Materi Lokalita >> JAMBI >> KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT >> BP3K Kuala Betara

TANAMAN LABU KUNING SEBAGAI PAGAR ALAMI SERANGAN HAMA BABI

Sumber Gambar: Ir. Boysixno

Babi hutan (sus crofa) merupakan hama tanaman yang tinggal dan hidup disemak semak atau hutan yang sering menyerang tanaman umbi umbian dan palawija milik petani, sehingga menakibatkan petani gagal panen dan kerugian.
Untuk mengatasi serangan hama babi hutan tersebut banyak cara yang dilakukan petani seperti membentuk perkumpulan buru babi, menggunakan racun ataupun memasang jerat atau perangkap. Namun dengan pemberian racun, pemasangan jerat atau perangkap tersebut belumlah dapat mengatasi serangan babi tersebut karena sepertinya babi tersebut tahu dengan racun, jerat atau perangkap tersebut.
Pengalaman petani yang telah sering dilakukan untuk mengatasi serangan hama babi yang hidup bergerombol ini memasuki lahan pertaniannya adalah dengan cara penanaman tanaman Labu Kuning (cucurbita sp). Labu Kuning merupakan tanaman merambat dan dapat menjalar memanjat serta daun dan batang sedikit berbulu.
Penggunaan tanaman Labu Kuning ini sebagai pagaralami penghambat hama babi hutan memasuki lahan pertanian adalah dengan cara :
1. Labu Kuning ditanam disepanjang keliling lahan dengan jarak tanam 1 meter.
2. Buatkan lanjaran setinggi 75 cm untuk tempat merambat dan menjalarnya tanaman Labu Kuning tersebut.
3. Apabila tanaman Labu Kuning telah tumbuh subur akan menghalangi pandangan babi tersebut kedalam lahan.
4. Dengan terhalangnya pandangan babi kedalam lahan serta batang dan daun Labu yang berbulu maka Babi tidak mau menerobos tanaman Labu untuk masuk kedalalam lahan.
Penanaman Labu Kuning disepanjang keliling lahan akan dapat menjadikan pagar alami dilahan pertanian terutama untuk lahan yang ditanami tanaman umbi umbian dan palawija. Labu Kuning selain sebagai pagar alami juga merupakan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi seiring dengan gencarnya kampanye diversifikasi pangan pengganti nasi.

Penulis : Ir. SIXNOSEPTIARDY
Penyuluh THL-TBPP WKPP Kel. Betara Kiri dan Desa Dataran Pinang
Kecamatan Kuala Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi

Tanggal Artikel : 06-12-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait