Materi Lokalita >> JAMBI >> KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT >> BP3K Kuala Betara

TANAMAN PINANG SEBAGAI NAUNGAN TANAMAN KOPI

Sumber Gambar: Ir. sixnoseptriadi

Desa Dataran Pinang Kecamatan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi merupakan daerah lahan Gambut pasang surut dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi dengan ketebalan gambut 0- 2 meter dan 3-4 meter. Kondisi lahan gambut tersebut tanpa disadari dengan kearifan local masyarakat secara turun temurun telah memanfaatkan kondisi tersebut melalui pembudidayaan tanaman kopi yang karakteristik ramah terhadap lahan gambut dengan tingkat toleransi yang cukup tinggi. Tanaman kopi dapat tumbuh subur pada level air 40 sampai 60 cm dari gambut ke permukaan. Kondisi tersbut tidaklah diharuskan untuk membuat kanal untuk pengeringan lahan, akan tetapi cukup membuat parit parit cacing untuk mengalirkan air kedalam kanal.
Kopi yang dibudidayakan masyarakat merupakan kopi asli lahan gambut Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi telah mendapat Hak paten dari Kementrian Hukum dan HAM RI berdasarkan UU No. 15/2001 Jo PP No. 51/2007 diberi nama dengan kopi Liberika Tungkal Komposit (Kopi Libtukom). Kopi Libtukom memiliki cita rasa yang unik serta buah kopi lebih besar jika dibandingkan dengan kopi Arabika dan Robusta. Produksi rata rata green bean (biji kopi yang sudah bersih) 700 -1100 kg/ha/tahun dengan jarak tanam 3x3 meter.
Untuk pencapaian hasil produksi maksimum dari teknik budidaya tanaman kopi pada umumnya tidak terlepas dari perlunya peneduh atau naungan. Peneduh atau naumgan yang dipakai petani adalah tanaman Pinang. Tanaman pinang yang ditanampun merupakan pinang spesifik lahan gambut yang bernama Pinang Betara yang telah dilauncing oleh Litbangtan Kementan sebagai Pinang Unggul dengan SK Mentan No. 199/kpts/SR.120/1/2013. Produksi kernel kering 7,8 ton/ha/tahun jarak tanam 6x6 meter untuk peneduh atau naungan tanaman kopi.
Melalui integrasi tanaman kopi dengan tanaman Pinang sebagai naungan atau peneduh petani akan mendapatkan hasil ganda dari usaha taninya dan akan menambah pundi-pundi rupiahnya.

Penulis : Ir. SIXNOSEPTIARDY
Penyuluh THL-TBPP WKPP Kel. Betara Kiri dan Desa Dataran Pinang
Kecamatan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi

Tanggal Artikel : 06-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait