Materi Penyuluhan >> Tanaman Pangan >> Serealia >> Kacang Hijau >> Pengolahan Hasil

Kacang Hijau Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Sumber Gambar: www.google.com

Kacang hijau berasal dari keluarga leguminoceae (kacang-kacangan) dan merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh rakyat Indonesia dan begitu menyehatkan, dikarenakan ia mengandung gizi serta nutrisi yang begitu bermanfaat. Kacang ini berasal dari India serta di tanam hingga seluruh Asia. Dulunya orang-orang China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan seperti menurunkan panas serta mengeluarkan racun yang berada di tubuh.
Di Indonesia hingga sekarang, kacang hijau masih sering di gunakan untuk sajian kuliner, dikarenakan kandungan gizinya yang sangat bermanfaat. Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau menjadikan makanan sebagai sumber segudang manfaat untuk kesehatan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga proses penyepan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh tidak berjalan maksimal. Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 ug/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg.100 gr, dan dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.
Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam kacang hijau, menjadikan makanan ini sebagai sumber makanan dengan segudang manfaat kesehatan, antara lain:
Sumber Mineral dan Protein
Dalam 100 gr kacang hijau terdapat potasium (266 mg), posfor (99 mg),mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg) zat besi (1,4 mg, zinc (0,8 mg, dan selenium (2,5 ug). Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.
Kaya Serat
Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.
Kaya Omega-3
Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.
Mencegah Penyakit Jantung
Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk di dalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.
Mencegah Anemia
Diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.
Membantu Pertumbuhan
Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak.
Mengingat begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam kacang hijau serta khasiatnya bagi kesehatan, tidak salah bila anda memasukkan kacang hijau dalam menu harian anda. Jika anda bingung cara mengolahnya, sekarang ini sudah banyak minuman kesehatan yang terbuat dari sari kacang hijau.
Untuk Ibu Hamil dan Janin
Orang-orang zaman dahulu sangat menganjurkan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Demikian halnya berdasarkan hasil penelitian medis bahwa kandungan protein dalam kaacang hijau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang selama kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau biasanya mempunyai bayi dengan rambut lebat.
Makanan Pendamping ASI
Makanan Pendamping ASI atau sering disingkat MP-ASI biasanya diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Dan makanan yang paling direkomendasikan sebagai pendamping ASI adalah kacang hijau. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalamnya akan membuat pertumbuhan bayi lebih maksimal.
Mengurangi risiko kanker payudara
Kacang hijau ialah jenis kacang yang mempunyai kandungan zat yang berguna untuk memerangi infeksi virus. Zat ini akan memperlambat adanya pertumbuhan sel kanker tertentu termasuk sel yang berada di kanker payudara. Zat ini juga bisa mencegah terbentuknya sel tumor.
Baik untuk Kesehatan Mata
Seandainya anda mengalami gangguan penglihatan, semisal mata lemah dan bayangan penglihatan menjadi kabur, meminum air rebusan kacang hijau adalah solusinya. Kandungan yang dihasilkan rebusan kacang hijau adalah vitamin A, zat gizi ini akan membantu penglhatan kita
Ruslia Atmaja
Sumber : Badanlitbang Pertanian, Direktorat Gizi Kemenkes RI
dan berbagai sumber

Tanggal Artikel : 18-09-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait