahan, b. mengurangi resiko gagal panen dan c. berkurangnya produksi karena salah penanganan saat pasca panen, d Hemat Waktu. Dengan menggunakan mesin maka waktu pengolahan lahan sampai siap tanam lebih cepat dan hasilnya maksimal, sehingga dapat menghindari telat tanam/telat musim yang dapat mengakibatkan kerugian besar bagi petani.e. Hemat Biaya. Semakin sulitnya mencari tenaga kerja pada sektor pertanian mengakibatkan naiknya upah tenaga kerja, sehingga mengakibatkan semakin besarnya pengeluaran untuk biaya produksinya. f. Hemat Tenaga, 1 unit mesin pertanian dapat menggantikan 10 tenaga kerja manusia, dengan demikian maka petani akan menghemat banyak tenaga dan biaya. Jadi dengan mekanisasi dapat mengatasi keterbatasan tenaga kerja sektor pertanian yang jumlahnya makin menyusut belakangan ini. Tahun 2014 lalu tenaga kerja di sektor pertanian tinggal 40,83 juta orang dibandingkan tahun 2011 sebanyak 42,48 juta orang.Dengan mekanisasi usaha pertanian diharapkan lebih mudah menarik minat kaum muda untuk menggeluti bidang pertanian karena alasan mampu memberikan pendapatan yang semakin layak, sekitar Rp. 60 juta per tahun dari lahan seluas 1 Ha.
Hasil kajian Badan Litbang Pertanian, mekanisasi dapat menghemat biaya produksi hingga 30%, menurunkan susut panen 10%. menghemat biaya olah tanah, biaya tanam dan biaya panen Rp. 2,2 juta/ha dari pola manual Rp. 7,3 juta /ha.
Menurut beberapa petani muda, dengan penggunaan alsintan modern memang mampu memberikan gairah baru karena mereka menjadi tidak lagi malu saat bertani. Dengan menerapkan sistem pertanian modern dan menggunakan alsintan modern, hasil yang didapatkan pun lebih besar dan lebih menguntungkan, sehingga mampu memberikan jaminan kehidupan yang lebih baik. Sekarang bertani adalah profesi bergengsi, prospeknya bagus dan menguntungkan. Modernisasi sistem pertanian berbasis alsintan akan menjadi solusi yang bagus untuk mengantisipasi transformasi di bidang pertanian.

Kalau dilihat dari sisi manfaatnya cukup besar, maka sudah sepantasnya alsin yang diberikan atau diperbantukan kemasyarakat tani harus dimanfaatkan secara optimal. sebagai contoh: untuk pemanfaatan traktor roda 2, yang perlu diperhatikan dalam mengefektifkan pemakaian sebagai berikut: menurut pedoman yang ada mengenai desain dan uji coba oleh pabrik pembuat mesin, ketahanan dan umur mesin dinyatakan sebagai total jam kerja mesin dengan beban penuh.Tingkat ketahanan traktor roda 2 yang masuk klasifikasi profesional untuk petani kecil yang memiliki tanah satu hektar dengan dua kali tanam setahun diperkirakan setara dengan 200 sampai 250 jam operasi per tahun dengan beban penuh.
Jika traktor tersebut digunakan dalam bentuk kontrak sewa dengan petani pada usaha skala kecil atau digunakan untuk usaha tani skala besar, ketahanannya harus lebih tinggi. Diharapkan traktor tersebut mampu beroperasi 500 sampai 600 jam per tahun. Tingkat ketahanan seperti ini sama dengan 8 sampai 10 jam operasi per hari selama sebulan penuh per musim tanam, dengan dua musim tanam per tahun.
Demikian salah satu contohnya. Jadi jangan biarkan traktor hanya dipakai sendiri saja tetapi harus digunakan untuk anggota kelompok lain bahkan antar kelompok yang membutuhkannya.
Penyunting: Yulia Tri S
Email: yuliatrisedyowati@gmail.com
Sumber:
1. Sinar Tani: Sosok Modernisasi Pertanian
2. Laporan Kinerja Kementan
3. http://web.ipb.ac.id/bahan ajar tentang trakstor roda 2
4. Berbagai sumber

Tanggal Artikel : 10-07-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pemupukan P-alam Untuk Tanah Masam
  2. Persemaian Sistem Basah Padi Hibrida
  3. Wereng Hijau Pembawa Virus Penyebab Penyakit Tungro
  4. Padi Hibrida Varietas Dr 2