Materi Penyuluhan >> Peternakan >> Sapi Potong >> Pakan

Mengenal Beberapa Jenis Rumput sebagai Pakan Ternak Sapi

Sumber Gambar: situs.peternakan.com

Rumput merupakan Pakan utama bagi ternak ruminasia untuk itu rumput sangat ibutuhkan dan harus tersedia setiap saat di lapangan. Berbagai jenis tanaman rumput yang ada di Indonesia yang unggul dan tersedia serta mudah di didapat. Berikut ini di perkenalkan beberap jenis rumput yang disukai oleh ternak.
1. Rumput Setaria (Setaria Spacelata)
Rumput ini merupakan salah satu jenis rumput yang berasal dari Afrika tropic dan dapat diperbanyak dengan cara pols biji .Ciri-ciri rumput setaria adalah berumpun yang lebat, kuat dan agak halus terutama pada bagian permukaan, pangkal batang berwarna merah dan bunga berwarna keemasan, dapat dipotong pada umur 20 hari. Setaria merupakan salah satu jenis rumput unggul di daerah tropis tumbuh membentuk rumpun yang lebat dan dapat mencapai tinggi 60 – 100 cm. Setaria dapat hidup pada ketinggian 200 – 300 m diatas permukaan laut.
2. Rumput Benggala (Panicum Maximum)
Asal Rumput benggala adalah di daearh Afrika yang meiliki iklim tropik dan sub tropik, rumput benggala termasuk tanaman yang berumur panjang, dan tumuh tegak, kuat, batang seperti padi, mencapai tinggi 2 – 2,5 meter, Warna daunnya hijau tua, bentuk ramping, bagian tepi kasar tapi lunak dengan lidah daun yang kuat.Rumput benggala adalah tanaman tumbuh tegak membentuk rumpun mirip padi. Tinggi tanaman 1,00 – 1,50 m, dengan seludang – seludangnya berbulu panjang pada pangkalnya.Lidah kadang –kadang berkembng biak. Daun bentuk pita yang sangat bantyak jumlahnya itu terbangun garis, lncip bersambir kasar, berwarna hijau, panjangnya 40 – 105 cm dengan lebar 10 – 30 mm. Bunga majemuk dengan sebuah malai yang panjangnya 40 – 45 cm, tegak, bercabang -cabang . Kadang-kadang diselimuti lapisan lilin putih. Bulir berbunga 2 yang panjangnya 3 x 4 mm, bentuk lonjong panjang biji 2,25 – 2,50 mm, tiap kg biji mengandung 1,2 – 1,5 juta bulir.
3. Rumput Meksiko (Euchlenia Meicana)
Rumput ini bersifat anoual, morphologisnya sama dengan tanaman jagung
Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah hiidup di daerah tropik yang basah dab subtropik yang tanahnya berair. Ukuran daun rumput ini lebih lebar dari jenis rumput lainnya, dengan panjang daun kurang lebih 1,5 meter dan lebar daun kurang lebih 10 cm, tulang daun menjari, batang tidak berbulu dengan diameter kurg lebih 3,5 cm dan batang muda berbentuk pipih serta batang luar berbentuk elips. Tanaman ini dpat tumbuh baik pada tempat yang memiliki tanah berstuktur sedang atau berat dengan ektinggian sampai 1200 m dpl dan curah hujan 2000 m/tahun. Biasanya tanaman ini diperbanyak dengan sobekan rumpun.
4. Rumput BR (Brachiaria Ruziensis).
Rumput signal tumbuh menjalar, cepat membiak dan sesuai dengan iklim lembab seperti Malaysia. Buku ruas pada batng mengeluarkan akar dan cabang dapat membiak dengan cepat. Tumbuh setinggi 30 – 50 cm, daunnya pendek, lurus dan tajam diujung berwarna hijau dan mempunyai sedikit bulu halus. Alupun berbunga tetapi biji benih kurang subur. Cara yang paling baik untuk menanam ialah dengan keratan tunggul. Kebutuhan penanaman dengan biji benih ialah antara 3 – 6 kg/ha.
5. Rumput Colonjono (Panicum Muticum).
Rumput kolonjono dapat ditanam dipinggiran ladang atau sawah dan dapat tumbuh juga di galengan-galegan. Penanamannya dapat dengan bibitnya atau batangnya yang dudah tua kemudian ditanam alam likasi yang sudah digemburkan denganpacul. Setelah ditanam bila kebetulan musim penghujan maka tinggal memupuk dengan pupuk kandang atau pupuk UREA dan menyiang dari rumput dan gulma.
Penyusun : Sad Hutomo Pribadi
Sumber : BBPTU HPT Baturaden.
Sumber Gambar : situs.peternakan.com

Tanggal Artikel : 12-10-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Pakan Sapi Frisian Holstein (fh) Jantan
  2. Pakan Sapi Peranakan Simmental
  3. Pakan Sapi Potong Peranakan Ongole Yang Baik
  4. Pakan Sapi Potong (sapi Sahiwal)