Materi Lokalita >> KALIMANTAN SELATAN >> KABUPATEN TABALONG >> BP3K Tanjung

Pengolahan Hasil Buah-buahan

Sumber Gambar: Lia Susilawati, PPL Jangkung

Pelatihan ini di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong yaitu Bapak Ir. H. Johan Noor Effendi, Kepala Bidang Hortikultura yaitu bapak H. Supian dan narasumber dari UKM yang ada di Kabupaten Tabalong, Koordinator BPP Tanjung Bapak Agus Teguh wahyudi serta seluruh peserta pelatihan pengolan hasil buah-buahan. Peserta pelatihan ini berjumlah 40 0rang dari kec. Tanjung dan kec. Muara harus serta seluruh penyuluh pertanian yang ada di BPP tanjung.
Pelatihan ini dilaksanakan di aula BPP Tanjung dan dilaksanakan dalam 1 hari. Rangkaian kegiatan pelatihan ini di awali dengan sambutan-sambutan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan ditutup dengan praktek pengolahan hasil buah-buahan.
Dalam sanbutannya, Kepala Dinas Pertanian kabupaten Tabalong Ir. H. Johan Noor Effendi menyampai kegiatan pelatihan pengolahan hasil buah-buahan ini bertujuan antara lain:
1. Mendapatkan kemudahan dalam hal pengemasan, penyimpanan dan penyajian
2. Memperpanjang daya tahan
3. Meningkatkan nilai tambah.
Penyampaian materi berasal dari UKM yang berasal dari kab. Tabalong yang membidangi dalam pengolahan hasil. Pengolahan hasil buah-buahan yang dilaksanakan adalah pengolahan dodol nanas dan dodol sirsak, memanfaatkan buah-buahan yang ada disekitar kita
Tahapan terakhir yaitu praktek pengolahn dodol dari buah nanas dan sirsak yang dilaksanakan bersama-sama seluruh para peserta pelatihan sampai dengan cara pengemasan yang bisa untuk dijual ke konsumen.

Penulis : Lia Susilawati
PPL WKPP Jangkung

Lampiran :

Tanggal Artikel : 09-11-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait