Materi Lokalita >> DI YOGYAKARTA >> KABUPATEN KULON PROGO >> BP3K Nanggulan

HAMA DAN PENYAKIT KEDELAI

Sumber Gambar: Pribadi

Hama merupakan masalah penting dalam sistem produksi kedelai karena dapat menyebabkan kei, hilangan hasil 80 – 100 %, dalam pengendalian OPT dilakukan dengan prinsip PHT serta menggunakan pestisida nabati,dan agens hayati sehingga ramah terhadap lingkungan.

Beberapa hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman kedelai antara lain :

 

1. LALAT BIBIT KACANG (Ophiomya phaseoli)

Gejala : tanaman tampak layu dan mengering/mati , pada batangnya terdapat lubang kecil bekas gerekan larva lalat bibit dan didalamnya sering ditemukan pupa atau larva lalat bibit menyerang tanaman muda < 30 hst terutama pada musim kemarau. Siklus hidup : 2 – 4 minggu

Pangengendalian yang dilakukan : tanam serempak, rotasi tanaman bukan inang, pemberian mulsa jerami saat tanam dan penyemprotan dengan pestisida.

 

2. HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera litura)

Gejala: ulat ini merusak seluruh bagian tanaman, terutama daun & polong, daun yang terserang berlubang-lubang tidak menentu ukurannya,bahkan pd tgkt serangan berat dapat mengakibatkan tanaman gundul , Ngengat berwarna agak gelap dengan garis putih pada sayap depannya , Seekor ngengat betina dewasa bertelur 4-8 kelompok berjumlah 2000 butir yg diletakkan di permukaan bawah daun ,Larva yang masih kecil hidup berkelompok, ttp stlh beberapa hari berpencar hidup sendiri-sendiri , Larva aktif menyerang pada malam hari ,Pupa dibentuk di atas permukaan tanah, Siklus hidup : 30-61 hari . Pengendalian : dengan tanam serempak , pematauan lahan secara rutin dapat juga dengan penyemprotan pestisida bila tanaman mengalami kerusakandaun 12 ,5% - 20% pada umur kurang atau lebih dari 20 hari. 

3. HAMA PENGGEREK POLONG (Etiella zinkenella)

Gejala yang ditimbulkan : polong yg terserang menyebabkan biji tdk berkembang , polong berguguran , dapat menyerang bunga kedelai, menyebabkan kegagalan pembentukan buah , di dalam polong yang terserang sering ditemukan larva hama penggerek polong kedelai.

 

4. PENYAKIT KARAT DAUN(Phakopsora pachyrhizi)

Gejala : terjadi perubahan warna daun dari hijau menjadi coklat,kemudian mengering dan akhirnya rontok ciri khas ; adanya bercak-bercak coklat pada permukaan daun sebelah bawah . Penyakit karat terutama menyerang daun2 kedelai yang agak tua,yaitu mulai saat berbunga hingga biji berkembang penuh , Infeksi dimulai dari daun2 bawah lalu menjalar ke atas , Penularab penyakit melalui spora yang diterbangkan angin , Muncul pada musim hujan atau kondisi lingkungan lembab & suhu udara tinggi (20-35?C). Pengendalianya dengan menanam varietas yang toleran.

5. BUSUK AKAR / PANGKAL BATANG ( RHIZOCTANIA SOLANI KHAN)

Tumbuh pada kondisi lembab dan basah.

Gejala busuk pada pangkal batang berwarna coklat.

 Pengendalian yang dianjurkan : membuat kundukan drainase yang baik, tanam varietas toleran, tidak menanam pada musim penghujan, rotasi tanaman bukan inang, Perlakuan benih dengan Trichoderma dan Giocladium

 

Masih banyak lagi hama dan penyakit kedelai yang menyerang, perlu pengamatan secara rutin dan antisipasi lebih awal sehingga tanam kedelai tetap sehat.

 

Disusun Oleh : Suwarto, S.Pt dan Ngadiran ,SP

Sumber : Materi SL PTT Kedelai dari Balitkabi Malang

Tanggal Artikel : 08-06-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait