Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Apa Itu Infografis, Infografik Dan Motion Graphic serta kegunaannya bagi penyuluhan pertanian

Sumber Gambar:

Banyak cara mencari tahu sebuah informasi, dan banyak juga cara memahami isi informasi. Namun kebanyakan sekarang seseorang susah memahami, selain malas mencari tahu, tampilan sebuah informasi kadang membuat keinginan membaca atau melihat menjadi kurang, sehingga informasi yang didapat tidak sempurna, bahkan tidak dapat diingat, sungguh di sayangkan.
Infografis mungkin menjadi alternatif cara penyampain yang dapat mengatasi kekurangan yang dimiliki cara lain, infografis menjadi sebuah hal yang sangat membantu dalam menyebarkan informasi, dengan infografis seseorang akan mudah memahami isi dari sebuah informasi, selain mudah memahami informasi, suatu informasi yang di terimapun sangat mudah diingat sehingga tidak lupa.
Karena Infografis sangat dekat dengan desain, sebaiknya sebagai seorang desainer harusnya mengenal apa itu infografis, bukan sekedar pengertian tapi lebih mendalam lagi. Mari kita cari tahu lebih dalam mengenai Infografish ini.
Pengertian Infografi
Grafis informasi atau Infografis merupakan suatu representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafis yang digunakan ini memperlihatkan suatu informasi rumit menjadi singkat dan jelas, dengan infografis informasi yang rumit tersebut di sajikan kedalam bentuk desain sederhana seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, dan pendidikan. Ini merupakan cara paling ampuh untuk mewakili data informasi agar tepat mengenai para pencari informasi. Dengan begitu seorang ilmuwan dapat mudah memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan keda;am bahasa yang sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat. Saat ini, grafis informasi ada di segala bentuk media, mulai dari hasil cetakan biasa dan ilmiah hingga papan dan rambu jalan. Infografis mengilustasikan informasi yang memiliki sedikit teks, dan berperan sebagai ringkasan visual untuk konsep sehari-hari seperti rambu berhenti dan jalan.
Selain itu infografis bertujuan untuk memudahkan penyampaian informasi kesegala bidang tingkat kecerdasan, siapapun diharapkan mampu memahami sebuah informasi dari sebuah infografis, karena bersifat universal, karena penggunaan bahasa dan text yang sedikit, sehingga siapapan orangnya, negara manapun, akan mudah mendapatkan informasi dari infografis ini.
Sejarah Infografis
Sejarah infografis sangat tua, sudah ada di saat masa pra sejarah, itu dilihat dari peninggalan-peninggala di gua-gua, yang memperlihatkan bagaimana kehidupan di masa itu. Karena sifatnya universal, siapapun dapat mudah memahami maksud dari gambar-gambar gua tersebut.
Setelah banyak di temukan gambar-gambar dari kulit hewan, kulit pohon, yang dibuat oleh ilmuwan zaman dulu, untuk mempermudah pemahaman oleh orang lain.
Elemen Infografis
Dalam Infografis terdapat elemen-elemen seperti data, informasi, gambar, sedikit text, dan pengetahuan yang semua dituangkan kedalam sebuah desain grafis. Pembuatan sebuah infografis saat ini biasanya di buat disebuah software, bisa sebuah software khusus dan juga software desain.
Dalam Infografis desain yang digunakan merupakan konsep desain yang baik, pemilihan warna, font, gaya illustrasi dan sebagainya, untuk membuat desain infografis berfungsi dangan baik yaitu informasi yang ditampilkan dapat, dan tentu saja infografis tersebut menjadi menarik.

Masa Depan Infografis
Bagaiman masa depan infografis ini seterusnya? apakah akan tetap bertahan, dari informasi yang dapat, infografis tentu akan mendapatkan masa depan yang cerah, dari kebiasan manusia yang malas banyak membaca dan tidak ada waktu untuk berlama-lama melihat. Infografis tentu saja di cari orang untuk dapat informasi lebih cepat dan mudah paham.
Seorang desainer menjadi orang yang sangat berpengaruh dalam suatu infografis, kreatifitas dan imajinasi yang dimilikinya, akan menjadi faktor penting infografis itu berfungsi dengan benar. Karena itu nantinya profesi seorang desainer infografis sangat banyak di cari oleh media-media kertas, visual dsb.

4 Hal Pendukung Popularitas Infografis
Menarik perhatian
Ketika ingin menyajikan ide baru, sangatlah penting untuk menarik perhatian orang. Masalahnya, sebagian besar orang hilang minat dalam delapan detik. Dalam kurun waktu yang sangat singkat ini, kita harus berhasil menarik perhatian orang. Seharusnya tidak jadi kejutan bahwa beberapa tahun terakhir ini, infografik menjadi metode populer untuk menyajikan pesan.

Gampang dimengerti
Ungkapan "Satu gambar lebih berarti dari 1000 kata" dengan jelas menerangkan tujuan dari infografik itu sendiri. Data yang cukup banyak akan sangat membosankan jika disajikan dalam paragraf. Di sisi lain, orang akan lebih tertaik untuk menyelesaikan bacaan jika disertakan oleh gambar yang atraktif.

Gampang diingat
Manusia adalah makhluk visual. Otak manusia memproses gambar 60,000 lebih cepat daripada memproses teks. Selain itu, menurut data dari Social Science Research Network, 65% dari populasi adalah pembelajar visual yang mengandalkan mata untuk memproses informasi. Tidak aneh kalau gambar diterima dengan lebih antusias daripada teks.

Gampang disebarkan
Dengan konten yang menarik dan mudah untuk dimengerti, infografik sangat mudah untuk disebarkan. Hampir semua social media user suka berbagi konten dengan teman, terutama ketika konten tersebut berbentuk video atau foto. Blogger yang menggunakan infografik di website mereka mendapatkan traffic 12% lebih daripada mereka yang tidak.

Kesimpulan
Singkatnya, Infografis adalah cara di mana data yang kompleks direpresentasikan melalui gambar. Ada cara terbatas untuk mewakili informasi dan itu tergantung sebagian besar pada keterampilan desainer dan imajinasinya. Semakin banyak bisnis menyadari pentingnya Infografis di dunia ini membuat desainer yang sebagai hal penting sangat di cari. BimaShakty


sumber :
http://www.beritasatu.com/iptek/115555-4-hal-pendukung-popularitas-infografik.html
http://www.indotitas.com/2012/04/infografis-cara-mudah-pahami-informasi.html

Tanggal Artikel : 18-12-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Langkah-langkah Membuat Vlog Penyuluhan Yang Interaktif
  2. Tips Mengambil Video Dengan Kamera Handphone
  3. Penyuluhan: 5 Kesalahan Fatal Dalam Desain Presentasi
  4. Penyuluh Pertanian: Pentingnya Menyusun Slide Yang Komunikatif Untuk Petani