Materi Lokalita >> DI YOGYAKARTA >> KABUPATEN KULON PROGO >> BP3K Kokap

Koordinasi, Koperasi dan Rekreasi

Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi

Haloo...apa kabar THL TBPP?. Sejarah perekrutan THL TBPP (Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian) tidak bisa dilepaskan dari rangkaian pencanangan RPPK (Revitalisasi Pertanian, Perikanan dan Kehutanan), kelahiran Undang-undang SP3K (Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan) dan pencanangan Revitalisasi Penyuluhan Pertanian.Komunitas THL TBPP menghimpun diri dalam organisasi bernama Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (FK THL TBPP) pada tingkat nasional, yang kemudian diikuti oleh pembentukan organisasi yang sama pada tingkat propinsi dan kabupaten/kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

FK THL TBPP Kabupaten Kulon Progo mempunyai program yang rutin berjalan yaitu koordinasi setiap bulan. Dengan adanya koordinasi tersebut THL TBPP memperoleh informasi dan motivasi terkait THL TBPP, juga sosialisasi program-program yang akan dijalankan sehingga bisa sinergis dengan kegiatan dari Pusat sekaligus informasi diseminasi teknologi untuk meningkatkan kinerja THL TBP. Didalam koordinasi FK THL TBPP Kulon Progo yang dilaksanakan setiap bulan ada sub kegiatan yaitu salah satunya Koperasi THL TBPP Kulon Progo. Koperasi ini terbentuk pada tahun 2007, dengan dana swadaya dari THL TBPP dalam bentuk simpan pinjam. Adanya koperasi ini walaupun dengan dana yang terbatas, sangat membantu THL TBPP untuk mencukupi kebutuhan hidup bagi THL TBPP dan keluarganya. Beberapa dari anggota juga mengakses dana koperasi ini sebagai modal tambahan usaha, untuk menambah income. Ada juga arisan THL TBPP walaupun dengan jumlah yang tidak seberapa akan tetapi cukup untuk menambah semangat dan mengikat setiap anggota untuk rajin mengikuti koordinasi rutin.

Agar adil, koordinasi THL TBPP setiap bulan bergantian lokasinya disetiap Kecamatan. Hal ini bertujuan selain sebagai ajang silaturahim juga sebagai sarana study banding ke setiap BPP yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Yang tidak kalah menariknya juga sebagai ajang rekreasi, seperti yang baru-baru ini dilakukan yaitu di BPP Kecamatan Kokap. Koordinasi THL TBPP dilaksanakan di Aula Wisata Alam Bukit Cendana yang ada di Kecamatan Kokap, bertujuan untuk memperkenalkan lokasi wisata alam baru di Kulon Progo selain Kalibiru yang sudah terkenal diberbagai penjuru. Acara koordinasi diisi oleh Kepala UPT Penyuluhan Kabupaten Kulon Progo (Ir. Tata Subrata), yang mensosialisaskani program-program dari Kabupaten maupun Pusat sekaligus memberikan pengarahan kepada THL TBPP untuk terus semangat mempertahankan kinerja dan semakin meningkatkannya.

Selesai acara, THL TBPP diajak melihat pembuatan gula semut sebagai salah satu potensi pertanian di Kecamatan Kokap. Berlokasi di KUB Tiwi Manunggal, yang telah memiliki sertifikasi organik serta berhasil mengekspor gula semut ke beberapa negara. Asyik, banyak manfaat dan patut untuk ditiru. Ayo, THL TBPP yang ada di seluruh Indonesia….Tunjukkan Pesonamu!!

 

Penulis : Yeri Dwihastuti A.W, S.P

Tanggal Artikel : 12-07-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait