Materi Lokalita >> JAWA TENGAH >> KABUPATEN PEMALANG

Cara Membuat Susu Kedelai

Sumber Gambar: Kreasi Pribadi

Susu kedelai digunakan sebagai minuman segar, karena mempunyai nilai gizi yang sangat tinggi. Kadar protein susu kedelai lebih tinggi dari pada whole milk maupun skimmed milk. Apabila ditinjau dari kadar protein saja, maka bubuk kedelai dapat digunakan untuk mengganti susu. Cara pembuatan bubuk kedelai sangat mudah yaitu dengan cara menggoreng tanpa minyak (sangrai), kemudian dihaluskan sampai menjadi bubuk. Ada dua cara pembuatan bubuk kedelai yaitu : Penggorengan Sangrai Langsung (tanpa minyak) dan Penggorengan Sangrai Dengan Perendaman. Untuk kesempatan kali ini kita akan bahas cara yang keduan/Pengorengan dengan perendaman.
Bahan-bahan yang dibutuhkan : 1 kg kedelai, 8 liter air panas, 3 liter air dingin untuk perendaman, 100-200 gram gula pasir, 2 gram panili, 15 gram garam.
Alat yang digunakan : alat penumbuk (bleder), tampah/nyiru, ember plastik, ayakan halus, kompor, alat penggorengan (wajan terbuat dari tanah) dan stoples/plastik kemasan.
Caranya Pembuatan
1. Rendam biji kedelai dengan air bersih volume 4 (empat) kali dari dari volume kedelai. Lama perendaman 4-18 jam atau setidak-tadak nya volume kedelai menjadi dua kali dari volume sebelum direndam.
2. Budang air rendaman , lalu cici dengan air bersih.
3. Haluskan kedelai dengan alat penumbuk dan tambahkan air sedikit demi sedikit agar kedelai menjadi halus.
4. Tambahkan air kedalam bubur kedelai sebanyak 6 – 10 kali bobot kedelai dalam keadaan kering. Makin banyak air ditamkan makin rendah kadar protein dalam susu kedelai
5. Lakikan penyaringan hingga diperoleh cairan (sari) yang bebas dari ampas kedelai.
6. Panaskan sari kedelai sampai mendidih selama 5-10 menit untuk menghancurkan zat-zat yang menghambat enzim tripsin. Pemanasan juga berfingsi menghilangkan aroma langu pada susu kedelai. Selama pamanasan, susu kedelai harus diaduk untuk menghindari gumpalan-gumpalan pada lapisan protein yang terbentuk dipermukaan dansupaya tidak hangus.
7. Susu kedelai yang sudah dipanaskan siap konsumsi dan bila menghendaki rasa manis dapat ditambahkan gula sesui selera.
Dibandingkan dengan susu sapi yang bisa menaikkan kolesterol, susu kedelai justru menurunkan kolesterol. Susu kedelai juga kaya akan isoflavon yaitu sumber antioksidan potensial, dimana dalam satu gelas susu kedelai terdapat lebih kurang 20 mg isoflavon. Isoflavon bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis dan mengurangi resiko kanker. Untuk kecantikan kulit, antioksidan dalam isoflavon menjaga kehalusan dan kemulusan kulit.
Penulis: Nurul Ashar (PP Madya pada KJF Dispertan Kab. Pemalang)
Sumber :
Sutanto A dan Ambarsari I (2016). Aneka Produk Olahan berbasis Sumber Daya Lokal. BPTP Jawa Tengah. Kementan.
Jaya B. (2017). 5 langkah dan resep cara membuat susu kedelai yang enak dan tidak langu, merdeka .com

 

Tanggal Artikel : 16-05-2018

Dibaca: x

Printer-friendly Version

Artikel Terkait