Materi Lokalita >> JAWA BARAT >> KABUPATEN SUKABUMI >> BP3K Cidolog

Waktu Yang Tepat Untuk Penyerbukan Tanaman Vanili

Sumber Gambar: Asep Suhandar

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dari vanili adalah Panili atau Perneli
Pada umumnya tanaman vanili berbunga setelah berumur 1,5-2 tahun, dan saat berbunga terjadi pada Bulan Agustus sampai dengan Oktober. Tanaman vanili tidak dapat menyerbuk sendiri meskipun benangsari dan putik berada dalam satu bunga, karena kepala putiknya tertutup oleh lidah bunga (labellum) yang menghalangi terjadinya penyerbukan secara alami. Oleh karena itu penyerbukan vanili perlu dibantu oleh manusia.
Jumlah bunga dalam setiap tandan dapat mencapai 15-20 bunga, namun banyaknya buah yang bisa dipertahankan hingga masak petik berkisar antara 9-12 bunga saja. Apabila tanahnya cukup subur jumlah buah tersebut dapat ditingkatkan sampai 15 buah per tandan.

Penyerbukan sebaiknya dilakukan pada bunga yang terbawah yang paling dulu mekar. Pada umumnya pada setiap tandan, bunga yang mekar bersamaan tidak lebih dari 2-3 bunga.

Cara penyerbukan

Alat yang digunakan untuk menyerbukkan bunga vanili yaitu sepotong lidi/bambu berukuran tusuk sate, panjang kurang lebih 10 cm dan ujungya agak diruncingkan. Bunga vanili yang dalam keadaan mekar dipegang dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang lidi. Bagian punggung dan tangkai putik diusahakan bersandar pada jari telunjuk. Angkat bibir/labellum yang menutup kepala putik sampai terbuka sehingga dasar kepala putik terkuka /terlihat. Dengan bambu atau lidi, tudung tepung sari diangkat, diambil tepung sarinya dengan bagian ujung lidi yang runcing, kemudian ditekankan pada kepala putik atau dengan membungkukkan kantong tepung sari ke bawah dan menekankan pada cekungan putik. Selanjutnya bibir penutup kepala putik diangkat dengan bantuan sebilah alat kecil lalu tepungsari dipertemukan dengan kepala putik dengan jalan menekan labellum. Apabila penyerbukan tersebut berhasil maka 2-3 hari kemudian daun-daun bunga akan gugur. Buah yang pertumbuhannya kurang baik sebaiknya dibuang.

Waktu penyerbukan.

Bunga vanili membuka pada malam hari yaitu mulai pukul 24.00 yang berlangsung selama 12 jam. Karenanya saat penyerbukan yang terbaik adalah pada pagi hari kira-kira pukul 06 -10.00. Apabila banyak angin sebaiknya dilakukan pada pukul 05.00-09.00. Hindari penyerbukan lebih dari pukul 10.00 hal ini dikarenakan serbuk sari akan mudah layu atau kering akibat panas sehingga keberhasilan penyerbukan relaif kecil.
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Cuaca harus dalam keadaan kering;
  • Dari satu tandan bunga yang mekar cukup dipertahankan sebanyak 15-20 bunga saja;
  • Pada saat musim hujan, penyerbukan harus dilakukan hati-hati, dengan memberi pelindung/kerudung;
  • Mekarnya bunga vanili dari satu tandan dalam satu hari berkisar antara 1-3 , maka penyerbukan dapat dilakukan dalam beberapa hari;
  • Penyerbukan berhasil apabila 1-2 hari setelah penyerbukan bunga tidak gugur;
    Beberapa minggu setelah penyerbukan, semua tandan harus diseleksi dengan melakukan penjarangan terhadap buah yang terbentuk. Untuk mendapatkan buah yang lurus dan panjang, dipertahankan 6-12 buah.
  • Untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik, buah dipanen pada saat umur 8-9 bulan. Kriteria buah yang siap petik, yaitu apabila buah-buah vanili sudah berubah warnanya dari hijau tua mengkilap menjadi hijau muda suram. Lalu bagian ujung mengering tapi belum pecah, dan pada kulit buah nampak garis-garis tipis warna kuning. Kondisi demikian biasanya dicapai 8-9 bulan setelah penyerbukan. Polong vanili yang dipanen pada umur yang tepat akan menghasilkan vanili kering yang mengkilat, lentur, berdaging, warna coklat kehitaman dengan aroma yang khas dan tajam serta kadar vanilin yang tinggi.

     

    Penyusun : Asep Ruhiyat Ichsan Rosadi, A.Md
    Daftar Pustaka : www.wikipedia.org, www.petanihebat.com

    Tanggal Artikel : 12-10-2018

    Dibaca: x

    Printer-friendly Version

    Artikel Terkait