Materi Penyuluhan >> Sumber Daya Manusia

Vlog, Alternatif Media Penyuluhan

Sumber Gambar: google.com

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin majunya teknologi, media komunikasi kini tidak lagi hanya seputar tulisan atau teks yang dirangkum pada sebuah kertas tetapi media informasi telah dikemas dalam bentuk yang berbeda seperti video ataupun suara. Penyuluhan merupakan kegiatan yang berkaitan erat dengan dunia komunikasi, dimana penyuluh dapat menyampaikan pesan baik berupa inovasi baru, ide, teknologi maupun objek baru baik kepada petani maupun masyarakat yang memerlukan informasi tersebut baik melalui radio, film, televisi maupun web site, blog, facebook ,twiter, instagram maupun vlog yang biasa disebut dengan media sosial.
Sebagai bentuk baru dalam berkomunikasi, media sosial merupakan sarana yang bersifat interaktif, terbuka dan memungkinkan setiap orang untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Sehingga penggunaan media sosial ini akan efektif dalam rangka mempengaruhi orang baik secara individu, kelompok bahkan dalam jumlah yang banyak, karena media sosial ini didesain untuk memudahkan interaksi sosial, yang bersifat interaktif atau dua arah. Dengan demikian media sosial, semestinya dapat dimaksimalkan oleh para penyuluh untuk media komunikasi dalam kegiatan penyuluhannya dan sebagai alat untuk melahirkan, mengembangkan dan mendiseminasikan inovasi baru yang bermanfaat dalam pembangunan pertanian masa depan.
Vlog adalah sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berisi tentang gaya hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan terhadap sesuatu. Singkatnya vlog semacam TV tapi.. versi sederhananya. Meskipun sederhana tapi jangan kira bikin vlog itu gampang, kita bisa membuat vlog dengan mengandalkan handphone. Di awal kemunculan vlog pada tahun 2005, Indonesia belum mengenal vlog sama sekali, namun pada tahun 2014 Indonesia telah memiliki vlogger-vlogger antara lain Raditya Dika, Agnes Monica bahkan saat ini Presiden Indonesia, Joko Widodo telah memanfaatkan vlog sebagai salah satu media publikasinya.
Dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan, vlog merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan. Tentu saja kita perlu mengemas materi penyuluhan melalui format video dengan menambahkan suara dan efek musik dalam durasi sekitar 1-3 menit. Batasan waktu ini dikarenakan jumlah bandwith yang terbatas, termasuk salah satunya di Indonesia. Setelah itu video dapat dipublikasikan melalui situs yang tersedia contohnya melalui instagram, orang-orang yang menontonnya biasanya akan memberikan respon berupa komentar di tempat yang tersedia secara langsung, maupun respon dengan cara membuat video blogging balasan.
Ada beberapa teknik yang perlu dikuasai sebelum membuat vlog, yakni :
1. Memulai rekaman video, saat membuat video pastikan kita memiliki beberapa peralatan pendukung untuk penggambilan gambar seperti kamera atau handicam maupun handphone. Agar hasil lebih maksimal buatlah konsep atau tema yang akan anda usung ketika akan membuat video sebagai contoh: video pemanfaatan Jarwo di lahan pertanian.
2. Setelah semua rekaman vlog sudah dibuat maka langkah selanjutnya ialah dengan melakukan proses editing vlog yang akan anda unggah. Proses editing video ini bertujuan agar video yang anda unggah memiliki grafis dan audio yang bagus, dalam kasus ini anda tentu membutuhkan beberapa peralatan untuk proses editing seperti Laptop dan juga Aplikasi untuk editing video. Bila rekaman vlog menggunakan HP, kita dapat menggunakan aplikasi Legenda, Quik dan Power Director untuk proses editing.
3. Jika proses editing sudah selesaikan dilakukan maka langkah selanjutnya ialah dengan mulai upload vlog baik di instagram maupun di youtube. Bila menggunakan youtube maka kita perlu membuat channel atau saluran di youtube terlebih dahulu sebagai saluran vlog anda yang akan anda unggah.
Salah satu yang perlu diingat dalam pemanfaatan media sosial adalah "Saring sebelum Sharing", memastikan apa yang akan kita sampaikan benar sehingga tidak akan menimbulkan masalah di masa yang akan datang.(Nurlaily)

Tanggal Artikel : 06-07-2017

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Jagung Hibrida Varietas Bima 8
  2. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Kegagalan Usaha
  3. Jati Diri Dalam Kepemimpinan
  4. Mewujudkan Kelompok Tani Kuat Dan Mandiri