Materi Penyuluhan >> Tanaman Pangan >> Umbi-Umbian >> Talas

Berbagai Jenis Talas Bogor

Sumber Gambar: google.com

Talas atau lompong adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang banyak tumbuh dan berkembang didaerah bogor dan sekitarnya. Memang pada awalnya talas atau kalau kami menyebutnya lompong, tumbuh dan berkembang didaerah bogor, makanya disebut dengan talas bogor. Talas atau lompogn ini sangat banyak manfaat dan khasiatnya. Selain bisa digunakan sebagai bahan makanan, lompong talas juga bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional. Mulai dari umbinya sampai pda batang dan daun talas ini juga bermanfaat. Walaupun sekarang tidak banyak orang yang menggunakannya sebagai bahan makanan ataupun obat tradisional, tetapi masih ada diantara masyarakat kita khususnya daerah pedesaan yang memanfaatkan lompong talas ini sebagai bahan makanan dan obat tradisional.
Tahukah anda bahwa talas ini memiliki jenis dan macam-macamnya. Ada banyak jenis-jenis talas yang harus kita ketahui untuk menambah wawasan kita tentang tanaman talas. Varietas bawang bombay yangdikenal antara lain:
A. Jenis talas yang pertama adalah Talas Bogor atau bahasa latinnya Colocasia esculenta L. Schoott. Talas bogor ini memiliki karakter yaitu umbinya berbentuk silinder sampai agak membulat. Talas Bogor ini mengandung kristal yang bisa menyebabkan gatal apabila terkena permukaan kulit kita. Apabila anda ingin menanam atau budidaya talas bogor ini, waktu atau masa yang paling tepat adalah sebelum musim penghujan. Talas bogor ini dapat berkembang biak dengan sistem anakan, umbi anakan atau bagian pangkal umbi serta bagian pelepah daunnya. Jika ingin tanaman talas bogor ini berkembang maka bagian anakannya harus dibuang supaya umbi indukannya dapat tumbuh menjadi besar. Biasanya talas ini dapat dipanen setelah berumur 6 – 9 bulan.
B. Talas Belitung (Kimpul)
Talas belitung atau kalau kami menyebutnya dengan istilah kimpul, merupakan talas dari daerah belitung. Jadi ternyata kimpul yang sering kita dengar ini merupakan jenis talas belitung. Talas belitung atau kimpul ini memiliki nama ilmiah yaitu Xanthosoma sagitifolium, dan masih termasuk famili Areacea, merupakan tumbuhan menahun yang memiliki umbi batang maupun batang palsu yang sebenarnya adalah tangkai daun. Sedangkan umbinya ini biasa manfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan dengan cara pengolahannya yaitu direbus ataupun digoreng.
C. Jenis talas yang terakhir adalah talas padang. Talas padang yang memiliki nama ilmiah yaitu Colocasia gigantea Hook F, merupakan jenis talas yang sebenarnya hampir sama dengan jenis talas lainnya. Letak perbedaannya hanya terdapat pada ukuran pohonnya yang cendrung lebih besar, bahkan bisa mencapai tinggi 2 meter dan tangkai daunnya yang ditutupi lapisan seperti lilin berwarna putih. Selain itu urat-urat daunnya juga lebih kasar dibanding talas lainnya. Sedangkan untuk ukuran umbi induknya lumatan besar. Masyarakat padang biasa membudidayakan talas ini untuk dijadikan sebagai cemilan khas padang. Biasanya kalau kita pergi ke padang pasti tidak lupa dengan oleh-oleh khas padang yaitu keripik talas.
D. Talas Beneng asal Juhut Pandeglang Banten
Talas beneng merupakan jenis umbi-umbian asli Pandeglang. Nama "beneng" merupakan singkatan dari besar dan koneng. Koneng adalah sebuah kata dalam bahasa Sunda yang artinya berwarna kuning. Talas ini memang memliki ukuran yang jumbo atau lebih besar jika dibandingkan dengan talas lainnya (contohnya talas bogo), selain itu talas beneng juga umbi yang berwarna kuning dimana tanaman talas lain berwarna putih ke abu-abuan.
Talas beneng memiliki karakteristik yang berbeda dengan talas dari daerah lainnya. Talas ini memiliki batang yang besar dan panjang serta pada bagian akarnya terdapat umbi-umbi kecil (kimpul) yang bergerombol. Bagian yang dapat dimakan pada talas ini adalah bagian batang umbi. Panjangnya dapat mencapai 120 cm dengan berat 42 kg dan ukuran lingkaran luar 50 cm. Umbi itu dihasilkan dari pohon setinggi 2-2,5 m dengan daun raksasa sebesar 1 meter.
Penulis : Sundari, S.ST., (Penyuluh Pertanian Balai Besar pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian) email : sunburase@yahoo.com
Sumber :
1. Rachmat Rukmana. Budidaya Talas, Kanisius. 1998
2. http://dasar-pertanian.blogspot.co.id/2016/09/mengenal-jenis-jenis-talas.html
3 www.litbang.pertanian.co.id. Berbagai Varietas Talas.2012
4. http://www.biologi-sel.com/2015/04/talas-beneng-xanthosoma-undipes-k-koch.html

 

Tanggal Artikel : 09-12-2016

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait
  1. Penyiraman Air Dalam Jumlah Tepat Akan Berpengaruh Terhadap Produksi Talas
  2. Budidaya Talas
  3. Keunggulan Talas Dan Ubi Jalar