Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Langkah-langkah Membuat Vlog Penyuluhan yang Interaktif

Sumber Gambar: https://id.images.search.yahoo.com

Untuk membuat vlog sebenarnya sangatlah mudah, hanya membutuhkan peralatan-peralatan seperti kamera, komputer dan akses internet, karena kita dapat memanfaatkan channel Youtube sebagai media publikasi video vlog yang kita buat. Secara rinci perangkat yang dibutuhkan untuk membuat vlog adalah:
- Smartphone (Android, iOS,WiNPhone, BB)
- Tripod
- Monopod/Tongsis/
- Steady Cam
- Remote control/tomsis
- Holder tripod
- Microphone tambahan
- Voice recorder (alternatif)
Setelah kita menyiapkan perangkat untuk membuat vlog, langkah- langkah membuat vlog adalah :
1. Menentukan tema
Carilah tema yang menarik, unik dan banyak dicari oleh orang. Tapi perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk membuat tema video vlog yang pokok bahasannya tidak kita sukai, karena akan mempersulit dalam proses pembuatannya. disamping itu video yang dihasilkan nantinya akan terlihat kaku dan kurang bisa dinikmati.
2. Pembuatan channel Youtube, kita perlu memikirkan nama channel yang akan digunakan dan berhubungan dengan tema video - video vlog yang nanti dipublikasikan. Buatlah nama channel yang singkat, padat, dan mudah di ingat, agar nanti video vlog sobat dapat dengan mudah dikenal banyak orang.
3. Cara membuat video vlog tahap ketiga adalah pengambilan video. Lima Cara Shoot dalam vlog adalah : Close up muka, Close up aktivitas, Wide shot, side shot dan over-the shoulder shot. Kunci dalam mengambil vlog adalah menahan nafas setiap 10 detik bila tidak menggunakan tripod, cek hasil shooting. Ulangi bila video goyang atau shaking.
4. Proses Editing Video
Cara membuat vlog tahab keempat adalah proses editing video, proses ini memerlukan kemampuan khusus agar nanti dapat menghasilkan video yang baik dan menarik. Unduh dan pelajari Aplikasi Edit Video antara lain KineMaster, Filmora Go, Power Director, Viva Movie,Quik, Legend, iMovie, Splice,Snapseed. Kita juga dapat menambahkan bamper atau intro serta audio agar dapat menghasilkan video vlog yang lebih berkelas, dan menarik untuk dilihat. Gunakan audio yang tidak mengandung hak cipta agar nanti tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan, seperti pemblokiran content video di channel yang kita punya. Audio tersebut bisa diunduh dari Youtube, Bensound.com, FreeMusicArchive.org, JoshWoodward.com, FreeSoundtackMusic.com, Incompetech.co.

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses editing ini adalah alur ulasan video yang dapat disesuaikan dengan storyboard, selain itu kualitas video hasil rendering juga perlu diperhatikan.

5. Proses Publish Video
Cara membuat vlog tahap kelima adalah mempublish video ke Youtube, untuk proses ini yang perlu perhatikan adalah penentuan judul video semenarik mungkin dan sesuaikan dengan isi video vlog yang sobat publish. Usahakan untuk membuat deskripsi video yang agak panjang yang menerangkan isi video yang di upload di Youtube agar dapat meningkatkan kualitas pencarian video vlog tersebut.
Untuk memberikan hasil maksimal usahakan kita rutin dalam mempublikasikan video vlog di channel Youtube, hal ini dilakukan agar penggemar video tidak merasa kecewa, usahakan untuk menentukan jadwal update video vlog ke dalam channel Youtube.
(Nurlaily).

Tanggal Artikel : 18-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Tips Mengambil Video Dengan Kamera Handphone
  2. Penyuluhan: 5 Kesalahan Fatal Dalam Desain Presentasi
  3. Penyuluh Pertanian: Pentingnya Menyusun Slide Yang Komunikatif Untuk Petani
  4. Penyuluhan: Merawat Kamera Dan Lensa Agar Lebih Awet