Materi Penyuluhan >> Hortikultura >> Tanaman Buah

MANFAAT BUAH SAWO BAGI KESEHATAN

Sumber Gambar: Google.com

1. Melancarkan Buang Air Besar

Karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah sawo bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu saja, ternyata buah yang berasal dari Amerika Tengah tersebut sering digunakan sebagai obat pencahar yang alami.

2. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat buah sawo yang lainnya adalah membantu pembentukan sel darah merah. Ini disebabkan, karena buah tersebut banyak mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah. Oleh karena itu, bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Lalu bagi ibu hamil juga wajib hukumnya memakan sawo, karena akan mengurangi rasa lemas akibat kekurangan darah.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah yang memiliki rasa manis tersebut juga mempunyai manfaat yang lain seperti menjaga kesehatan tulang. Mengapa bisa begitu? Karena pada sawo terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat bagus untuk tulang.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sawo mengandung zat antioksidan dan juga vitamin C yang sangat tinggi, oleh karena itulah buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya.

5. Sebagai Sumber Energi

Dengan banyaknya kalori atau karbohidrat yang terdapat dalam sawo, maka buah tersebut sangat cocok sebagai sumber energi. Memakan beberapa buah tersebut bisa membuat perut Anda kenyang dan aktivitas Anda pun tidak akan terganggu.

6. Sebagai Obat Pendarahan

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah manis ini juga bermanfaat sebagai obat pendarahan. Kalium sendiri berperan sebagai zat yang mampu menghentikan darah pada bagian tubuh yang luka.

7. Melembabkan Kulit

Selain mencegah penuaan dini, sawo juga mempunyai manfaat yang lain bagi kesehatan kulit, yaitu bisa melembabkan kulit. Vitamin E yang ada di dalamnya bisa membuat kulit Anda terhindar dari busik dan tentu penampilan akan semakin menarik jika Anda rutin mengonsumsi buah yang satu ini.

8. Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil apalagi saat hamil muda maka intensitas mual dan muntah semakin meningkat, karena pengaruh hormon. Anda pun akan mengalami istilah morning sickness dan itu menjadi hal yang lumrah. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi buah sawo. Pasalnya kandungan vitamin B pada buah tersebut sangat ampuh mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil.

9. Mencegah Infeksi

Lagi-lagi peran vitamin C dan zat antioksidan pada sawo sangat membantu kesehatan tubuh Anda. Serangan radikal bebas seketika akan mudah dikalahkan apabila tubuh Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi dan infeksi di dalam tubuh pun akan cepat tertangani. Sebagai contoh, apabila Anda tidak sengaja terkena pisau maka luka Anda akan cepat menutup dengan sendirinya dan terhindar dari infeksi kuman.

10. Membantu Pertumbuhan Pada Anak

Buah yang banyak mengandung vitamin, mineral, energi, serat dan kalsium seperti sawo maka akan membantu pertumbuhan pada anak. Apabila anak-anak merasa bosan dengan makanannya mungkin menggantinya dengan buah sawo adalah ide yang baik.

 


Sumber :
1. Semangun H. 2007. Tanaman Hortikultura di Indonesia. Edke-2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press..
2. Buku Saku Buah Sawo. 2016. Direktorat Buah dan Florikultura, Kementerian Pertanian RI.
3. Rahma Ayu Priani, dkk. 2010. Deteksi dan Diferensiasi Virus Kerdil Pisang dengan Teknik PCR-RFLP. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, Vol. 16, No. 1, 2010: 1–5.
4. https://alamtani.com/manfaat tanaman-sawo/

Penulis : Iman Priyadi, (Penyuluh Pertanian Balai Besar pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian) email : imanpriyadi@yahoo.co.id

 

Tanggal Artikel : 01-09-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Budidaya Pepaya
  2. Budidaya Buah Naga Dalam Pot
  3. Hama Penyakit Tanaman Pada Jambu Air
  4. Budidaya Jambu Air