Materi Lokalita >> LAMPUNG >> KABUPATEN PRINGSEWU >> BP3K Pringsewu

PENERAPAN SISTEM TANAM SRI (System Of Rice Intensification) ORGANIK PADA PADI ORGANIK

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

Pengembangan bertanam padi SRI (System Of Rice Intensification) sebagai suatu system produksi pertanian yang terpadu dengan mengoptimalkan kesehatan dan produktifitas agroekosistem secara alami sehingga mampu menghasilkan pangan dan serat yang cukup berkualitas dan berkelanjutan maka dengan demikian ada beberapa prinsip dasar yang perlu dilakukan diantaranya :

 

1. Tanah Sehat

Pengembalian sisa tanaman mutlak menjadi kewajiban dan penambahan bahan organic ke lahan untuk menjaga kestabilan tanah. Tanah yang sehat banyak mengandung bahan organic. Peranan bahan organic selain memperbaiki sifat fisik tanah yaitu mampu mengikat air,memperlancar aerasi tanah.

 

2. Seleksi Benih

Seleksi benih menggunakan indicator telur telur mentah pada larutan garam yaitu pada larutan garam lebih berat dari pada telur sehingga posisi telur mengapung dan masukan benih dalam larutan garam ,ambil benih yang tenggelam dan cuci dengan air tawar.

 

3. Kebutuhan Benih, Pesemaian benih,dan Penanaman

Benih yang dibutuhkan untuk 1 ha adalah 5-7 Kg dan pesemaian padi pada media tanah gembur baik tekstur dan struktur tanah untuk memberikan kenyaman hidup perakaran yang kondusif. Setelah 7 s.d 12 hari setelah semai ditanam 1 batang tiap lubang tanam dengan jarak 30 x30 cm dengan tanam dangkal.

 

4.Pemeliharaan pada Tanaman Fase vegetative meliputi penyulaman,penyiangan dan penambahan Mikroorganisme Lokal (MOL)

Penyulaman tanaman dilakukan apabila ada gangguan OPT yaitu keong mas dan belalang. Penyiangan dilakukan pada saat tanaman berumur 7 s.d 10 hst dan dilakukan setiap 10 hari sekali dan Penambahan Mikro Organisme Lokal untuk menambah unsure hara yang dibutuhkan tanaman setelah tanaman berumur 7 s.d 10 hari berikutnya dilakukan 10 hari sekali hingga 4-6 kali aplikasi.

 

5.Pemeliharaan Pada Tanaman Fase Generatif

Tanaman menjelang umur generative umur 45-50 hari kondisi air dikeringkan dan pemberian MOL.

 

6. Pengendalian OPT

Pengendalian OPT pada sitem SRI menggunakan Pengendalian OPT secara terpadu dan lebih mengutamakan pendekatan biologi.

 

 

Oleh : Desi Ariyani, SP

 

Sumber : TOT Tanam Padi Hemat Air Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung.

Tanggal Artikel : 06-01-2019

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait