Materi Lokalita >> NUSA TENGGARA BARAT >> KABUPATEN LOMBOK TIMUR

GERAKAN PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT (GERDA) DI KELOMPOK TANI BAROKAH III DESA SUKARAJA KECAMATAN JEROWARU

Sumber Gambar: ADMIN/UPTPP KECAMATAN JEROWARU

Gerakan pengendalian OPT tanaman Padi (Gerda), dilaksanakan pada hari rabu tanggal 9 mei 2018 di kelompok tani ''Barokah III'' Desa Sukaraja Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Provinsi yaitu Balai Perlindungan Tanaman Pertanian (BPTP). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala BPTP yaitu Ir. Muhtar Arif, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur yang diwakili oleh Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Perlindungan Tanaman, Kepala Unit Pelaksana Tehnis Penyuluhan Pertanian (UPTPP) Kecamatan Jerowaru dan penyuluh serta anggota kelompok tani Barokah III.
Adapun materi yang disampaikan oleh Pak Ismail, pengamat hama tanaman di UPTPP Kecamatan Jerowaru ada beberapa prinsip dalam pengendalian secara PHT yaitu :
a. Budidaya tanaman sehat yaitu dengan cara pemelihan benih unggul dan pergiliran varietas.
b. Pengamatan secara berkala yaitu untuk mengamati kondisi dari tanman dan hama penyakit.
c. Pemanfaatan musuh alami, yaitu berfungsi untuk memakan tanaman yang ada ditanaman karena di dalam tanaman ada musuh alami
d. Penggunaan pestisida nabati
e. Penggunaan pestisida kimia yaitu digunkaan apabila sudah diambang batas.
Sedangkan menurut Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur yaitu Kamal Marsudi, SP, ada tiga (3) prinsip pengendalian hama dan penyakit adalah sebagai berikut :
a. Pre entif yaitu kembali ke budidaya sehat seperti pengolahan tanah yang baik, menaman secara serentak, pergiliran varietas dan pemupukan berimbang.
b. Preventif, yaitu tindakan pencegahan pertumbuhan hama dan penyakit supaya tanaman tidak terinfeksi penyakit tersebut seperti Pemanfaatan musuh alami, penggunaan pestisida nabati dan pengamatan secara berkala.
c. Refresif yaitu pengendalian dengan menggunakan racun.
Setelah selesai penyampaian materi kemudian kegiatan dilanjutkan dengan menyerahkan pestisida kepada anggota kelompok tani oleh Kepala BPTP Provinsi Mataram dan selanjutnya dilakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman padi.

Lampiran :

Tanggal Artikel : 17-05-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait