Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Penyuluhan: 5 Kesalahan Fatal Dalam Desain Presentasi

Sumber Gambar:

Apakah Kalian payah untuk urusan membuat slide PowerPoint?

Siapakah sebenarnya yang salah?
Software PowerPoint maupun software pembuat presentasi lainnya tidaklah payah. Yang payah adalah pembuat presentasi itu sendiri.
1. Terlalu Banyak Informasi
Kesalahan yang banyak terjadi adalah presenter berusaha memasukkan terlalu banyak informasi ke dalam sebuah slide maupun keseluruhan presentasi yang menyebabkan audiens sulit memahami maksud slide Anda.
Ingat, kemampuan audiens untuk menangkap pesan Anda terbatas. Apalagi waktu yang disediakan dalam sebuah presentasi biasanya tidak banyak. Karena itu, pilih dan rangkum dengan kalimat sederhana setiap slide presentasi Anda.
Semakin banyak kata-kata yang Anda tampilkan, maka audiens akan membaca slide tersebut dan mereka akan mengabaikan Anda sebagai presenter. Audiens tidak bisa membaca sambil mendengarkan Anda dan sebaliknya. Mereka harus memilih antara membaca dan memahami slide tersebut atau mendengarkan Anda.
Jadi, pilih kata yang ringkas, relevan, dan tepat sasaran. Pastikan setiap slide hanya memiliki satu pokok pikiran sehingga bisa mempengaruhi audiens Anda secara efektif.

2. Tidak Memiliki Visual Yang Cukup
Slide presentasi adalah alat bantu visual. Karena itu, manfaatkan untuk menampilkan visual yang menggugah. Tampilkan gambar, diagram, atau video yang akan memberi inspirasi kepada audiens Anda.
Jangan membuat slide yang hanya berisi bullet point demi bullet point. Banyak pilihan untuk mendapatkan gambar baik yang gratis maupun berbayar. Anda bisa mencari di Flickr atau Compfight untuk gambar-gambar berlisensi Creative Commons. Atau Anda juga bisa mencoba gambar berbayar yang berkualitas dari situs Istockphoto.
Dalam memilih gambar, pastikan relevan dan mendukung isi pesan yang hendak Anda sampaikan. Fungsi gambar bukan untuk dekorasi, melainkan memperkuat pesan yang Anda sampaikan. Sebuah gambar yang baik dan tepat dapat menggugah emosi audiens Anda. Jika Anda melakukannya dengan baik, maka Anda memanfaatkan fungsi slide sebagai alat komunikasi visual.

3. Kualitas Yang Buruk

Kadangkala Anda sudah memilih gambar, diagram ataupun menambahkan video ke dalam slide. Namun sayang kualitasnya menyedihkan. Makadari itu carilah gambar yang berkualitas. Di situs sharing gambar seperti Flickr Anda bisa mendapatkan gambar resolusi tinggi cukup mudah. Asalkan Anda mau berusaha untuk menemukannya.
Atur gambar sedemikian rupa sehingga harmonis dalam slide Anda. Pastikan gambar tidak terdistorsi. Potong bagian yang tidak penting dari gambar Anda. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambar yang fokus dan pesan yang kuat.
Ketika membuat presentasi, ada banyak pilihan font yang bisa Anda gunakan disamping font standar. Dengan sedikit browsing atau berkunjung ke situs seperti Dafont Anda bisa mendapatkan font yang indah dan menarik. Jangan lupa, pastikan font yang Anda pilih sesuai dengan tema presentasi itu sendiri, bukan sebaliknya.

4. Presentasi Tidak Teratur
Sebuah slide presentasi yang baik memegang teguh prinsip-prinsip desain. Ciptakan kontras pada slide Anda. Rapikan letak masing-masing elemen sehingga rapi dan terhubung satu sama lain. Buat pengulangan pada elemen-elemen tertentu untuk menjadikannya satu kesatuan. Dekatkan elemen yang berhubungan dan beri jarak elemen yang berbeda.
Pastikan Anda menggunakan warna secara konsisten. Akan lebih baik lagi jika sejak awal Anda sudah menetapkan palet warna berisi 3-5 warna yang secara konsisten akan dipakai dalam presentasi Anda. Dengan demikian, presentasi Anda akan menjadi indah dan berkualitas.

5. Kurang Persiapan
Dan inilah kesalahan yang paling banyak dilakukan. Anda membuat presentasi dengan tergesa-gesa tanpa persiapan yang baik. Akibatnya dapat ditebak, presentasi Anda memiliki kualitas yang menyedihkan.
Padahal menurut sebuah survei, 86% eksekutif di perusahaan mengatakan bahwa komunikasi yang kuat dan jelas berdampak langsung terhadap karir dan pendapatan mereka.
Namun, hanya 25% diantara eksekutif tersebut yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam untuk presentasi-presentasi penting mereka.
Ingat, kualitas presentasi Anda berbanding lurus dengan persiapan. Jika Anda merasa presentasi yang akan dibawakan penting, sediakan waktu yang cukup dan lakukan persiapan yang layak. Itulah lima kesalahan yang sering dilakukan orang dalam membuat desain slide presentasi.
Hindari lima kesalahan tersebut dan jadilah presenter yang inspiratif. (iwan M)
Sumber : https://www.slideshare.net/jessedee/you-suck-at-powerpoint

 

Tanggal Artikel : 18-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penyuluh Pertanian: Pentingnya Menyusun Slide Yang Komunikatif Untuk Petani
  2. Penyuluhan: Merawat Kamera Dan Lensa Agar Lebih Awet
  3. Jangan Takut Jadi Petani
  4. Untungnya Berkelompok Tani