Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

Jitu Teknik Pendederan dan Pembibitan Tanaman Lada

Sumber Gambar: 1. https://kabartani.com/perbanyakan-benih-lada-dengan-setek-satu-buku-berdaun-tunggal.html

 

Musim penghujan biasanya diawali dari bulan Oktober. Musim penghujan menjadi penanda bagi petani untuk lebih giat bercocok tanam. Salah satu tanaman rempah yang menjadi primadona di negara kita adalah lada. Hal ini diakibatkan harganya yang cenderung tinggi dan stabil di pasaran. Salah satu daerah pemasok lada adalah Kepulauan Bangka Belitung. Di Bangka Belitung telah dibudidayakan penanaman lada dengan teksik setek satu buku. Teknik ini mempunyai beberapa keunggulan, antara lain; 1)jumlah bahan bibit lebih efisien dan selektif, 2) adaptasi terhadap lingkungan lebih cepat, 3)relatif lebih tahan dengan kondisi curah hujan rendah.
Tanaman lada setek satu buku mampu dibudidayakan dengan baik dan menghasilkan lada berkualitas jika kegiatan budidaya yang dimulai dari pemilihan bibit, pendederan, maupun pembibitan dan pemeliharaan tanaman ini dilakukan dengan sebaik-baiknya. Setelah kita mendapatkan bahan tanam setek satu buku, hal penting yang butuh perhatian adalah pendederan. Di Kepulauan Bangka Belitung, petani menggunakan pasir hitam (biasanya berasal dari daerah pantai) selama ±2 minggu. (sumber: BPTP Kepulauan Bangka Belitung, 2013)
A.Tempat Pendederan
Pendederan dilakukan dengan tujuan merangsang pertumbuhan akar dan tunas. Media pendederan perlu disiapkan dengan baik agar bibit yang tumbuh memiliki akar dan tunas yang sehat. Tempat pendederan dibuat dengan ukuran 1-1,2 m, sedangkan ukuran tingginya disesuaikan dengan kebutuhan dan tinggi bibit yang diharapkan, yaitu sekitar 30 cm. Bagian atas berisi pasir halus setebal 5-10 cm, bagian tengah diberi ijuk stebal 5 cm, lalu bagian bawah diisi koral setebal 5 cm. Hal ini bertujuan agar air tidak menggenang, sehingga drainase tempat pendederan lebih terkontrol perangsangan tumbuhnya akar lebih mudah dihasilkan. Bedengan ini juga dinaungi dengan plastik untuk mempertahankan kelembaban.
B. Pendederan
Pendederan setek lada dilakukan dengan cara menanam setek pada media secara condong. Bagian setek yang berupa sulur di bawah daun hingga keseluruhan ruas ditanam terbenam di media pasir. Sedangkan tangkai daun, helai daun, dan sulur bagian atas tangkai daun yang panjangnya sekitar 1 cm berada di atas media pasir.Bagian akar lekat dan mata tidur diusahakan terbenam merata dekat permukaan pasir. Jarak tanam di pendederan 8-12 cm antar baris dan 5-6 cm di atas baris. Penyiraman dilakukan 2-3 kali sehari selama dua minggu pertama. Setelah dua minggu, bibit yang sudah tumbuh dengan baik dipindahkan ke tempat pembenihan. Tanda bibit yang baik adalah perakarannya merata dan sudah muncul titik tumbuhnya.

C. Pembibitan dan Pemeliharaan
Pembenihan tanaman lada dilakukan menggunakan polibag yang berukuran 10x15 cm. Media yang digunakan adalah tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 7 : 3 atau 2 : 1, ditambah dengan 0,5 gram dolomit atau kaptan/kg tanah. Media pembenihan harus disterilisasi menggunakan fungisida atau aplikasi agen hayati, yaitu Trichoderma harzianum yang dibiarkan tertutup plastik selama satu minggu.
Lingkungan pembenihan yang optimal memiliki suhu udara 22-30o C, dengan kelembaban udara di atas 80 % dan intensitas cahaya 50-75 %. Apabila diperlukan pemacu pertumbuhan bibit bisa disemprotkan pupuk daun yang mengandung unsur NPKMg (14-12-14-1) dan zat pengatur tumbuh (ZPT) sekali seminggu 0,2 %. Setelah bibit berumur 4-6 bulan, yang ditandai dengan tinggi tanaman mencapai 5-7 ruas, daun berwarna hijau tua, akar lekat pada setiap buku ruas cukup banyak dan sehat, maka bibit tersebut siap dipindahkan ke lapangan.
Demikian teknik dalam melakukan pendederan dan pembibitan Lada. Semoga bermanfaat.

Penyusun: Miskat Ramdhani, Penyuluh Pertanian BBP2TP

Tanggal Artikel Diupload : 04-11-2018
Tanggal Cetak : 15-11-2018

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386