Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia >> Penyuluh

BPP Tempat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Pertanian di Kecamatan.

Sumber Gambar:

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) merupakan Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di kecamatan, suatu unit kerja non Struktural, BPP berfungsi sebagai tempat pertemuan bagi para penyuluh pertanian, petani dan pelaku usahatani, dengan peran yang strategis BPP harus mampu mengkoordinasikan, mensinergikan dan menyelaraskan kegiatan pembangunan pertanian di Wilayah Kecamatan dengan stake holder lainnya.

Selain sebagai Kelembagaan Penyuluhan Pertanian terdepan dan sekaligus tempat koordinasi BPP juga harus mampu mengawal kegiatan pembangunan pertanian di Kecamatan, salah satunya pemdampingan dan pengawalan Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA) dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas komoditas unggulan, hal tersebut sangat membutuhkan peran optimal BPP. Sebagai pusat data dan informasi, maka BPP berperan intensif melakukan verifikasi dan validasi alsintan, baik bantuan pemerintah dan swadaya, sebagai dasar melakukan konsolidasi pemanfaatan dan pergerakan alsintan dalam mempercepat olah tanah dan olah panen.

Untuk itu, BPP diharapkan juga dapat mendorong peningkatan mutu dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan pertanian yang akhirnya dapat meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian, membangun keswadayaan dan kemandirian petani serta pengusaha tani di wilayah kerjanya masing-masing agar pola pikirnya dapat menghadapi persaingan di bidang pertanian regional maupun global. #BPP rumah penyuluh dan Petani# (Purnomo)

Tanggal Artikel : 16-05-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Peran Penyuluh Pertanian Dalam Penyusunan Rencana Usaha Bersama (rub)
  2. Membangun Cita-cita Atau Harapan Kelompok
  3. Farmer Managed Extension Activities (fma) Sebagai Wahana Pembelajaran Petani Dalam Pengembangan Agribisnis
  4. Penyuluhan Pertanian Sebagai Proses Pemberdayaan