Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Tips mengambil video dengan Kamera Handphone

Sumber Gambar: http://www.geekstyle.co.il

Perkembangan handphone saat ini tidak hanya sebagai alat komunikasi namun juga memiliki fungsi lain seperti; pemutar musik, GPS, perekam, organizer dan tentu saja kamera, bahkan kamera yang dimiliki mempunyai resolusi yang mumpuni. sangat disayangkan bila handphone yang dimiliki tidak digunakan secara maksimal.
Penyuluh pertanian dilapangan tentu saja dapat memanfaatkan handphone tersebut untuk dapat merekam segala aktifitas dilapangan, bahkan sebagai bahan membuat Vlog (Video Blog). Berikut tips video dengan kamera handphone agar hasil gambar maksimal;


Posisi dan jarak pengambilan
Mengingat kemampuan kamera smartphone yang terbatas, cari posisi dan jarak yang ideal sebelum kita mengambil objek. Bila jarak kita semakin jauh maka kualitas video akan kurang bagus. Gunakan posisi horisontal/landscape (miring), bila menggunakan posisi tegak/portrait maka video yang dihasilkan akan terdapat area kosong atau hitam pada sisi kanan dan kiri.


Jangan gunakan Zoom in
usahakan agar anda merekam video dari jarak yang cukup tanpa harus menggunakan zoom. karena bila kita menggunakan Zoom in, hasil video akan berkurang dari segi kualitas, dan video yang dihasilkan juga akan rentan dengan guncangan dan blur.


Cahaya yang Cukup
Agar gambar video yang dihasilkan bagus pastikan cahaya cukup, bila perlu gunakan alat tambahan berupa continuous light. Jangan sampai kontras dengan sumber cahaya atau melawan sumber cahaya (Back Light). Atur dengan angle yang menurut anda paling pas.


Minimalisir guncangan
Semakin stabil kamera semakin bagus video yang dihasilkan. Gunakan dua tangan waktu pengambilan video atau bisa menggunakan alat bantu berupa tripod/gimbal/stabilizer/rig.


Memaksimalkan pengaturan Kamera di Smartphone
Sebelum merekam, atur fitur yang dimiliki smartphone anda, mulai dari pencahayaan. Kualitas video yang dihasilkan, seperti pemilihan kualitas bagus ( hight quality ) sama seperti ketika kita akan mengambil foto.


Ambil Video Sebanyak Mungkin
Jangan sungkan dan ragu, ambilah gambar video sebanyak mungkin, semakin banyak gambar video yang kita punya maka semakin banyak pula pilihan gambar ketika kita akan mengedit video. (Purwanto N).
Sumber:
http://belfot.com
https://www.wahanarupa.com

Tanggal Artikel : 18-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penyuluhan: 5 Kesalahan Fatal Dalam Desain Presentasi
  2. Penyuluh Pertanian: Pentingnya Menyusun Slide Yang Komunikatif Untuk Petani
  3. Penyuluhan: Merawat Kamera Dan Lensa Agar Lebih Awet
  4. Jangan Takut Jadi Petani