Materi Lokalita >> KALIMANTAN TENGAH >> KABUPATEN SERUYAN >> BP3K Hanau

Semangat Wanita Tani dalam Tanam Perdana Suboptimal Hazton

Sumber Gambar: Dokumentasi BP3k Hanau

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas terlaksananya kegiatan tanam perdana di lahan Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Putri Mandiri Desa Pembuang Hulu I Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Semangat dan optimisme Ibu-ibu petani dalam gotong-royong melaksanakan penanaman di lahan Ketua KWT Ibu Hj Noorhidayati sebagai lahan petak percontohan penerapan pola tanam hazton dengan jajar legowo 2-1. KWT berada dibawah Binaan Sdr Ridwan Hasmi selaku PPL THLTB APBD Desa Pembuang Hulu I BP3K Hanau. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan kelompok tani dari desa sekitar yang juga menerima program Suboptimal Hazton hadir pada acara tersebut. Kepala juga hadir dalam kegiatan tersebut guna memotivasi kegiatan pertanian di Desa Pembuang Hulu I.
Ini kali pertama, beberapa kelompok tani di wilayah binaan BP3K Hanau menerima program suboptimal hazton dalam rangka menuju pertanian organik. Kendala lahan yang belum bersih dari bekas tunggul. Keadaan yang sama di hampir seluruh lahan pertanian di Kecamatan Hanau. Berkat kondisi iklim yang mendukung, penambahan luas tanan tahun ini diharapkan meningkat dari tahun lalu. Perubahan pola tanam dari tanam tugal (tanam benih langsung) menjadi tanam pindah mengharuskan petani melakukan penyemaian terlebih dahulu. Penyemaian benih memberikan keuntungan bagi petani karena benih tidak dimakan burung apabila ditabur langsung di lahan.
Penggunaan alat bantu tanam jarwo belum maksimal dikarenakan jenis lahan rawa lebak. Pola tanam Jarwo diterapkan di lahan petak percobaan dengan bantuan tali plastik. Kegiatan tanam perdana diharapkan memupuk semangat persatuan dan gotong royong sesama kelompok tani maupun kelompok tani lain yang hadir. Kelompok tani lain yang termotivasi mempercepat penanaman padi.
Terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan atas pembinaan dan motivasi kepada BP3K hanau dan kelembagaan tani. Semoga terwujud perubahan prilaku pelaku utama guna mencapai ketahanan pangan di kecamatan Hanau dan kabupaten Seruyan pada umumnya. (Penulis: Midian email:dianphoenix@yahoo.co.id)

Lampiran :

Tanggal Artikel : 14-09-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait